material terbaik untuk lapangan indoor

Material Penutup Lantai Terbaik Untuk Lapangan Indoor

Ketika memasuki musim penghujan, lapangan indoor pun menjadi salah satu sarana olahraga yang kerap dipilih oleh masyarakat luas. Tak hanya dijadikan untuk menunjang kegiatan olahraga, bahkan lapangan indoor tersebut juga kerap digunakan untuk beragam kegiatan lain, seperti seminar, festival, dan masih banyak lagi.

Ada berbagai jenis lapangan indoor yang bisa kita jumpai, mulai dari lapangan futsal, volley ball, badminton, dan lain sebagainya. Guna menunjang kenyamanan dan keamanan bagi para atlet, tentu saja pemilihan jenis lantai pun menjadi hal paling penting yang tidak bisa dianggap remeh.

Pasalnya, setiap jenis material penutup lantai memiliki karakteristik tersendiri. Dengan kata lain, tidak semua jenis material penutup lantai itu cocok diaplikasikan pada lapangan indoor.

Lalu, jenis lantai seperti apa sajakah yang cocok untuk lapangan indoor..???

1. Lantai Interlock

lantai untuk lapangan indoor - lantai interlock

Pada umunya, jenis lantai interlock ini kerap diaplikasikan pada lapangan futsal. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat materialnya terbuat dari baha polypropylene sehingga memiliki daya tahan yang tinggi.

Tak hanya awet, lantai yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap serangan hama serangga, anti jamur, hingga anti bakteri. Selain lapangan futsal, lantai interlock pun kerap diaplikasikan untuk area bermain anak.

Adapun mengenai beragam varian warna yang tersedia, mulai dari yang gelap, terang, dan netral. Bahkan, kita juga bisa mengkombinasikan serta mengkreasikan warna-warna tersebut lho.

Dari segi pemasangan, lantai interlock ini terbilang cukup mudah. Pasalnya, ia sudah dilengkapi dengan fitur knock down sehingga kita hanya tinggal membongkar pasang saja. Menariknya lagi, pada setiap sudutnya terdapat kuncian yang akan mempermudah kita saat memindahkan atau memasangnya kembali.

Namun, cara perawatan lantai interlock tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Saat hendak mengepelnya, sebaiknya anda menggunakan pel yang bertekstur lembut agar terhindar dari goresan.

Disamping itu, gunakan pula produk cairan pembersih khusus ketika anda hendak mengepelnya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena produk cairan pembersih biasa berpotensi memudarkan warna permukaan lantainya.

Untuk urusan harga, anda harus merogoh kantong cukup dalam agar bisa mendapatkan jenis lantai yang satu ini.

2. Lantai Atletik Poliuretan

lantai untuk lapangan indoor - lantai atlateik

Berbicara soal jenis lantai yang kuat dan mampu menahan beban berat, maka lantai Atletik Poliuretan ini adalah jawabannya. Disamping kuat dan kokoh, jenis lantai tersebut juga memiliki tekstur permukaan yang mulus.

Dari segi fungsi, mungkin lantai Atletik Poliuretan ini bisa dibilang multifungsi alias serba guna. Sebab Atletik Poliuretan dapat diaplikasikan pada hampir semua gelanggang olahraga, seperti basket, futsal, volley ball, hingga pusat kebugaran.

3. Lantai Karet Daur Ulang

lantai untuk lapangan indoor - lantai karet daur ulang

Biasanya sarana olahraga yang sering menggunakan jenis lantai karet daur ulang ini adalah pusat kebugaran (fitness / gym). Ya, sesuai dengan namanya, yang mana ia merupakan bahan daur ulang sebagai alternatif pengganti bahan karet asli.

Untuk anda yang memiliki budget terbatas, tentu saja penggunaan lantai karet daur ulang ini merupakan pilihan yang paling tepat.

4. Lantai Rumput Sintetis

lantai untuk lapangan indoor - lantai rumput sintetis

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa jenis lantai rumput sintetis ini sering diaplikasikan pada lapangan futsal. Tak hanya dapat memberikan kenyamanan bagi para atlet, penggunaan lantai rumput sintetis juga tentunya dapat menghadirkan nuansa yang lebih natural dan alami.

