lantai kayu sleman

Lantai kayu sleman

Kabupaten sleman terkenal dengan istilah 1000 candi, mejadi destinasi wisata yang sangat layak dikunjungi oleh semua orang. suasana yang adem dan ramai yang membuat tempat ini dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mendirikan toko. mulai dari restoran, kafe, hotel dan tempat untuk bersantai. ini adalah kesempatan yang bagus buat anda yang memiliki tempat usaha di sleman yogyakarta untuk menggunakan lantai kayu sebagai bahan untuk membuat para pengunjung betah dan tertarik untuk datang lagi ke tempat usaha anda.

lantai kayu sleman

Lantai kayu parket merupakan kayu pilihan terbaik yang diolah menjadi  jenis penutup lantai, bahkan ada parket yang bisa digunakan untuk menutupi dinding tembok, atap plafon dan area outdoor. untuk tempat usaha anda gunakan saja penutup lantainya. karena sesuai dengan kondisi cuaca di sleman yang adem, akan membuat tempat usaha anda menjadi hangat. hangat karena dampak dari lantai kayu parket yang memilik kelebihan bisa memberikan kehangatan pada ruangan.

Tampilan yang unik dan menarik, membuat tempat usaha anda akan semakin ramai pembeli. lantai kayu inilah yang bisa anda gunakan untuk anda.

Jenis Lantai Kayu yang Paling Populer

1. Lantai kayu jati

lantai kayu jati

Lantai kayu jati adalah jenis kayu yang motifnya paling indah, maka tak heran jenis kayu jati ini menjadi paling laris dan terbaik di antara lantai kayu lainnya. Kayu jati atau yang bahasa ilmiahnya adalah “Tectona Gandis”, merupakan sebuah pohon yang mana ketinggiannya bisa mencapai hingga 50 meter dengan diameter sekitar 1,2 – 2,4 meter.

Menurut kabar yang beredar, pohon jati pertama kali di temukan di negara Burma (sekarang Myanmar). Dikarenakan kayu jati memiliki nilai ekonomis yang begitu menjanjikan, penyebarannya pun semakin meluas ke negara tetangganya seperti Thailand, Laos, Malaysia, Indonesia, Filipina, Indiia, hingga China.

Adapun mengenai keberadaan pohon jati yang dapat kita temui di berbagai daerah di Indonesia,  mulai dari Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.
Dalam industri perkayuan, kayu jati yang berasal dari provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur merupakan yang terbaik dibanding kayu jati dari daerah lainnya.

Nah, karena hal itulah yang membuat provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi penghasil kayu jati terbesar di Indonesia. Dari sisi ekonomi, harga kayu jati ini adalah yang termahal diantara jenis kayu lainnya.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kayu jati memiliki kualitas dan ciri khas tersendiri sehingga sering dijadikan untuk bahan baku property maupun furniture. Akan tetapi, tidak semua produk lantai kayu jati memiliki tingkat kualitas yang sama lho.

Pasalnya, produk lantai kayu jati akan dibedakan lagi berdasarakan kelasnya.

Untuk informasi detailnya, silahkan klik -> Review Kelengkapan Daftar Harga Produk Lantai Kayu Jati Terbaru

2. Lantai kayu merbau

lantai kayu merbau

Kayu merbau memiliki serat kayu yang indah juga, namun tidak seindah lantai kayu jati. lantai kayu merbau sangat kuat dan tahan lama, karena sifat kayu merbau mampu menyerap suhu dan menetralisir udara panas.

Pohon merbau itu sendiri dapat tumbuh dengan ukuran sedang hingga 50 meter, panjang batangnya mencapai 20 meter, sedangkan ukuran gemangnya berada di kisaran 160 cm – 250 cm. Untuk tampilan tampilan fisiknya, pohon merbau mempunyai akar papan berbanir yang cukup tinggi dan tebal.

Biasanya bagian pepagan pada pohon merbau ini tampil dengan warna abu-abu terang dan cokelat pucat, memiliki tekstur halus yang disertai dengan bintik-bintik kecil lentisel. Bukan hanya itu, bahkan bagian kulitnya tampak bersisik dan mengelupas. Terdapat mula dua pasang anak daun, kecuali pada daun bagian ujungnya yang hanya mempunyai satu pasang anak daun saja.

