Jenis-jenis Lantai Terbaik Untuk Ruang Tamu

Ini Dia Jenis-jenis Lantai Terbaik Untuk Ruang Tamu

Bisa dibilang bahwa lantai merupakan sepatu yang di pakai untuk sebuah ruangan. Ya, selain berfungsi untuk memberi kenyamanan dalam berpijak, tentu saja lantai juga dapat memperindah tampilan ruangan tersebut.

Berbicara soal ruang tamu, tentu saja sangat erat kaitannya dengan citra keluarga. Mengapa demikian? Pasalnya, ruang yang satu ini merupakan garda terdepan dari keseluruhan ruang dalam interior sebuah rumah. Dengan kata lain, ruang tamu menjadi transisi area eksterior dengan interior yang menyuguhkan kesan pertama ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran cara penataaan ruang tamu dapat mempenaruhi reaksi orang lain saat pertama kali berada di ruang tamu. Sedari itu, pengolahan interior merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan ruang tamu dengan desain memukau.

Fungsi Ruang Tamu

Sesuai dengan namanya, yang mana ruang tamu ini berfungsi sebagai ruang untuk berinteraksi dengan tamu. Kendati demikian, ruang tamu juga kerap digunakan sebagai area untuk berinteraksi dengan keluarga maupun kerabat.

Biasanya ruang tamu akan dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas, seperti berbincang-bincang, menonton televisi, hingga bersantai. Menariknya lagi, ruang tamu juga bisa dibilang sebagai “ruang pamer” lho. Hal itu terbukti, dimana setiap penghuninya akan melakukan berbagai cara untuk membuat tampilan ruang tamunya terlihat lebih mewah.

Mulai dari penggunaan penggunaan sofa, tirai, aksesoris, hingga penggunaan jenis lantai. Berbicara soal lantai, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa jenis lantai terbaik untuk ruang tamu.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Material Lantai Terbaik Untuk Ruang Tamu

1. Lantai Marmer

jenis lantai terbaik untuk ruang tamu - lantai marmer

Jenis lantai terbaik pertama untuk ruang tamu yang akan dibahas, yakni berupa lantai marmer. Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan, serta memiliki kilauan sehingga dapat memberikan kesan mewah pada ruang tamu.

Dengan demikian, maka tak heran jika harga lantai marmer lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Namun, lantai marmer ini membutuhkan perawatan yang ekstra. Mengapa demikian?

Pasalnya, lantai marmer mempunyai sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

2. Lantai Granit

jenis lantai terbaik untuk ruang tamu - lantai granit

Selain lantai marmer, lantai granit juga termasuk kedalam golongan material lantai kelas atas. Hal itu bisa dilihat pada tampilan lantai marmer yang menciptakan kilauan bening seperti Kristal.

Itu sebabnya, mengapa lantai granit kerap diaplikasikan pada bangunan-bangunan mewah, seperti hotel bintang 5, restoran & café, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan lantai marmer, yang mana pori-pori pada lantai granit ini lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran.

Penggunaan lantai granit tentunya dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama.

3. Lantai Tegel (Keramik)

jenis lantai terbaik untuk ruang tamu - lantai keramik

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan material lantai ini? Ya, kepopuleran lantai keramik memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena keberadaannya bisa kita jumpai dengan mudah dipasaran.

Seain kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dirawat. Bahkan, harga lantai keramik pun relatif murah ketimbang jenis-jenis material lantai lainnya.

Lantai keramik memiliki fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah, termasuk ruang tamu. Terdapat berbagai motif lantai keramik yang tersedia, mulai dari motif pecahan kaca, bebatuan, kayu-kayuan, dan masih banyak lagi.

4. Parket Solid

jenis lantai terbaik untuk ruang tamu - parket solid

Untuk menghadirkan perpaduan nuansa mewah dan natural di ruang tamu, maka penggunaan lantai kayu solid ini merupakan pilihan paling tepat. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat parket solid tampil dengan warna khas dan pola seratnya yang begitu indah.

Ada banyak sekali jenis-jenis parket solid yang bisa kita temui dipasaran, seperti parket jati, merbau, sonokeling, kumea, dan lain sebagainya. Adapun jenis parket solid yang paling laris dipasaran, yakni parket solid jati dan merbau.

  • Parket Solid Jati
jenis lantai terbaik untuk ruang tamu - parket solid jati

Dalam industry perkayuan, kualitas kayu jati ini adalah yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Kualitas kayu jati meliputi berbagai aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Sehingga tak heran, jika harga lantai kayu jati di pasaran cenderung mahal. Namun, produk lantai kayu jati terbagi lagi kedalam kelas yang berbeda yaitu grade A, grade B, dan grade C.

Tentu saja masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. Menurut informasi yang didapat, daya tahan parket solid jati ini bisa mencapai hingga puluhan tahun lamanya.

Mengenai kelengkapan informasinya, silahkan klik -> Review Kelengkapan Daftar Harga Produk Parket Jati Terbaru

  • Lantai Kayu Solid Merbau
jenis lantai terbaik untuk ruang tamu - parket solid merbau

Harga parket solid merbau memang lebih murah dari parket solid jati. Kendati demikian, bukan berarti juga kualitas parket solid merbau ini murahan. Perihal kualitasnya, kayu merbau memiliki tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II.

Lebih hebatnya lagi, parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca lho.

Untuk informasi harganya, silahkan kunjungi -> Kelengkapan Daftar Harga Parket Merbau

5. Parket Sintetis

jenis lantai terbaik untuk ruang tamu - parket sintetis

Bagi anda yang budgetnya tidak dapat menjangkau harga parket solid, maka produk parket sintetis ini merupakan alternatif terbaiknya. Pasalnya, harga parket sintetis memang lebih murah dari parket solid.

Tak hanya murah, parket sintetis juga terbilang cukup kuat (umumnya bisa bertahan sampai 5 tahun). Adapun mengenai 3 tipe parket sintetis yang paling laris dipasaran seperti berikut :

  • Lantai Vinyl
jenis lantai terbaik untuk ruang tamu - lantai vinyl

Vinyl merupakan material lantai sintetis yang berbahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis dan mudah dipasang. Tersedia berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif bebatuan, keramik, granit, sampai motif kayu.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Nah, karena hal itulah yang membuat lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid.

Artikel Terkait -> Jenis-jenis Lantai Vinyl Terpopuler

  • Lantai Laminate
jenis lantai terbaik untuk ruang tamu - lantai laminate

Parket laminate terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin. Biasanya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Baca Selengkapnya -> Mengenal Lainate Flooring

  • Lantai SPC
jenis lantai terbaik untuk ruang tamu - lantai spc

Belakangan ini lantai SPC kian diminati oleh berbagai kalangan konsumen, karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk lantai kayu sintetis lainnya.

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Sehingga tak heran, jika kualitas lantai SPC jauh lebih bagus ketimbang lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, dimana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

Untuk anda yang ingin memesan atau sekedar bertanya-tanya seputar lantai SPC, silahkan hubungi marketing kami di nomor 0812 2042 004

Nah, itulah beberapa jenis lantai terbaik yang direkomendasikan untuk ruang tamu.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk menggunakan salah satu jenis lantai tersebut?

Scroll to Top