lantai terbaik untuk kantor

Pilihan Material Penutup Lantai Terbaik Untuk Kantor

Apakah anda sudah merasa bosan dan jenuh dengan nuansa kantor yang begitu-begitu saja? Jika iya, maka sudah saatnya bagi anda untuk menciptakan ruang kerja yang lebih berestetik, agar dapat meningkatkan produktifitas kerja.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena desain interior di kantor dapat mempengaruhi mood atau suasana hati. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa area perkantoran selalu identik dengan nuansa formal. Tentu saja hal tersebut dapat membuat kesan kaku bagi semua karyawan yang bekerja didalamnya.

Jika suasana dalam kantor terasa kaku dan monoton, pastinya akan berpengaruh terhadap penurunan kreatifitas dan produktifitas anda. Maka dari itu, buatlah kantor menjadi senyaman mungkin layaknya rumah pribadi anda.

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mendesain interior kantor menjadi lebih nyaman, mulai dari penataan furniture, pemilihan warna cat dinding, hingga penggunaan material lantai.

Nah, berbicara soal lantai, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa jenis material penutup lantai terbaik untuk kantor.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Material Penutup Lantai Terbaik Untuk Kantor

1. Lantai Marmer

lantai terbaik untuk kantor - lantai marmer

Apabila ruang kantor anda ingin terlihat lebih mewah dan elegan, maka penggunaan lantai marmer ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai marmer tampil dengan kilauan bening yang serasi dengan motifnya.

Bukan hanya itu, pori-pori pada permukaan lantai marmer ini lebih kecil sehingga membuatnya tidak akan mudah tergenang air. Menariknya lagi, lantai marmer sudah terbukti kokoh dan kuat, serta cara perawatannya yang tergolong mudah lho.

Jika anda berminat, maka anda harus merogoh kantong cukup dalam untuk mendapatkan material lantai yang satu ini.

Baca juga : Pemasangan Lantai Kayu di Kantor Mahkamah Agung Jakarta

2. Lantai Granit

lantai terbaik untuk kantor - lantai granit

Tak berbeda jauh dengan jenis lantai marmer, yang mana lantai granit juga dapat menyuguhkan nuansa mewah berkat keindahan kilauan yang berpadu dengan motifnya. Begitu pun dengan tingkat kekuatan dan keawetannya yang tidak perlu diragukan lagi.

Akan tetapi, pori-pori pada permukaan lantai granit tidaklah serapat dan sepadat lantai marmer. Itu artinya, lantai granit membutuhkan perawatan khusus karena sifatnya yang mudah menyerap cairan.

3. Lantai Keramik

lantai terbaik untuk kantor - lantai keramik

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan jenis material lantai yang satu ini? Ya, tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan material keramik. Tak hanya diaplikasikan sebagai penutup lantai, bahkan material keramik juga kerap diaplikasikan untuk dinding.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena material keramik tersedia dalam berbagai ukuran sehingga bisa kita pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Selain ukuran, material keramik juga tersedia dalam berbagai varian motif yang tentunya dapat anda pilih sesuai selera.

4. Lantai Kayu Solid (Parket Solid)

Berbicara soal material lantai yang memiliki estetika tinggi, tentu saja lantai kayu solid ini merupakan pilihan paling tepat. Lalu, apa yang dimaksud dengan lantai kayu solid? Lantai kayu solid adalah material lantai yang bahannya terbuat dari kayu asli tanpa campuran bahan asing lainnya.

Sehingga tak heran, jika lantai kayu solid ini memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang begitu tinggi. Belum lagi dengan tampilan khas kayunya, sehingga dapat menciptakan nuansa natural dan elegan pada kantor anda.

Adapun mengenai dua jenis lantai kayu solid yang direkomendasikan untuk kantor seperti berikut :

  • Lantai Kayu Solid Jati
lantai terbaik untuk kantor - parket solid jati

Kualitas kayu jati dinilai dari beberapa aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna. Namun, tidak tidak semua tipe lantai kayu jati memiliki spesifikasi yang sama. Mengapa demikian?

Pasalnya produk lantai kayu solid jati ini akan dibedakan lagi kedalam kelas yang berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C. Tentu saja masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas lantai kayu jati tersebut akan berbeda juga. 

Mengenai informasi harganya -> Review Kelengkapan Daftar Harga Produk Parket Jati

  • Lantai Kayu Solid Merbau
lantai terbaik untuk kantor - parket solid merbau

Dilihat dari fisiknya, kayu merbau tampil dengan warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus. Hasilnya, penggunaan lantai kayu solid merbau ini akan menonjolkan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian.

Nah, untuk harganya, parket solid merbau ini lebih murah dari parket solid jati. Meski murah, bukan berarti juga kualitas parket solid merbau ini murahan! Hal itu terbukti, yang mana tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Baca selengkapnya -> Daftar Harga Terbaru Produk Parket Merbau

5. Lantai Kayu Sintetis (Parket Sintetis)

Untuk anda yang ingin mengganti material lantai kantor dengan proses pengerjaan yang cepat, maka lantai kayu sintetis ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena proses pemasangan lantai kayu sintetis memang lebih simple dan mudah ketimbang lantai kayu solid.

Terdapat tiga jenis lantai kayu sintetis terbaik untuk kantor seperti di bawah ini :

  • Lantai Vinyl
lantai terbaik untuk kantor - lantai vinyl

Material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis serta mudah dipasang. Dengan teksturnya yang lebih elastis, tentu saja hal tersebut akan memudahkan anda dalam proses pemasangan.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah dari lantai kayu solid. Sehingga tak heran, jika lantai vinyl ini selalu menjadi pilihan utama sebagai alternatif pengganti lantai kayu solid. Tersedia pula berbagai varian motif vinyl, yang tentunya dapat anda pilih sesuai dengan konsep kantor.

Produk Terkait -> Jenis-jenis Lantai Vinyl Terpopuler

  • Lantai SPC
lantai terbaik untuk kantor - lantai SPC

Selain lantai vinyl, lantai SPC juga merupakan salah satu jenis parket sintetis yang kerap diaplikasikan pada berbagai bangunan, termasuk perkantoran. Lantas, apa yang dimaksud dengan SPC?

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Itu sebabnya, mengapa kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu terbukti, yang mana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Lebih hebatnya lagi, lantai SPC memiliki sifat 100% anti air lho.

  • Lantai Laminate
lantai terbaik untuk kantor - lantai laminate

Sekilas memang tidak ada perbedaan yang cukup menonjol antara lantai laminate dengan kedua jenis parket sintetis tadi. Namun, yang membedakan dari ketiganya terdapat pada segi material.

Material lantai laminate yang terbuat dari bahan serbuk kayu dengan campuran resin. Pada umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Baca Selengkapnya -> Mengenal Laminate Flooring

Nah, itulah beberapa jenis material penutup lantai terbaik yang direkomendasikan untuk kantor, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

Scroll to Top