Lumber Ceilling Kayu Kruing

[su_image_carousel source=”media: 3930,3932,3931″]

SPESIFIKASI

  • Tipe : Lumber Ceiling
  • Produksi : PT. Rajawali Parquet
  • Jenis Kayu : Kruing
  • Asal kayu : Jawa, Sumatra dan Kalimantan
  • Grade kayu : Non Grade
  • Ukuran tersedia : ( 1,1 / 1 )x9x100cm Up

DESKRIPSI

Lumberceiling menjadi produk terlaris dengan berbahan standar kayu kruing, karena bobot nya yang lebih ringan menjadikan pemasangan pada dinding atau plafon menjad mudah .Untuk membeli Lumberceiling Kruing ini anda bisa klik tombol Order Produk dibawah atau hubungi marketing kami melalui WhatsApp 0811203032

TENTANG PERUSAHAAN

PT Rajawali Parquet Indonesia didirikan 12 September 2012, ruang lingkup layanan sebagai perusahaan lantai kayu dan kontraktor yang melayani Proyek-Proyek di Bermutu & Group, khususnya pengadaan barang dan jasa lantai kayu. Sejak 2012 PT Rajawali Parquet Indonesia terus berupaya meningkatkan usaha hingga kini sudah memiliki tiga Anak Perusahaan seperti Rajawali Parquet Lantai Kayu, PT Rajawali Desain, dan Rajawali Property Indonesia.

PILIHAN

LumberCeiling Kruing Ukuran (1,1/1) x9x100cm Up

Nah, setelah mengetahui tentang produk lumber ceiling keruing, mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya mengenai seluk beluk dari kayu keruing

Asal Usul Kayu Keruing (Kruing)

asal usul kayu keruing
foto@canva.com

Dilihat dari wujudnya, pohon keruing tumbuh dengan ukuran yang cukup tinggi dan besar. Pada umumnya, kayu keruing sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri perkayuan. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kayu keruing sudah terbukti kuat dan tahan banting.

Tak hanya kuat dan kokoh, bahkan jenis kayu yang satu ini juga tahan terhadap serangan rayap maupun tingkat kelembapan yang tinggi lho. Nah, karena keunggulan tersebutlah yang membuat kayu keruing tak hanya terkenal di Indonesia saja, melainkan juga sudah terkenal ke berbagai belahan negara.

Dari sisi ekonomi, tentu saja harga kayu keruing ini tergolong cukup fantastis. Belum lagi dengan keberadaan pohonnya yang semakin langka, akibat selalu meningkatkan permintaan kayu keruing di pasaran.

Baca Juga :

Penyebaran Pohon Keruing

Penyebaran pohon kayu keruing di Indonesia dapat kita temui mulai dari Pulau Jawa, Lombok, Sumbawa, Bali, Sumatera, dan Pulau Kalimantan. Sedangkan keberadaan pohon kayu keruing di kawasan Asia lainnya terdapat di Myanmar, Sri Lanka, Thailand, Malaysia, Filipina, hingga Cina.

Pohon keruing itu sendiri umumnya tumbuh subur di hutan primer yang mempunyai sifat musim perbungaan raya, sehingga ia kerap berbunga dan berbuah dalam jumlah banyak pada musim tertentu.

Ciri Khas Pohon Keruing

  • Ukuran pohonnya tinggi besar dan mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 65 meter
  • Batang pohonnya berbentuk lurus, bulat giling dan gemangnya berukuran sekitar 150 cm – 260 cm
  • Batang dan ranting pohonnya akan mengeluarkan resin saat disayat
  • Ranting pohonnya memiliki rambut bertekstur halus dan kasar
  • Daun pohon keruing menyirip lurus dan tampak berurat di bagian bawahnya
  • Pohon keruing berdaun tunggal dengan ukuran besar, serta memiliki 5 kelopak
  • Buah dari pohon keruing terbungkus oleh kelopak dan berukuran besar, yang dinamai buah geluk

Keunggulan Kayu Keruing

  • Tingkat pemuaian dan penyusutan yang rendah
  • Memiliki tekstur yang keras sehingga membuatnya begitu kuat dan kokoh
  • Tahan terhadap serangan rayap maupun jamur
  • Memiliki pola serat dan warna yang begitu indah

Kekurangan Kayu keruing

  • Cukup sulit dijumpai dipasaran karena langka
  • Harga yang cukup mahal

Kayu Keruing Untuk Kebutuhan Property dan Konstruksi

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kayu keruing memiliki tingkat kekuatan dan kekerasan yang begitu baik. Sehingga tak heran, jika kayu keruing sangat ideal dijadikan bahan baku untuk pembuatan lumber ceiling.

