lantai kayu bandung

Memasang Lantai Kayu Merbau

lantai kayu bandungSalah satu Projek yang baru saja diselesaikan, salah satu rumah tinggal yang berada di wilayah Jalan Padjadjaran, Kota Bandung.

Pada proyek ini Klien kami memilih menggunakan Bahan Lantai Kayu jenis Flooring Kayu Merbau FJL

seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

flooring kayu merbau

Dan hasil dari Flooring Kayu Merbau FJL (Finger Joint Layer) finish UV pada gambar diatas bisa dilihat hasil tampilannya seperti pada gambar dibawah ini.

Flooring Kayu Merbau FJL ini termasuk salah satu Produk yang banyak sekali diminati sebagian kalangan, karena Harganya yang bersaing dibanding Harga Lantai Kayu lainnya, juga Kayunya memiliki kualitas yang sudah teruji dan terbukti diakui dunia

Pengertian Parket Solid FJ dan FJL

Parket solid merupakan produk lantai kayu yang bahannya terbuat dari 100% kayu original (asli), sehingga sudah tidak diragukan lagi akan kualitas dan daya tahannya. Selain kayu merbau, masih ada lagi beberapa jenis kayu lainnya yang sering digunakan untuk parket solid seperti kayu jati, bengkirai, sonokeling, ulin, kamper, kumea, dan sebagainya. Parket solid itu sendiri terbagi lagi kedalam dua jenis, yakni solid FJ dan FJL. Adapun mengenai perbedaannya seperti berikut :

Baca juga : Perbedaan Lantai Kayu Solid, Laminated, dan Vinyl

  • Solid FJ

Solid FJ merupakan parket solid yang memakai satu kayu utuh pada per satu modulnya, tanpa menggunakan sambungan kayu lain yang dipasang berjajar secara horizontal.

  • Solid FJL

Lain halnya dengan solid FJL, dimana ia menggunakan beberapa jenis kayu yang disambung menjadi satu per satu pada modulnya. Jika dilihat lebih seksama lagi, maka perbandingan antara solid FJ dan solid FJL ini cukup signifikan yakni mencapai 1:2.

Tipe Parket Engineered

Parket engineered merupakan jenis parket yang memiliki lapisan tipis (veneer) di lapisan pertamanya, sedangkan bagian bawahnya terdapat lapisan multipleks alias plywood yang berperan sebagai kekuatannya. Umumnya jenis kayu yang digunakan untuk tipe parket engineered diantaranya adalah jati, sonokeling, white-oak dan whole out.

Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar daftar harga lantai kayu merbau, silahkan Cek Disini

Perbandingan Spesifikasi Parket Solid VS parket Engineered

Keunggulan Parket Solid :

  • Dapat di perbaharui atau di re-finishing ulang hingga sebanyak 3 kali
  • Kuat dan tahan lama karena materialnya yang terbuat dari kayu original
  • Tekstur permukaan lantainya yang terasa kesat dan tidak licin, serta empuk
  • Dapat menyuguhkan tampilan yang indah, mewah namun tetap menonjolkan sisi natural
  • Memiliki kemampuan menyerap panas, sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh

Kekurangan Parket Solid :

  • Berpotensi terjadi pemuaian dan penyusutan akibat perubahan cuaca, sehingga tidak cocok dipasang di area outdoor
  • Menawrakan harga yang mahal
  • Proses pemasangan yang terbilang cukup rumit (harus oleh ahlinya)
  • Cukup sulit untuk dijumpai dipasaran

Mengingat produk parket solid cukup sulit ditemui dipasaran, kami kiosparquet-jakarta pun hadir untuk memenuhi kebutuhan anda. Selain bisa memesan secara online, anda juga bisa mengunjungi langsung galeri kami yang beralamat di Jl. Raya Serpong, KM.10, No 18d, BSD, Tangerang. Atau, anda juga bisa menghubungi marketing kami di nomor telepon (021) 539 7273 / WA 0812 204 2004.

Keunggulan Parket Engineered :

  • Lebih stabil karena tidak mudah menalami pemuaian dan penyusutan
  • Dapat dipasang di area bassement
  • Menawarkan harga yang lebih murah dari parket solid

Kekurangan Parket Engineered :

  • Tidak bisa di re-finishing berulang-ulang
  • Tidak seawet dan sekuat parket solid
  • Rawan terhadap kelembapan

Beberapa Teknik Pemasangan Lantai Parket

Perlu anda ketahui, umumnya terdapat 2 teknik yang bisa dilakukan dalam proses pemasangan lantai parket. Ya, teknik yang pertama adalah adalah peneleman (glue down), sedangkan teknik yang kedua adalah plywood (nail down). Adapun mengenai pengertiannya seperti dibawah ini :

  1. Teknik Pengeleman (Glue Down)
  • Bantal acian akan diberi cairan primer yang bertujuan untuk menahan kelembapan, jika permukaan lantainya basah
  • Jika sudah demikian, maka akan dilanjutkan dengan pemberian lem sikabond untuk menempelkan parket kayu ke bantal acian tersebut

Oh Iya, kami juga menyediakan produk lem khusus lantai kayu parket lho. Untuk info pemesanan, silahkan hubungi marketing kami di nomor (021) 539 7273 / WA 0812 204 2004.

