Kayu trembesi

Kayu Trembesi, jenis kayu yang memiliki segudang Manfaat dan kelebihan

Memiliki interior yang elegant adalah keinginan banyak orang, terlebih jika furniture dan materialnya terbuat dari bahan kayu. Tapi, harga material kayu terbilang cukup tinggi, dan mengharuskan para arsitek dan pengerajin mencari jenis kayu lainnya.

Salah satu jenis kayu yang terbilang unik dan memiliki keindahan pada serat dan warnanya ialah Kayu trembesi, ada yang tahu dengan kayu satu ini? Kayu terombosi menjadi jenis kayu yang populer pada saat ini, karena memiliki serat dan ketahanan yang hampir sama dengan kayu jati.

Tidak hanya itu, kayu trembesi memiliki beragam kelebihan dan kekurangan, untuk itu jika Anda ingin mengenal lebih dalam mengenai jenis kayu ini, yuk simak informasi berikut ini :

Jenis Kayu Trembesi

Kayu trembesi merpakan jenis kayu yang berasal dari pohon bergenus Abizia, jenis kayu ini cukup mudah ditemukan dibeberapa dearah di Indonesia. Terutama di kawasan Kalimantan, jawa, sulawesi dan juga Maluku.

Pohon trembesi biasasnya tumbuh dalam waktu yang cepat, tentunya tidak seperti pohon jati yang terbilang lama, Dengan demikian,para pengrajin dan konsumen kayu trembesi tidak perlu berebut untuk mendapatkan kayu trembesi dalam bentuk papan atau balok.

Terlebih lagi, pohon trembesi dapat tumbuh hingga ketinggian 4 meter, untuk itu jika Anda memiliki lahan untuk menanam pohon, mungkin trembesi bisa menjadi alternatif karena memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Lalu, bagaimana dengan karakteristik dari Kayu trembesi?

Karakteristik Kayu Trembesi

Karakteristik dari kayu Trembesi ialah memiliki bagian tengah yang berwarna gelap serat memiliki warna cokelat tua dengan sedikit garis hitam. Sementara itu, kayu trembesi memiliki warna putih pada bagian pinggir kayu. Perbedaan warna yang kontras dari kulit dan bagian tengah membuat orang mudah melihatnya.

Berat kayu Trembesi

Kayu trembesi memiliki berat jenis yang cukup berat, yaitu rata-rata dari kayu trembesi sekitar mencapai 0,6kg per meter kubik, sehingga jenis kayu trembesi masuk kedalam golongan kayu berat. Hal ini dikarenakan tingkat keras kayunya yang cukup keras.

Dari tingkat kerawetannyapun kayu trembesi termasuk cukup panjang, dikarenakan kayu trembesi berada dikelas IV dari keawetannya dan berada di kelas III untuk kekuatannya. Secara umunpun, tingkat kepadatannya ada dkelas menengah dan dibawah kayu jati. walupun begitu, kayu trembesi layak untuk dijadikan alternatif selain kayu jati.

Baca selengkapnya : mengenal Kayu jati beserta produk terbaiknya

Tentunya kayu trembesi memiliki keunggulan dan kelemahan seperti jenis kayu lainnya, penasaran apa saja itu? Berikut informasinya :

Plus dan Minus kayu Trembesi

Keunggulan Kayu Trembesi

Selain tumbuh cepat, keunggulan dari kayu trembesi dapat tumbuh mencapai 1,5 meter, dengan ukuran tersebut kayu trembesi dapat dijadikan untuk furniture ukuran besar seperti meja makan, tanpa penyambung dua papan kayu terlebih dahulu.

Keunggulan selanjutnya terletak pada ketebalan kayu, biasnaya kayu trembesi memiliki ketebalah dibawah 3 cm, rata-rata ketebelan untuk lemari dan meja pun sekitar 4 hingga 15 cm, maka dari itu ketebalan ini tidak mudah untuk Anda temukan.

Tidak hanya itu saja, melainkan kayu trembesi memiliki keunggulan karena mampu menyerap polusi udara, dengan demikian pencemaran udara bisa diminimalisir dan para penghuni makin sehat

Tidak hanya keunggulan saja, melainkan kayu trembesi memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui, apa saja itu? berikut informasinya :

Kelemahan Kayu Trembesi

Memiliki keunggulan dan juga tentunya memiliki kelemahan, kekurangan yang dimiliki dari kayu trembesi ialah perihal kekuatannya, karena kayu ini berada di kelas IV untuk keawetan yang berarti cukup rentan terhadap serangan raya dan jamur.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan melapisi dengan lapisan anti rayapp dan jamur, sedangkan dari tingkat kekuatannya dikelas III, hal ini menjadikan trembesi tidak mampu menompang benda yang terlalu berat. Maka kayu rembesi lebih tepat jika digunakan sebagai bahan pembuat furniture seperti meja atau lemari.

Untuk lebih menjadi awet, maka harus dirawat sedemikian rupa, untuk itu kami disini akan menyajikan tips cara merawat kayu trembesi agar lebih awet. Berikut informasinya :

Tips merawat kayu Trembesi

Beberikut beberapa tips rawat kayu trembesi agar semakin awet dan tahan lama :

  • Bersihkan atau rawat secara rutin
  • Memberikan obat anti rayap pada kayu sebelum di olah
  • Bersihkan debu dengan menggunakan lap
  • Jemur kayu sebelum di olah

Baca juga : Tersedia Produk Lantai Kayu dan Material Kayu Termurah

Tentunya, Anda penasaran kan apa saja sih manfaat dair kayu trembesi? berikut beberapa manfaat dari kayu trembesi :

Manfaat Kayu Trembesi

1. Batang Pohon Trembesi untuk Perabot Rumah Tangga

Secara umumnya, pohon trembesi dapat dijadikan sebagai perabot rumah tangga seperti meha, kursi, lemari dan perabot lainnya yang berbahan dasar kayu. Tinggi yang sudah disebutkan sebelumnya sangatlah pas karena kayu trembesi terbilang memiliki ukuran yang lebar.

2. Biji Trembesi bisa dijadikan Cemilan

Biji trembesi cukup banyak digemari seperti biji bunga matahari, hal tersebut sama seperti pada biji trembesi karena memiliki rasa yang gurih dan menggoda. Makanan ringan satu ini tentunya sudh ada sejak lama. Maka dari itu, banyak sebagian orang tidak asing dengan cemilan satu ini.

3. Daun trembesi sebagai obat

daun yang ada pada pohon trembesi dapat dimanfaatkan untuk obat sebagai macam penyakit, Penyakit umumya dapat sembuh dengan menggunakan bahan alami, hal itupun bisa Anda gunakan dari daun trembesi sebagai obat radang usus, sakit kepala dan penyakit kulit. Cara penggunannya yaitu dikeringkan lalu dioleskan pada kulit yang gatal.

Jadi, sudah tahu dengan kayu Trembesi? demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan selamat menikmati hunian terbaik dengan Kayu Trembesi.

Scroll to Top