Perlu Diperhatikan! Bagaimana Cara Mudah Merawat Lantai Kayu

Cara Merawat Lantai Kayu Parket – Lantai Kayu atau lantai Parket pada era sekarang ini memang sudah populer dikalangan masyarakat, pada era modern ini Lantai Parket menjadi pilihan sebagai pelapis lantai pada tempat anda. Kenapa mengaplikasikan lantai parket sebagai pelapis lantai anda? ya, karena dengan menggunakan lantai parket akan menambah daya tarik serta nilai estetik dan juga akan menghadirkan kesan yang natural.

Penggunaan lantai kayu parket umumnya berada di kamar tidur, tangga, ruang keluarga, dan di dapur. Kayu Parket memberikan kesan natural yang mampu berpadu dengan tema ruangan yang bervariatif seperti minimalis, kontemporer, hingga klasik.

Ada juga kerja keras yang harus dibayar demi sebuah hasil yang memuaskan. Begitupun berlaku untuk lantai kayu parket. Dibalik kecantikannya, lantai kayu parket ternyata membutuhkan perawatan khusus agar tampilannya selalu bersih tanpa jamur dan noda.


Inilah Beberapa Tips Merawat Lantai Kayu

1. Hindari Tempat Yang Lembab

Lantai Kayu Pada Tempat Lembab

Permukaan yang lembab bisa menjadi masalah untuk lantai kayu, menagapa demikian? karena genangan air bisa mengendap sehingga akan mengakibatkan pelapukan pada lantai kayu. Anda tidak ingin kan lantai anda menjadi lapuk? oleh karena itu usahakan jangan menggunakan pada tempat yang lembab.

2. Vakum Seminggu Sekali

Vacuum Lantai Kayu

Anda bisa membersihkan lantai kayu pada tempat hunian anda dengan vacuum cleaner setidaknya 1 minggu sekali. Cara ini ampuh untuk menyedot debu debu atau kotoran yang sulit terjangkau dengan sapu. Menggunakan vacuum cleaner juga harus berhati hati agar rodanya tidak menggores lantai.

3. Sapu Secara Teratur

Menyapu Dengan Teratur

Sama Hal nya dengan menggunakan lantai keramik, lantai kayu juga harus rutin menyapunya karena debu bisa datang dari mana saja jadi kita harus rutin menyapu nya dan juga jangan biarkan debu mengendap apalagi menggumpal pada sela sela lantai tempat hunian anda.

4. Segera Bersihkan Jika Terkena Air

Segera Bersihkan Jika Terkena Air

Air memang sudah menjadi musuh bagi lantai kayu karena jika genangan air didiamkan maka akan mengakibatkan permukaan lantai kayu menjadi lembab dan akan mengakibatkan pelapukan pada lantai kayu sehingga menyebabkan kerusakan.

Jika Lantai kayu terkena air maka segeralah membersihkannya dengan cara di lap dengan lap kering ataupun tisu untuk membersihkannya. Jangan biarkan genangan air terlalu lama pada lantai kayu, jika terjadi maka akan merusak lantai kayu pada tempat hunia anda.

5. Lapisi Lantai Kayu Dengan Karpet

Lantai Kayu Di Lapisi Karpet

Tips Merawat Lantai Kayu Selanjutnya yaitu lapisi lantai dengan karpet kenapa harus dilapisi dengan karpet? karena dengan menggunakan karpet bisa meminimalisir terjadinya goresan pada lantai kayu. Selain itu juga menggunakan karpet ini juga sangat bagus menghindari debu agar tidak langsung masuk ke celah kayu.

Oh iya anda jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan karpet nya ya! dan jangan lupa untuk selalu menjemur karpetnya agar tidak menyebabkan kelembaban pada lantai kayu. Kelembaban inilah yang dapat merusak lantai kayu.

Baca Selengkapnya Tentang: Manfaat Lantai Kayu Yang Bisa Didapatkan

6. Hindari Pemindahan Perabot Dengan Cara Digeser

Teknik Pemindahan

Jangan sampai terlupakan tips merawat lantai kayu ini oleh anda. Bahwa dalam melakukan pemindahan furniture usahakan jangan dengan cara menggeser nya, kenapa jangan menggeser nya? ya karena dengan cara menggeser benda berat bisa menyebabkan tergoresnya lantai anda bahkan bisa menyebabkan kerusakan.

7. Pakailah Bahan Kimia Anti Rayap

Disebabkan Oleh Rayap

Cara merawat lantai kayu yang satu ini masih berhubungan dengan bahasan diatas. Tepatnya jika lantai rumah anda memakai lantai kayu cara agar tehindar dari pelapukan yang diakibatkan oleh kelembaban.

Anda bisa menggunakan bahan kimia anti rayap, trik ini bisa anda lakukan sendiri dirumah agar lantai kayu yang anda gunakan bisa lebih tahan lama digunakannya loh.

8. Memoles Lantai

Memoles Lantai Kayu

Memoles Lantai kayu merupakan salah satu cara yang ampuh agar lantai kayu senantiasa terawat dan terjaga keawetannya. walaupun prosesnya lumayan rumit tapi luangkanlah sedikit waktu untuk memoles lantai kayu setiap beberapa bulan sekali

Cara ini dilakukan supaya bisa mengisi goresan-goresan pada permukaan lantai kayu sehingga tampak mulus kembali. Lantai kayu di rumah anda akan tampak mengkilap seperti baru lagi deh.

Baca Juga Tentang : Harga Lantai Kayu


Itulah 8 tips merawat lantai kayu agar tak cepat rusak dan selalu kinclong tentunyaaa. Semoga lantai kayu di rumahmu senantiasa awet dan selalu terjaga ke estetikannya, ya!