lantai terbaik untuk lapangan basket

Jenis Lantai Seperti Apakah yang Cocok Untuk Lapangan Basket?

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa basket merupakan salah satu jenis olahrga terpopuler di dunia. Hal itu terbukti, yang mana pagelaran olahraga basket kerap dipenuhi oleh para penonton.

Di Indonesia sendiri, basket menempati urutan keempat sebagai jenis olahraga terpopuler setelah sepak bola, badminton, dan volley ball.

Tak hanya futsal, olahraga basket juga kerap memanfaatkan ruang indoor sebagai sarana lapangannya. Ya, terang saja demikian, sebab ukuran lapangan basket tidaklah seluas lapangan sepak bola. Sehingga tak heran, jika pembuatan lapangan basket dilakukan dalam ruangan.

Dalam membangun atau membuat lapangan basket, tentu saja akan ada banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk menunjang pergerakan serta kenyamanan para atletnya. Ya, selain dipengaruhi oleh factor sepatu, material lantai yang digunakan pun sangatlah berpengaruh terhadap kenyamanan atletnya dalam beraktivitas.

Lalu, jenis lantai apa sajakah yang cocok digunakan untuk lapangan basket?

Pilihan Material Lantai Terbaik Untuk Lapangan Basket

1. Lantai Kayu Solid

material lantai untuk lapangan basket - lantai kayu solid

Untuk lapangan basket dengan skala internasional, maka penggunaan lantai kayu solid (kayu utuh) ini merupakan pilihan paling tepat. Ya, terang saja demikian, sebab lantai kayu solid memiliki kualitas yang sangat mumpuni, mulai dari tingkat kekuatan dan keawetannya.

Bukan hanya itu, lantai kayu solid juga memiliki tekstur kesat dan cukup empuk sehingga dapat menunjang aktivitas bagi para pebasket. Belum lagi dengan tampilan warna dan pola seratnya yang begitu indah, sehingga penggunaan lantai kayu solid ini akan membuat lapangan pasket lebih sedap dipandang.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai kayu solid ini sudah terbukti bagus untuk kesehatan tubuh, karena ia memiliki kemampuan yang dapat menghantarkan suhu hangat di dalam ruangan. Nah, karena hal itulah yang membuat lapangan basket bertaraf internasional banyak menggunakan lantai kayu solid.

Adapun mengenai jenis-jenis lantai kayu solid yang umumnya digunakan untuk lapangan basket seperti berikut :

  • Lantai Kayu Solid Jati
material lantai untuk lapangan basket - lantai kayu solid jati
penggunaan lantai kayu jati grade A di lapangan basket Ciracas Jakarta yang disediakan oleh PT Rajawali Parquet

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa kayu jati merupakan salah satu jenis kayu terbaik di dunia. Sehingga tak heran, jika semua produk furniture maupun property yang berbahan kayu jati selalu dibanderol dengan harga mahal.

Begitu juga dengan lantai kayu solid jati, yang harganya memang lebih mahal disbanding jenis lantai kayu solid lainnya.

Meski dipatok dengan harga mahal, namun kualitas lantai kayu solid jati sudah terbukti bagus mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Akan tetapi, produk lantai kayu solid jati ini akan dibedakan lagi berdasarkan kelasnya, yakni grade A, grade B, dan grade C. Pastinya masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. 

Mengenai tingkat keawetannya, daya tahan parket solid jati ini bisa mencapai hingga puluhan tahun lamanya. Lalu, bagaimana dengan harganya?

Baca selengkapnya :  Review Kelengkapan Daftar Harga Produk Parket Jati Terbaru

  • Lantai Kayu Solid Merbau
material lantai untuk lapangan basket - lantai kayu solid merbau

Apabila budget anda tidak bisa menjangkau harga lantai kayu solid jati, maka jenis lantai kayu solid merbau ini adalah jawabannya. Ya, terang saja demikian, sebab harga lantai kayu solid merbau lebih murah dari lantai kayu solid jati.

Mengenai kualitasnya, kayu merbau memiliki tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II.

Bukan hanya itu, bahkan parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Artikel Terkait : Kelengkapan Daftar Harga Parket Merbau

Keunggulan dan Kekurangan Lantai Kayu Solid

Pada dasarnya setiap jenis material lantai yang ada itu memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Begitu pun dengan material lantai kayu solid yang memiliki berbagai keunggulan dan kekurangan seperti berikut :

Keunggulan Lantai Kayu Solid

  • Kuat dan tahan lama (dapat digunakan hingga puluhan tahun)
  • Dapat menghadirkan nuansa mewah, elegan, dan natural
  • Bisa dijadikan investasi jangka panjang, karena memiliki nilai ekonomis tinggi
  • Memiliki tekstur permukaan yang empuk dan kesat, sehingga tidak akan licin saat terkena air
  • Mempunyai kemampuan menyerap panas yang dapat menciptakan suhu hangat
  • Mampu mengeluarkan ion negatif dalam ruangan

Kekurangan Lantai Kayu Solid

  • Proses pemasangan yang bisa memakan waktu lama
  • Membutuhkan perawatan khusus
  • Menawarkan harga mahal

2. Lantai Kayu Sintetis

material lantai untuk lapangan basket - lantai kayu sintetis

Bagi yang memiliki budget terbatas, anda pun bisa menggunakan lantai kayu sintetis sebagai alternative pengganti lantai kayu solid untuk lapangan basket. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat harga lantai kayu sintetis ini lebih murah dibanding lantai kayu solid.

Meski lebih murah, namun bukan berarti juga bahwa kualitas lantai kayu sintetis ini murahan lho. Terdapat berbagai jenis lantai kayu sintetis terbaik yang direkomendasikan untuk lapangan basket seperi berikut :

  • Lantai Vinyl
material lantai untuk lapangan basket - lantai vinyl

Vinyl merupakan material lantai sintetis yang berbahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis dan mudah dipasang. Tersedia berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif bebatuan, keramik, granit, sampai motif kayu.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Dengan demikian, maka tak heran juga jika lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid untuk lapangan basket.

Artikel Terkait -> Jenis-jenis Lantai Vinyl Terpopuler

  • Lantai SPC
material lantai untuk lapangan basket - lantai spc

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, yang merupakan penggabungan antara senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Itu artinya, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Dari segi kualitas, tentunya kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, dimana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok, sehingga sangat cocok diaplikasikan pada lapangan basket. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

  • Lantai Laminate
material lantai untuk lapangan basket - lantai laminate

Berbeda dengan vinyl, dimana material lantai laminate terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin. Umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Selain menghadirkan motif kayu, masih ada lagi motif lantai laminate yang tersedia, seperti motif bebatuan, keramik, pecahan kaca, granit, dan lain sebagainya.

Baca Selengkapnya -> Mengenal Laminated Flooring

Keunggulan Lantai Kayu Sintetis

  • Menawarkan harga lebih murah
  • Kuat dan tahan lama
  • Proses pemasangan yang lebih mudah

Kekurangan Lantai Kayu Sintetis

  • Kurang bagus untuk kesehatan tubuh karena mengandung bahannya senyawa VOC
  • Saat terjadi sedikit kerusakan, maka harus diperbaiki secara keseluruhan
  • Tidak seindah dan sekuat lantai kayu solid.  

Nah, itulah beberapa jenis material lantai terbaik yang direkomendasikan untuk lapangan basket, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan salah satu jenis lantai tersebut?

Scroll to Top