Begini Cara Mempercantik Balkon Dengan Menggunakan Lantai Kayu

Sebenarnya kebanyakan bangunan-bangunan yang ada di Indonesia itu cenderung menggunakan material keramik dan marmer, untuk dijadikan sebagai alas penutup lantainya. Padahal, masih banyak lagi jenis-jenis material lantai lainya yang patut dipertimbangkan lho.

Salah satunya berupa lantai kayu atau yang lebih populer dengan nama parket. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai kayu ini memiliki beragam keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis material lantai lainnya.

Terlebih untuk urusan nilai estetika, yang mana penggunaan lantai kayu ini dapat menghadirkan nuansa mewah, elegan, dan natural. Dari segi penempatan, produk lantai kayu akan dibedakan lagi kedalam dua tipe berbeda, yakni lantai kayu indoor dan lantai kayu outdoor (deck wood / decking).

Mengingat balkon adalah area luar, tentu saja produk lantai kayu yang harus digunakan adalah tipe decking.

Nah, Berbicara soal lantai kayu, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara mempecantik desain balkon dengan menggunakan lantai kayu. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Ide Mempercantik Desain Balkon Rumah Menggunakan Lantai Kayu

1. Desain Lantai Kayu Decking yang Lebar

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa penggunaan lantai kayu dapat menghadirkan kesan natural. Agar tidak terkesan monoton, anda pun bisa menggunakan lantai kayu yang berwarna gelap.

Bukan hanya itu, anda juga dapat menambahkan kursi yang berbahan kayu serta tatakan untuk menempatkan pot bunga. Agar lantai kayunya tidak mudah rusak, maka gunakan pelapis karet pada permukaan lantai kayu tersebut.

2. Desain Lantai Kayu Decking Kotak-kotak

Jika anda sudah merasa bosan dengan desain lantai kayu yang memanjang, maka sudah saatnya menggunakan desain lantai kayu yang kotak-kotak. Pada umumnya, produk-produk lantai kayu itu sudah dilengkapi dengan fitur alur lidah pada setiap pinggirannya.

Dengan begitu, maka lantai kayu akan mudah dibongkar pasang. Bahkan, hal tersebut juga akan lebih memudahkan anda dalam membersihkan lantai kayunya lho.

3. Menggabungkan Lantai Kayu Decking Dengan Keramik

Dalam hal ini, anda harus menggunakan lantai kayu yang ditempatkan di area duduk di lantai. Sedangkan untuk sisa areanya bisa menggunakan lantai keramik, yang dilengkapi dengan berbagai furniture seperti meja, kursi kayu, sofa, dan lain sebagainya.

Dengan menggabungkan lantai kayu dan keramik, maka jangan heran jika tampilan balkon anda menjadi lebih sedap untuk dipandang.

4. Menggabungkan Lantai Kayu Decking dan Bebatuan

Selain mengkombinasikan dengan keramik, anda juga dapat menggabungkan lantai kayu dengan bebatuan agar terkesan lebih natural. Material bebatuan tersebut bisa anda tempatkan di pinggiran lantai kayunya. Bila perlu, tambahkan rerumputan di sekitar area balkon agar semakin nyaman dan indah.

Baca juga : Tips Mempercantik Desain Kolam Renang

5. Desain Lantai Kayu Decking Berukuran Kecil

Meski berukuran kecil, namun desain lantai kayu decking yang berikutnya tidak kalah dalam membuat area balkon semakin indah lho. Menariknya lagi, justru bentuk lantai kayu decking yang berukuran kecil ini lebih mudah dibersihkan.

Nah, setelah mengetahui ide desain balkon dengan menggunakan lantai kayu, berikut di bawah ini ada beberapa produk lantai kayu decking terbaik yang direkomendasikan untuk anda.

Jenis-jenis Decking Terbaik Untuk Area Outdoor

1. Decking Kayu Ulin

Kayu Ulin merupakan salah satu jenis kayu khas Kalimantan, yang memang terkenal dengan tekstur kerasnya. Selain di Kalimantan, kayu ulin juga banyak di jumpai di daerah Sulawesi dan Bangka Belitung.