Mulanya pohon merbau ini hanya berada di negara Tanzania dan Madagaskar yang kemudian menyebar ke India Selatan, Myanmar, Malaysia, Indonesia, Australia Utara, hinggga Polinesia. Untuk keberadaannya di Indonesia, pohon merbau ini dapat kita temui di kawasan hutan tropis Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Pulau Jawa.

Namun, kayu merbau dari Kalimantan dan Papua-lah yang paling terkenal dengan kualitasnya. Adapun mengenai karakteristik umum pada kayu merbau seperti berikut :

Bagian terasnya memiliki warna cokelat atau kuning cokelat hingga cokelat merah, namun terkadang cenderung hitam. Sedangkan bagian gubalnya tampil dengan wana kuning pucat dan kuning muda.

  • Kayu merbau mempunyai tingkat keawetan yang tinggi serta tahan terhadap serangan rayap dan jamur.
  • Tingkat penyusutan dan pemuaian terhadap kayu merbau tergolong cukup rendah.
  • Tekstur pada kayu merbau ini terasa kasar dan agak licin saat diraba.
  • Memiliki arah serat kayu yang lurus
  • Kayu merbau termasuk golongan kayu sangat keras

Baca selengkapnya -> Kelengkapan Daftar Harga Produk Parket Merbau

3. Lantai kayu ulin

lantai kayu ulin

Penyebaran pohon kayu ulin di Indonesia kebanyakan berasal dari kawasan hutan tropis Kalimantan. Masyarakat Suku Dayak sering menyebut kayu ulin dengan istilah “bulian” atau “kayu besi”, dikarenakan teksturnya yang memang sekeras besi.

Dengan demikian, maka tak heran jika kayu ulin kerap digunakan oleh masyarakat Suku Dayak untuk pembuatan atap rumah dan jembatan. Bahkan, tak jarang pula kayu ulin dimanfaatkan untuk pembuatan kapal perahu.

Menurut informasi yang didapat, pohon ulin termasuk kedalam jenis pohon dengan pertumbuhan yang lambat. Itu sebabnya, mengapa ketersediaan kayu ulin tidak pernah mencukupi kebutuhan industri perkayuan. Secara otomatis harga kayu ulin di pasar pun melambung tinggi.

Tak hanya karena faktor pertumbuhannya yang lambat, kelangkaan kayu ulin juga dikarenakan belum banyak masyarakat kita yang melakukan pembudidayaan terhadap pohon ulin. Dengan kata lain, kebutuhan kayu ulin hanya tergantung pada ketersediaannya di alam yang telah ada selama beratus-ratus tahun.

Kayu dari pohon ulin terkeal dengan karakteristiknya yang tahan terhadap perubahan cuaca, kelembapan, dan tahan terhadap pengaruh air laut. Terdapat beragam jenis kayu ulin yang tersedia dipasaran seperti :

  • Ulin Tando yang memiliki warna coklat kemerahan
  • Ulin Lilin yang memiliki warna cokelat gelap
  • Ulin Tembaga dengan warna yang cenderung kekuningan
  • Ulin kapur yang memiliki warna cokelat muda.

Lantai kayu ini sering digunakan untuk area outdoor atau ruangan luar. bahkan kayu ini bisa digunakan didalam ruangan, namun di dalam ruangan kamar mandi. dengan kekuatan seperti besi kayu ini sangat kuat terhadap serapan air, walaupun sering terkena air setiap hari kayu ini akan tetap kuat dan tidak termakan rayap.

Lantai kayu sebetulnya banyak sekali jenisnya, disini hanya 3 jenis saja yang bisa saya sampaikan, untuk secara detail dan berikut harganya silahkan saja kunjungi harga lantai kayudi sini akan dijelaskan harga yang paling lengkap.

Untuk warga sleman yang serius ingin menggunakan lantai kayu silahkan saja hubungi marketing di situs ini, sekian artikel ini semoga bermanfaat buat anda

 

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top