Tak hanya lumber ceiling, bahkan kayu keruing juga kerap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan property dan konstruksi lainnya seperti :

1. Lantai Kayu Outdoor (Wood Decking)

decking keruing
foto@canva.com

Wood decking atau yang biasa disebut dengan lantai kayu outdoor merupakan jenis penutup lantai berbahan dasar kayuy, yang mana pemasangannya akan dilakukan di area-area luar ruangan. Mulai dari halaman, taman, rooftop, pinggiran kolam renang, dan lain sebagainya.

Tentu saja penggunaan decking kayu keruing ini dapat menghadirkan nuansa yang lebih mewah, indah, elegan, dan natural pada sebuah hunian. Nah, karena hal itulah yang membuat penggunaan decking kayu keruing mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan konsumen.

Adapun mengenai beragam manfaat yang akan anda dapatkan dari penggunaan decking kayu keruing seperti berikut :

  • Dapat meningkatkan nilai estetika tinggi pada sebuah hunian
  • Bisa dijadikan investasi jangka panjang
  • Memiliki kemampuan menciptakan sensasi hangat ketika musim dingin tiba
  • Dapat meredam energy panas, sehingga suhu dalam rumah akan tetap terasa sejuk

Untuk anda yang ingin tahu tentang kelengkapan produk-produk lantai kayu outdoor, silahkan Klik Disini

2. Dinding Kayu

dinding kayu keruing
foto@pinterest

Apakah anda tinggal di daerah yang beriklim dingin? Jika iya, maka penggunaan dinding kayu keruing ini merupakan pilihan yang paling tepat. Ya, seperti yang sudah disinggung pada poin pertama tadi, yang mana kayu keruing mempunyai kemampuan untuk menciptakan suhu hangat dalam rumah.

Tentu saja hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terlebih untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit rematik. Tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, pastinya penggunaan dinding kayu keruing ini akan memperindah dan mempermanis tampilan rumah anda.

Untuk info pemesanan atau sekedar bertanya-tanya seputar produk dinding kayu, silahkan hubungi marketing kami di nomor (021) 5397 273 / 0812 2042 004

3. Pembuatan Rangka Atap Rumah

rangka kayu keruing
foto@canva.com

Dikarenakan tekstur kayu kruing yang begitu padat dan keras, maka tak heran jika ia kerap digunakan untuk pembuatan rangka atap rumah. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, potensi pemuaian dan penyusutan pada kayu yang satu ini tergolong cukup minim.

4. Furniture Outdoor

furniture outdoor
foto@canva.com

Dengan karakteristiknya yang tahan terhadap perubahan cuaca dan anti rayap, tentu saja kayu keruing sangat mendukug untuk kebutuhan produk-produk furniture outdoor, mulai dari bangku, meja, kursi, dan lain sebagainya. Itu sebabnya, mengapa kayu keruing selalu menjadi pilihan utama bagi para produsen furniture maupun mebel.

5. Pembuatan Jembatan

jembatan kayu keruing
foto@canva.com

Pemanfaatan kayu keruing berikutnya yang harus anda ketahui, yakni untuk pembuatan jembatan. Sejatinya, kayu keruing tingkat pemuaian dan penyusutan pada keruing terbilang rendah. Namun, sekuat-kuatnya material kayu tetap saja tidak akan bisa lepas dari berbagai permasalahan akibat adanya perubahan cuaca.

Untuk membuat daya tahannya tetap stabil, maka jembatan yang berbahan kayu keruing ini harus diberi perawatan khusus.

Manfaat Kayu Keruing Non Property – Konstruksi

Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan property dan konstruksi, ternyata kayu keruing juga sering digunakan untuk bahan baku pembuatan kertas lho. Menurut informasi yang didapat, bubur kayu kering akan dolah menjadi bahan baku kertas, kardus box, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, resin yang dihasilkan dari kayu keruing ini pun sering digunakan untuk pembuatan pewarna pada industri keramik. Resin pada kayu keruing biaaanya akan keluar saat permukaannya dilubangi dan dibakar secara berkala.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk pohon kayu keruing, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan untuk penambah wawasan.