Mengingat teksturnya yang begitu keras, maka tak heran jika kayu ulin ini tidak mampu ditembus oleh rayap maupun jenis serangga pemakan kayu lainnya.

Kayu Ulin tampil dengan warna coklat kekuningan. Namun jika sering terkena air, maka warnanya akan berubah menjadi coklat kehitaman. Meski warnanya berubah, hal tersebut sama sekali tidak mengurangi tingkat kekuatan dari kayu ulin lho.

Pohon Ulin merupakan jenis pohon yang dapat tumbuh lebih dari 50 m dengan diameter batang utama dapat mencapai 120 cm. Dari segi tekstur, ia memiliki tekstur yang kasar dan keras sehingga cukup sulit untuk digergaji. Pohon batang kayu ulin ampil dengan bentuk yang lurus dan tidak banyak cabang.

Artikel terkait : Mengenal Decking Kayu Ulin Kalimantan

2. Decking Kayu Bengkirai

Seperti halnya kayu ulin, yang mana pohon kayu bengkirai juga tumbuh subur di hutan Kalimantan dan Sulawesi. Selain di Indonesia, penyebaran pohon bengkirai juga terdapat di beberapa kawasan Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Filipina.

Ukuran pohon bengkirai dapat tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai 40 meter, sedangkan ukuran diameternya sekitar 120 cm. Kayu bengkirai memiliki tekstur yang keras dan padat, sehingga ia kerap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhn konstruksi hingga furniture.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, kayu bengkirai tampil dengan kuning kecoklatan sehingga sering disebut dengan istilah “yellow balau”.

Pada proses pengolahan, umumnya kayu bengkirai akan kering dalam waktu mulai dari 12 hari hingga 1 bulan pada suhu normal, yang nantinya akan diolah lagi menjadi berbagai kebutuhan properti.

Jika dilihat dari segi bobot, kayu bengkirai ini memang lebih berat dibanding kayu jati maupun jenis kayu lainnya. Menariknya lagi, tekstur kayu bengkirai pun akan terasa agak kasar saat kita merabanya dengan menggunakan tangan.

Adapun mengenai karakteristik dari kayu bengkirai seperti berikut :

  • Kayu bengkirai mudah diolah
  • Kayu bengkirai tampil dengan warna kuning kecokelatan
  • Memiliki tekstur yang keras dan padat
  • Kokoh dan tahan lama
  • Tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, tahan air, dan anti rayap
  • Memiliki pola serat yang indah
  • Potensi melengkung dan pemuaian pada kayu bengkirai tergolong cukup rendah.

3. Decking Kayu Keruing

Pohon keruing tumbuh dengan ukuran yang begitu menjulang tinggi dan besar, yang mana batang pohonnya kerap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan industri perkayuan.

Dengan kata lain, kualitas kayu yang satu ini tak hanya terkenal di dalam negeri saja, melainkan sudah tersohor hingga ke berbagai belahan negara. Sehingga tak heran, jika harga jual kayu keruing dipasaran cukup fantastis.

Penyebaran pohon kayu keruing di Indonesia bisa kita temui mulai dari Pulau Jawa, Lombok, Sumbawa, Bali, Sumatera, hingga Pulau Kalimantan. Adapun mengenai keberadaan pohon kayu keruing yang ada di beberapa kawasan Asia lainnya seperti Myanmar, Sri Lanka, Thailand, Malaysia, Filipina, hingga Cina.

Pohon keruing itu sendiri umumnya tumbuh subur di hutan primer yang mempunyai sifat musim perbungaan raya, sehingga ia kerap berbunga dan berbuah dalam jumlah banyak pada musim tertentu.

Nah, untuk mengetahui tentang kelengkapan informasi produk lantai kayu, silahkan kunjungi : Daftar Harga Lantai Kayu Terbaru 2021

Demikianlah ulasan singkat mengenai ide-ide mempercantik desain balkon dengan menggunakan lantai kayu, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

Scroll to Top