kayu sungkai

Kenalan yu, dengan kayu sungkai khas sumatera yang banyak kelebihannya

Banyaknya material yang menjadi favorit untuk kebutuhan interior dan eksterior ataupun hiasan rumah seperti furniture dan sebagainya. Kayu menjadi salah satu material yang paling digandrungi oleh para arsitektur karena memiliki beragam keunggulan dan kecantikan yang mumpuni.

Apalagi, jenis kayu tidak hanya satu, banyaknya jenis kayu yang memiliki tingkat karkateristik atau keestetikaan yang berbeda, begitupun dengan harga kayunya. Dengan demikian, Anda bisa memilih jenis kayu yang paling anda butuhkan dengan menyesuaikan kebutuhan dan budget yang disiapkan.

Salah satu jenis kayu yang bisa Anda dapatkan dan gunakan dengan harga dan kualitas yang unggul ialah kayu sungkai, Apakah anda tahu kayu sungkai? mungkin sebagian dari Anda nampak asing jika tidak bergelut di bidang tersebut.

Namun, sebaliknya jika Anda sering terjun di perbidangan kayu atau arsitektur hunian pasti sudah tidak asing lagi dengan kayu satu ini. Buat Anda yang ingin tahu mengenai karkateristik, asal muasal, dan plus minus dari kayu sungkai, yuk simak pembahasannya berikut ini :

Kayu Sungkai Asal Sumatera

Asal – muasal Kayu sungkai

Seperti yang ada pada judul, kayu sungkai merupakan jenis pepohonan yang berasal dari Suamatera Selatan, dan daerah lainya seperti jawa barat, Kalimantan Barat, Selatan, dan tengah serta sulawesi tengah dan selatan.

Kayu sungkai atau bernama latinnya Peronema Canescens Jack dan juga sering dikenal sebagai jati sebrang. Pepohon ini dapat tumbuh mencapai ketinggian 20-30 meter, sementara diameter dari barangnya dapat mencapai 60 cm, dengan ciri batangnya yang lurus dan berlekuk dangkal serta ranting yang dipenuhi bulu halus.

Lalu, bagaimana karkateristik kayu Sungkai?

Karakteristik Kayu Sungkai

Tentunya beberapa dari jenis pohon memiliki cirikhas kayunya tersendiri, seperti kayu sungkai yang memiliki ciri khas dari tekstur permukaannya yang kasar meskipun sudah diamplas. Kayu sungkai juga memiliki kisaran berat antara 0,50 – 0,70 kilogram per meter kubiknya.

Baca juga : Perbedaan Lantai Kayu Solid, Laminated dan Vinyl

Tentunya jenis kayu sungkai memiliki tingkat keras dan awetnya lumayan tinggi, bahkan kayu sungkai hampir sama kelas tingkatnya dengan kayu jati. Kayu sungkai masuk kedalam katergori kayu keras dan awet kelas II – III kelas ini cukup tinggi untuk jenis kayu.

Kayu sungkai, terkenal dengan warnanya yang agak kelabu atau sawo matang, dan juga kayu sungkai memiliki warna coklat muda dibagian tengahnya. Sementara itu, bagian pinggirnya memiliki warna yang lebih cerah dibanding bagian tengahnya.

namun fakta menariknya kayu sungkai ternyata memiliki warna putih pada bagian pinggirnya tapi hal itu terjadi jika diawal saja, dan semakin bertambahnya waktu warna kayu sungkai akan berubah menjadi warna kekuningan yang cerah.

Dengan tingkat keras dan warna yang cantik, pastinya kayu sungkai memiliki manfaat yang sangat unggul. Apa saja manfaat kayu sungkai? berikut informasinya :

Manfaat Kayu Sungkai untuk Hunian

Bicara soal manfaat dari kayu sungkai, tentunya kayu sungkai kerap dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan furniture, hal ini dikarenakan karakteristik dan warnanya yang sangat unggul. Beberapa manfaat dari kayu sungkai ialah :

  • Kursi kayu sungkai
  • Meja kayu sungkai
  • Pintu kayu sungkai
  • Lemari kayu sungkai
  • Interior Kayu sungkai,

tapi, berkat kekuatannya yang cukup baik, kerap kali kayu sungkai sering digunakan sebagai kerangka atap dan tiang rumah. Selain itu, kayu sungkai sering diolah Menjadi vennner yang biasa digunakan untuk melapisi produk kayu lapis.

Baca juga : Material Lantai Hunian dengan jenis kayu terbaik

Lalu, bagaimana sih dengan kelebihan dan kekurangan dari kayu sungkai? tentunya kayu sungkai memiliki plus minus, selayaknya material kayu lainya. Sudah tahu apa saja? berikut informasinya :

Plus dan Minus kayu sungkai

Kelebihan Kayu sungkai

  • Memiiliki serat kayu yang cantik
  • dapat digunakan untuk furniture bergaya minimalis
  • Kayu tergolong kuat dan awet
  • Memiliki warna yang cerah dan cocok untuk hunian thema natural
  • Kayu Sungkai mudah dalam proses pengolahannya
  • Harga kayu sungkai terjangkau

Kelemahan Kayu Sungkai

  • Tidak tahan dengan perubahan cuaca
  • Rentan Rayap dan kutu bubuk

jadi, sudah tahu dengan kayu sungkai? demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai kayu sungkai, terimakasih telah membaca artikel mengenai karkateiristik, asal muasal dan plus minus dari kayu sungkai.

Scroll to Top