2. Teknik Plywood (Nail Down)

Pada teknik pemasangan yang kedua ini, maka parket kayu akan langsung di pasang diatas plywood dengan menggunakan paku tembak. Terlihat perbedaan yang cukup menonjol diantara teknik pemasangan glue down dan plywood ini, yaitu tidak ada tambahan cairan primer.

Contoh-contoh Penggunaan Lantai Kayu Parket

  1. Interior Flooring

Interior flooring merupakan penggunaan lantai parket yang paling banyak digunakan. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat interior flooring bisa dipalikasikan dengan susunan horizontal, sirip ikan, zig-zag, bahkan ada pula yang menggunakan parket mosaic. Lantas, apa yang dimaksud dengan parket mozaic?

Parket mozaic adalah salah satu tipe parket yang sudah memiliki modul berukuran 60 x 60 cm atau kelipatannya yang sudah memiliki susunan sendiri. Pada umumnya interior flooring banya digunakan untuk ruang tamu, ruang tidur, restoran, sarana olahraga, fitness center, dan masih banyak lagi.

2. Decking (Lantai Kayu Outdoor)

Lain halnya dengan lantai kayu parket, dimana decking ini merupakan jenis lantai kayu khusus untuk area outdoor. Menurut informasi yang didapat, jenis kayu yang kerap digunakan untuk decking ini adalah kayu ulin dan bengkirai. Mengapa demikian? Pasalnya, kedua jenis kayu tersebut sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca, tahan serangan rayap, anti jamur, dan tingkat penyusutannya yang rendah. Itu sebabnya, mengapa decking sering diaplikasikan pada tepian kolam renang, taman, dan area-area outdoor lainnya.

Penelusuran Terkait -> Harga Decking Kayu Ulin di Jakarta

Dari sisi harga, decking kayu ulin memang lebih mahal jka dibandingnkan dengan decking kayu bengkirai. Meski harganya lebih murah, namun kualitas kayu bengkirai juga tidak kalah okenya dari kayu ulin lho. Dengan penggunaan decking, maka tampilan rumah anda akan tampak lebih indah. Bukan hanya itu, bahkan decking memiliki kemampuan yang dapat menyerap panas di siang hari, yang kemudian dihantarkan di malam hari sehingga suhu dalam rumah anda akan tetap terasa hangat.

3. Trap Tangga (Papan Pelapis Tangga)

Pada pemasangan papan pelapis tangga ini bisa menggunakan jenis lantai kayu solid FL dan FJL, yang ukuran ketebalannya mencapai 3 mm, lebar 320 mm, sedangkan panjangnya yang dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen. Tak hanya digunakan sebagai pelapis tangga, bakan lantai parket juga dapat diaplikasikan pada plafon, pergola, fasad, dan kisi-kisi.

Artikel Terkait : Harga Papan Kayu Merbau Untuk Trap Tangga

Tips Perawatan Lantai Kayu Parket

  • Apabila terkena air, disarankan untuk segera mengeringkannya dengan menggunakan lap pel atau kain bersih. Pasalnya, air yang terserap ke lantai akan membuatnya membengkak dan rusak.
  • Gunakanlah obat pel yang ramah lingkungan, karena bahan kimia yang terlalu tinggi dapat merusak bagian coating pada lantai kayu
  • Harus ada perlindungan pada perabotan yang menempel langsung ke lantai, seperi meja, kursi, lemari dan lain sebagainya
  • Memindahkan perabotan yang menempel langsung ke lantai dengan cara mengangkat, dan bukan dengan cara menyeretnya
  • Dalam perawatan setelah penggunaan selama bertahun-tahun, maka anda bisa menggunakan mesin scrubber. Cara kerja mesin tersebut dengan menyemprotkan cairan dan terdapat sikat-sikat halus yang otomatis akan membersihkan permukaan lantai kayu parket.
  • Jika bagian coatingnya sudah mulai memudar atau ingin mengganti warna, maka anda bisa langsung menggantinya dengan coating yang baru.

 

1 komentar untuk “Memasang Lantai Kayu Merbau”

  1. Pingback: DECKING KAYU TERBAIK DI INDONESIA | Kios Parquet Jakarta

Komentar ditutup.

Scroll to Top