kayu ulin harga ,urah

Kayu Ulin : Karakteristik, kelebihan, dan material terbaik

Jenis kayu di Indonesia terbilang beragam, dengan karakteristik dan spesifikasinya yang berbeda. Salah satu material terbaik yang bisa Anda temukan, antara lain seperti : Kayu jati, kayu bengkirai, kayu merbau dan sebagainya.

Namun Apakah Anda sudah tahu kayu yang memiliki julukan Kayu besi? Kayu tesebut merupakan Kayu Ulin asal dari kalimantan, Kayu satu ini memiliki kecenderungan kayu yang luar biasa, dimulai dari karakteristiknya yang sangat kuat.

Kayu ulin sering dimanfaatkan untuk kebutuhan outdoor, karena sangat unggul. Bahkan, kayu ulin sering dimanfaatkan untuk material bahan bangunan, bantalan rel, dan bahan utama pembuatan Kapal Laut. Pasti Penasarankan dengan dengan Kayu ulin? Berikut informasi yang akan kami sampaikan :

Kayu Ulin, kayu besi asal Kalimantan

Bagi yang belum tahu, kayu ulin merupakan kayu yang berasal dari kalimantan, indonesia. Jenis kayu ini sering dikenal dengan sebutan kayu Bulian dan Kayu Besi. Pohon Ulin digolongkan kedalam suku “Lauraceae” yang memiliki ketinggian 30,35 m, dengan diamater pohon yang besar, yaitu 60 – 120 cm.

Baca juga : Begini karkateristik kayu jati dan kelebihannya 

Karakteristik Kayu Ulin kalimantan

Kayu Ulin memiliki karakteristik kayu yang berbeda dari jenis kayu lainnya, Karena memiliki tekstur kayu yang keras dan awet, hal ini di buktikan dengan kelas Awet dan kerasnya di kelas kuat 1 dan kelas awet 1, kelas tersebut kelas tertinggi dimaterial kayu.

Kayu ulin memiliki batang yang lurus, tajuk berbentuk bulat dan rapat, serta pohon ulin memiliki percabangan yang mendatar. Pohon ulin, umumnya memiliki ketinggian sekitar 5 m hingga 400 m diatas permukaan laut, dengan kontur tanah yang datar hingga miring.

Tidak heran jika kayu ulin memiliki harga yang cukup tinggi untuk dijadikan material interior dan sebagainya, dikarenakan  kayu ulin memiliki karakteristik kayu yang cukup tinggi.

Habitat penyebaran Kayu Ulin

Pohon ulin adalah jenis pohon asli hutan indonesia yang dapat tumbuh secara endemik dipulau kalimantan. Penyebaran pohon ulinpun dapat dijangkau dibeberapa wilayah seperti Pulau Sumatera bagian selatan dan timur, pulau sulawesi, kepulauan bangka belitung dan tentunya pulau kalimantan.

Tapi, kayu ulin tidak hanya tumbuh di dataran indonesia saja, melainkan kayu ulin dapat di jumpai dibeberapa negara lain seperti Filipina, Brunei darussalam, dan serawak. pohon ulin menyebar secara acak. Walaupun penyebaran kayu ulin luas, pohon ulin disebut sudah jarang dan hampir punah, karena penggerusan lahan wilayah yang semakin menipis.

lalu, apa saja manfaat kayu ulin?

Tentunya dengan karakteristik yang disebutkan, bahwa kayu ulin dapat bermanfaatan bagi perekonomian, seperti yang akan kami jelaskan mengenai manfaat kayu ulin terhadap ekonomis. Berikut ulasannya :

Manfaat Kayu Ulin di Bidang ekonomi

Beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kayunya. Karena tingkat kekuatan dan keawatan kayu ulin, maka kayu ulin termasuk salah satu jenis kayu favorit masyarakat Indonesia.

Berikut beberapa manfaat kayu ulin dari segi ekonomi yang bisa Anda manfaatkan :

  • Kayu ulin bisa Anda gunakan untuk kebutuhan bahan bangunan seperti, bahan kontruksi, material jembatan, Rumah dan tentunya Material lantai hunian yang sangat populer. Pemanfaatan kayu ulin sebagai material hunian emang bukan kejutan yang bisa kita lihat, dikarenakan material lantai hunian khususnya outdoor, sering menggunakan kayu ulin.
  • Tidak hanya untuk material hunian saja, melainkan Kayu ulin kerap dijadikan sebagai bahan baku pembuatan furniture, biasanya furniture yang terbuat dari kayu ulin ialah Lemari, Meja, Kursi dan furniture penghias Rumah sebagainya.

Baca Juga : Inilah Produk Lantai ulin dan Promo menariknya 

  • Diluar dari Hunian, Kayu ulin kerap dijadikan bahan bantalan rel kereta api Tiang listrik dan Kayu pembuatan kapal selam, hal ini menjadikan kayu ulin sebagai jenis kayu yang banyak manfaatnya.
  • Tidak hanya kayu saja, melainkan kayu ulin atau fosil dari kayu ulin bisa Anda manfaatkan sebagai perhiasan yang dapat dijadikan batu cincin. Menurut para pengarajin kayu Kalimantan, fosil kayu ulin lebih ringan dan memiliki terkstur guratan yang sangat eksotis, jika dibadingkan dengan permata. Maka dari itu fosil kayu ulin cocok digunakan sebagai perhiasan atau aksesoris lainnya.

Kelebihan Menggunakan Material Kayu Ulin

Seperti Informasi diatas, pastinya Anda penasaran dong? memang keunggulannya bagaimana?sampai bisa digunakan untuk segala kebutuhan? Berikut keunggulan kayu ulin:

  1. Kayu Ulin terkenal keras dan memiliki jangka keawetan yang panjang, tidak heran jika Jenis kayu ulin banyak dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan.
  2. Kayu Ulin memiliki warna dan serat yang estetik, hal itu terlihat dari beberapa bulan setelahnya karena kayu ulin akan berkembang dan merubah warna yang semakin estetika
  3. Tahan diberbagai macam cuaca, sekalipun cuaca ekstream. Hal ini dibuktikan dari tingkat kayu dikelas Awet dan keras Kelas I dan I. Maka dari itu, jangan khawatir untuk menggunakan Material kayu satu ini.

Tidak hanya dimanfaatkan untuk segi ekonominya saja dibagian keunggulannya, melainkan Anda dapat menggunakan manfaat lain untuk kesehatan dari daun dan biji kayu ulin, penasaran apa saja itu? Berikut informasinya :

Ulin dapat bermanfaat bagi Kesehatan

Pohon Ulin bukan hanya sekedar dapat dimanfaatkan kayunya untuk ekonomi dan estetika saja lho, melainkan Biji dan daun kayu ulin dapat dijadikan sebagai nilai kesehatan, Apa saja itu? berikut informasinya :

Salah satu manfaat lain dari kayu ulin ialah dari biji pohonnya yang dipercaya berkhasiat untuk pengobatan, Biji yang dihaluskan dapat dimanfaatkan sebagai obat bengkak, dan juga bisa digunakan sebagai obat untuk menghitamkan Rambut.

Selain bijinya. Buah dari pohon ulin kerap dimanfaatkan untuk mencegah tumbuhnya uban rambut, dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, lalu dicampurkan dengan minyak kelapa. Produk olahan buah berupa minyak kayu ini banyak dipasarkan dipasar-pasar tradisional.

Jadi sudah tahu kayu ulin dari kalimantan? demikian informasi lengkap dari Karakteristik kayu ulin berserta lainnya, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top