5. Lantai Kayu Solid

Dalam memilih jenis lantai kayu solid, disarankan bagi anda untuk memilih jenis lantai kayu solid jati dan merbau. Mengapa demikian…???

Pasalnya, kedua jenis lantai kayu solid tersebut merupakan yang terbaik diantara jenis lantai kayu solid lainnya lho. Adapun mengenai perbandingan antara lantai kayu solid jati dengan merbau seperti berikut :

Lantai Kayu Solid Jati

lantai untuk lapangan indoor - lantai kayu solid jati

Kepopuleran kayu jati di bidang industri perkayuan memang sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, ia memiliki kualitas yang paling bagus diantara jenis kayu lainnya. Sehingga tak heran, jika kayu jati selalu menjadi primadona dalam bidang furniture dan property, termasuk untuk lantai kayu parket.

Lantai kayu kayu jati tak hanya kokoh dan kuat, namun juga memiliki tampilan yang sangat indah. Dengan menggunakan lantai kayu solid jati, maka lapangan indoor akan tampak terlihat lebih mewah, elegan, dan natural.

Lalu, bagaimana dengan harganya..? ??

Baca selengkapnya : Review Kelengkapan Daftar Harga Produk Parket Jati

Lantai Kayu Solid Merbau

lantai untuk lapangan indoor - lantai kayu solid merbau

Dari segi tampilan, lantai kayu solid merbau cenderung berwarna merah kecokelatan yang memiliki pola serat lurus, sehingga membuatnya begitu sedap dipandang mata.

Bukan hanya itu, lantai kayu solid merbau juga tahan terhadap perubahan cuaca, tahan benturan, hingga tahan terhadap serangan rayap.

Artikel Terkait : Daftar Harga Produk Parket Merbau

6. Lantai Kayu Sintetis

Sebagai alternatif pengganti lantai kayu solid yang harganya mahal, maka penggunaan lantai kayu sintetis untuk lapangan indoor adalah solusinya. Terdapat 3 jenis lantai ayu sintetis yang paling banyak diminati untuk lapangan indoor seperti :

Lantai Vinyl

lantai untuk lapangan indoor - lantai vinyl

Dari segi material, sebenarnya lantai vinyl bukan bagian dari jenis lantai kayu parket, melainkan sejenis lantai sintetis. Ya, material lantai vinyl terbuat dari pahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan paralon atau pipa air.

Hasilnya, lantai vinyl tampil dengan tekstur yang lebih elastis dan fleksibel. Meski lentur, bukan berarti juga bahwa lantai vinyl sama sekali tidak memiliki kekuatan. Dari sisi kekuatan, lantai vinyl tergolong cukup awet, tahan kelembapan, tahan korosi dan serangan rayap.

Baca selengkapnya : Jenis-jenis Lantai Vinyl Paling Populer

Lantai Laminasi (Laminated Flooring)

material terbaik untuk lapangan indoor - lantai laminated

Lain halnya dengan lantai laminasi yang merupakan hasil pengembangan dari parket solid, yang bertujuan untuk menekan tingginya biaya produksi.

Material lantai laminasi terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin, kemudian dibentuk berupa lembaran-lembaran kayu. Biasanya lantai laminasi memiliki ketebalan 8-12 mm, dan panjangnya yang mencapai 1.28 – 1.3 mm.

Untuk, tentu saja lantai laminasi ini berada jauh dibawah parket solid. Lantai laminasi dibekali dengan sistem klik di bagian kanan, sedangkan bagian kirinya mengusung sistem interlocking, sehingga membuatnya cocok diaplikasikan pada lapangan indoor.

Baca selengkapnya -> Mengenal Laminate Flooring

Lantai SPC

material terbaik untuk lapangan indoor - lantai spc

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, yang merupakan penggabungan antara senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Itu artinya, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Dari segi kualitas, tentunya kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, dimana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok, sehingga sangat cocok diaplikasikan pada lapangan indoor.

Bukan hanya itu, bahkan, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

Itulah beberapa jenis material penutup lantai terbaik yang direkomendasikan untuk lapangan indoor. Bagaimana, apakah anda tertarik pada salah satu jenis material lantai tersebut?

Scroll to Top