lantai terbaik untuk kamar tidur

Nih, Rekomendasi Material Lantai Terbaik Untuk Kamar Tidur

Pada dasarnya setiap ruangan di sebuah hunian itu harus dibuat senyaman dan sebersih mungkin. Ya, terlebih untuk kamar tidur, yang mana area tersebut memiliki peran penting dalam urusan memanjakan diri.

Tak hanya berfungsi sebagai tempat tidur, kamar tidur juga kerap kita gunakan untuk ruang bersantai dan bermalas-malasan. Maka dari itu, kamar tidur harus ditata dengan baik, mulai dari tingkat kebersihan, pemilihan kasur, furniture, hingga material lantai yang digunakan.

Ngomong-ngomong soal lantai, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa material lantai terbaik untuk kamar tidur.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Material Lantai Terbaik Untuk Kamar Tidur

1. Karpet

lantai terbaik untuk kamar tidur - karpet

Material lantai terbaik pertama untuk kamar tidur yang akan dibahas, yakni berupa karpet. Tentunya kita semua sudah sangat familiar dengan material penutup lantai yang satu ini. Hal itu juga bukan tanpa alasan, dikarenakan karpet merupakan salah satu material penutup lantai paling laris dipasaran

Disamping dapat mempercantik tampilan ruangan, penggunaan karpet juga dapat menciptakan nuansa hangat sehingga kamar tidurmu akan tampak lebih nyaman. Apalagi harga yang ditawarkannya relatif lebih murah dari material lain, sehingga tak heran jika karpet selalu laris manis dipasaran.

Adapun mengenai tipe karpet yang tersedia, seperti karpet permadani, karpet meteran, dan karpet tile. Tersedia pula bahan karpet yang bervariasi, mulai dari bahan kulit hewan, sutra, wol, sintetis (karet, plastik, dan nylon), dan lain sebagainya.

Baca Juga : Perbandingan Lantai Kayu Dengan Karpet

Keunggulan Karpet

  • Memberikan nuansa yang hangat
  • Memberikan kenyamanan maksimal
  • Memiliki tekstur yang empuk
  • Tersedia beragam model dan motif
  • Mampu meredam suara berisik
  • Menawarkan harga yang lebih murah dari parket solid maupun parket sintetis

Kekurangan Karpet

  • Membutuhkan perawatan ekstra
  • Sensitif terhadap noda dan rentan pada alergi
  • Jangka waktu pemakaian yang pendek (untuk tipe karpet sintetis)

2. Lantai Kayu Solid

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis lantai kayu solid yang tersedia dipasaran. Namun, hanya ada dua jenis saja yang paling banyak diminati oleh par konsumen, yakni lantai kayu jati dan lantai kayu merbau.

Lantai Kayu Solid Jati

lantai terbaik untuk kamar tidur - parket jati

Kualitas kayu jati ini memang yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Kualitas kayu jati mencakup berbagai aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Namun, tidak tidak semua tipe lantai kayu jati memiliki spesifikasi yang sama lho. Sebab produk lantai kayu solid jati ini akan dibedakan lagi kedalam kelas yang berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C. Tentunya masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. 

Untuk informasi lebih lanjut -> Review Kelengkapan Harga Produk Lantai Kayu Jati Terbaru

Lantai Kayu Solid Merbau

lantai terbaik untuk kamar tidur - parket merbau

Dilihat dari fisiknya, kayu merbau tampil dengan warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus. Hasilnya, penggunaan lantai kayu solid merbau ini akan menonjolkan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian.

Nah, untuk harganya, parket solid merbau ini lebih murah dari parket solid jati. Meski murah, bukan berarti juga kualitas parket solid merbau ini murahan! Hal itu terbukti, yang mana tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Baca selengkapnya -> Daftar Harga Produk Parket Merbau Terbaru

Keunggulan Lantai kayu Solid

  • Menyuguhkan motif dan warna yang indah
  • Teksturnya yang cukup empuk
  • Dapat menciptakan suhu hangat dan mengeluarkan Ion negatif
  • Bisa dijadikan investasi jangka panjang, karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi

Kekurangan lantai Kayu

  • Menawarkan harga mahal
  • Rentang terhadap kerusakan (apabila tidak dirawat dengan baik)
  • Membutuhkan perawatan khusus

3. Lantai Kayu Sintetis

Untuk segi tampilannya, lantai kayu sintetis ini bisa dibilang hampir atau bahkan mirip dengan lantai kayu solid lho. Tapi dari segi material, maka perbedaannya akan sangat terasa jelas. Terdapat tiga jenis lantai kayu sintetis yang paling banyak diminati seperti berikut :

Lantai SPC

lantai terbaik untuk kamar tidur - lantai SPC

Mengingat harga lantai kayu solid yang cenderung mahal, penggunaan lantai kayu sintetis pun kian banyak diminati oleh berbagai kalangan konsumen. Ya, salah satunya adalah lantai SPC, berkat keunggulan yang tidak oleh produk lantai kayu sintetis lainnya.

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Itu sebabnya, mengapa kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu bisa diliat, yang mana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Lebih hebatnya lagi, lantai SPC memiliki sifat 100% anti air.

Lantai Vinyl

lantai terbaik untuk kamar tidur - lantai vinyl

Material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis serta mudah dipasang.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Nah, karena hal itulah yang membuat lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid. Adapun berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, sehingga bisa kita pilih sesuai selera.

Produk Terkait -> Jenis-jenis Lantai Vinyl Terpopuler

Lantai Laminate

lantai terbaik untuk kamar tidur - lantai laminate

Lain halnya dengan material lantai laminate yang terbuat dari bahan serbuk kayu dengan campuran resin. Pada umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Baca Selengkapnya -> Mengenal Laminate Flooring

4. Keramik

lantai terbaik untuk kamar tidur - lantai keramik

Kepopuleran material keramik di pasaran memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal itu terbukti, yang mana material keramik bisa kita jumpai dengan mudahnya di toko bangunan. Bahkan, harga keramik pun relatif murah ketimbang jenis material lantai lainnya.

Dengan demikian, maka tak heran juga jika material keramik ini sangat laris dipasaran. Tak hanya diaplikasikan pada lantai, keramik pun kerap diaplikasikan pada dinding. Ada banyak sekali motif lantai keramik yang tersedia, mulai dari motif bebatuan, tradisional, hingga motif kayu.

5. Marmer

lantai terbaik untuk kamar tidur - lantai marmer

Untuk menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada kamar, maka penggunaan lantai marmer ini merupakan pilihan paling tepat. Hal itu bisa dilihat, dimana lantai marmer tampil dengan kilauan bening yang serasi dengan motifnya.

Tak hanya mewah, bahkan cara perawatan lantai marmer tersebut tidaklah seribet lantai kayu lho.

Akan tetapi, kamu harus merogoh kantong cukup dalam untuk bisa mendapatkan material lantai yang satu ini.

Itulah 5 material lantai terbaik yang direkomendasikan untuk kamar tidur, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Scroll to Top