memasang lantai kayu diatas keramik

Cara Memasang Lantai Kayu Diatas Keramik

Bagaimana cara memasang lantai kayu diatas keramik?. Bisakah memasang lantai kayu diatas keramik? Pada posting kali ini kami akan membahas bagaimana Cara Memasang Lantai Kayu Diatas Keramik.

Posting ini sabagai bahan informasi bagi anda yang ingin memasang lantai kayu sementara lantainya sudah dipasangi keramik,

Memasang Lantai Kayu Diatas Keramik

Memasang lantai kayu diatas keramik bukanlah hal yang sulit, prosesnya hampir sama dengan Cara Memasang Lantai Kayu Diatas Acian, hanya ada sedikit perbedaannya yaitu ditambahkan lem perekat khusus jika yang akan dipasang lantai kayu solid unfinish.

Sedangkan jika yang akan dipasang lantai kayu jenis Laminate maka hanya perlu ditambahkan Polyfoam, adapun jika yang ingin dipasang lantai kayu vinyl, maka tidak perlu lagi menambahkan apa-apa

Memasang Lantai Kayu

Berbeda-beda dari Setiap jenis Lantai Kayu, tentunya beda juga cara pemasangannya di sesuaikan dengan bahan dasar dari masing-masing produk.

Memasang Lantai Kayu Solid Unfinish

Lantai Kayu Solid Unfinish adalah beberapa jenis produk dari kayu untuk pelapis lantai yang diproduksi dari kayu solid atau kayu asli, bentuknya berupa potongan-potongan dengan ukuran tertentu, ada yang ukuran 1,2x5x20cm, ada yang ukuran 1,2x5x25cm dan ada yang ukuran 1,2x5x30cm, dan ini disebut Parket atau dalam bahasa asing disebut Parquet.
Ada juga yang ukuran yang lebih tebal dan lebih lebar dengan panjang random dengan spesifikasi ukuran 1,5x9x30-120cm dan ini disebut Flooring Kayu.

Produk-produk tersebut dipasang dalam keadaan mentah (belum di finish atau coating) dan dilakukan pengerjaan finishing setelah terpasang pada lantai, Dan produk Lantai Kayu ini bisa dipasang diatas Plester yang sudah di aci halus atau bisa juga di atas triplek, dan bisa juga dipasang diatas keramik.

Untuk memasang lantai kayu solid diatas keramik, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan hampir sama dengan cara memasang diatas acian yaitu

  • Persiapkan Produk lantai kayu Parket sesuai dengan kebutuhan ruangan
  • Tambahkan kuantity produk parket sebanyak 10% dari total kebutuhan guna mengantisipasi waste yang akan terbuang
  • Lem putih khusus parket sesuai kebutuhan (Standarnya 1kg untuk 3 meter persegi)
  • dan yang perlu ditambahkan adalah lem khusus untuk perekat antara produk lantai kayu dengan keramik, dan produk lem khusus ini hanya ada di toko kami
Cara Memasang Lantai Kayu Diatas Acian

Memasang Lantai Kayu Solid Finish Pabrik

Lantai Kayu Solid Flooring Finish Fabrik

Lantai Kayu Solid Finish Pabrik adalah salah satu produk lantai kayu yang umumnya di produksi dari jenis Lantai Kayu Jenis Flooring dengan ukuran 1,5x9xrandom 30 hingga 120cm.

Produk ini dipasang dalam keadaan sudah di finish fabrik sehingga tidak perlu lagi di finish uang setelah terpasang.

Lantai Kayu Solid Finish Fabrik ini bisa dipasang diatas Plester acian halus atau bisa juga di atas triplek, bisa juga diatas keramik. sistem pemasangannya tidak permanen (bisa di bongkar pasang sewaktu-waktu), dan sistem pemasangannya lebih mudah daripada jenis lantai kayu solid unfinish, cukup bersihkan lantai yang akan dipasang kemudian hamparkan Polyfoam dengan ketebalan 2mm, dan selanjutnya di susunlah produk lantai kayu satu persatu tanpa menggunakan lem perekat, dan setelah terpasang maka lantai sudah bisa digunakan

  1. Siapkan dulu produk lantai kayu solid finish fabriknya sebanyak sesuai dengan kebutuhan luasan ruangan
  2. Persiapkan juga peralatan pendukung seperti: Meteran, Palu besi & Palu karet, Gergaji, Siku, Penggaris, Benang, Pensil, Tatah & Pahat.
  3. Kosongkan ruangan yang lantainya akan dipasang Lantai Kayu
  4. Bersihkan lantai yang akan dipasang lantai kayu dengan sapu
  5. Kemudian ambillah salah satu sudut ruangan untuk memulai pemasangan
  6. Selanjutnya hamparkan polyfoam diatas lantai hingga menutupi seluruh ruangan
  7. Dan mulailah menyusun lantai kayu satu bari satu baris dengan memasukkan Tounge & Groove untuk mengunci antara lantai kayu yang satu dengan yang lainnya
  8. Lakukan penyusunan dengan cara yang sama untuk baris berkutnya hingga seluruh ruangan tertutupi dengan lantai kayu
memasang lantai kayu solid

Memasang Laminate Flooring

lantai kayu laminate

Laminate Flooring adalah bahan penutup lantai yang terbuat dari HDF (High Density Fiber) yang dilaminating menggunakan bahan Plastik Printing motif kayu.

Laminate Flooring ini bisa dipasang diatas Plester acian halus atau bisa juga di atas triplek, bisa juga diatas keramik (jika lantainya sudah tertutup keramik). sistem pemasangannya tidak permanen (bisa di bongkar pasang sewaktu-waktu)

Untuk memasang lantai kayu laminate diatas keramik tidaklah begitu rumit, bahkan bisa dibilang cukup mudah dan sederhana. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan dulu produk laminate flooring sebanyak sesuai dengan kebutuhan luasan ruangan
  2. Persiapkan juga peralatan pendukung seperti: Meteran, Palu besi & Palu karet, Gergaji, Siku, Penggaris, Benang, Pensil, Tatah & Pahat.
  3. Kosongkan ruangan yang lantainya akan dipasang Lantai Kayu Laminate
  4. Bersihkan lantai yang akan dipasang lantai kayu dengan sapu
  5. Kemudian ambillah salah satu sudut ruangan untuk memulai pemasangan
  6. Selanjutnya hamparkan polyfoam diatas lantai hingga menutupi seluruh ruangan
  7. Dan mulailah menyusun lantai kayu laminate satu bari satu baris dengan menyambungkan double klik sistem untuk mengunci antara laminate flooring yang satu dengan yang lainnya
  8. Lakukan penyusunan dengan cara yang sama untuk baris berkutnya hingga seluruh ruangan tertutupi dengan lantai laminate

Memasang Lantai Vinyl

Vinyl merupakan material penutup lantai yang memiliki tekstur fleksibel dan elastis namun masih tetap kuat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena materialnya terbuat dari poly vinyl chloride (PVC) yang dicampur dengan bahan-bahan kimia lainnya.

Adapun mengenai tiga lapisan utama yang dimilikinya seperti compact layer, glass fiber, dan printed layer. Sementara bagian finishing terluarnya berupa UV Coated Wear layer, sehingga tampilannya tampak lebih mengkilap dan terkesan licin.

Keunggulan dari lantai kayu vinyl ini adalah tahan terhadap serangan rayap dan kelembapan. Itu sebabnya, mengapa Lantai kayu vinyl bisa diaplikasikan pada hampir semua ruangan, dan cara pemasangannya pun sangat mudah dan cepat.

jenis lantai vinyl motif kayu

Cara Memasang Lantai Vinyl diatas keramik cukup mudah, anda hanya perlu kosongkan ruangan yang akan dipasang lantai vinyl, kemudian bersihkan dengan sapu, selanjutnya ambil salah satu sudt ruangan untuk memulai pemasangan.

Selanjutnya buka lapisan bagian bawah vinyl yaitu pelindung perekat, kemudian tempelkan lantai vinyl diatas keramik. Lakukan ini hingga semua ruangan tertutupi lantai vinyl

Lihat Info Harga Lantai Kayu Vinyl

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top