kayu manglid

Kayu Manglid : begini karakteristik – manfaat – dan plus minusnya

Banyaknya material interior yang terbuat dari berbagai jeni kayu, dikarenakan kayu sudah menjadi material utama yang memiliki karakteristik dan keunggulan yang mumpuni untuk interior dan furniture.

Tentunya, kayu di indonesia sangatlah beragam dan memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda beda, seperti halnya jenis kayu satu ini, yaitu Kayu Mandlid. Ada yang tahu dengan kayu tersebut? Mungkin beberapa bagi masyarakat belum terlalu familiar dengan jenis kayu satu ini.

Tapi, kayu manglid memiliki beragam manfaat dan karakteristik yang unggul, penasarana? Berikut beberapa informasi mengenai karakteristik, manfaat dan plus minus dari kayu manglid yang akan kami sampaikan :

Jenis Seperti Apa kayu Manglid?

kayu manglid atau biasa dikenal dengan julukan Manglietia Glauca BI ( Manglid Boros ) merupakan pohon yang memiliki tinggi mencapai antara 25 hingga 40 meter panjangnya. Pohon satu ini memiliki batang pohon yang dapat mencapai 150 cm.

Pohon manglid biasanya dapat tumbuh di beberapa daerah yang memiliki ketinggian yang cukup tinggi, seperti jawa barat, tepatnya pohon manglid dapat tumbuh diketinggian 1000 hingga 1500 meter diatas permukaan laut ( Mdpl).

Karakteristik Kayu Manglid

kayu Manglid memiliki karakter utama yang khas, yaitu material kayu yang sangat ringan, oleh karena itu sifat ringan pada kayu manglid inilah yang menjadi material kayu tersebut banyak digunakan para pengerajin, karena mudah untuk diolah.

Baca juga : Tersedia Produk Lantai Kayu dan Material Kayu Termurah

Namun, kayu manglid bisa juga digunakan untuk kebutuhan kontruksi bangunan, meskipun terkenal dengan kayu yang ringan, tapi kayu manglid sangatlah kuat.

Kayu manglid, termasuk dengan kelas kuat dan awet yang cukup tinggi, kayu manglid masuk kedalam kelas kuat II dan kelas awet II, tingkatan kelas tersebut cukup tinggi untuk material kayu. Maka dari itu dengan karakteristik tersebut kayu manglid sering dimanfaatkan untuk kebutuhan kontruksi bangunan.

Warna dan serat Kayu Manglid

Mengenai warna dan serat kayu manglid, kayu manglid memiliki warna yang sedikit lebih muda yaitu memiliki warna putih yang kecoklatan, tapi warna putih ini tidak akan berahan lama karena akan berubah dengan seiringannya waktu.

Setelah seringinya waktu, kayu manglid akan berdiskolorasi menjadi warna kuning kecoklatan, mungkin warna dari kayu manglid akan sama seperti kayu jati, maka dari itu penggunaan kayu manglid dapat dijadikan alternatif untuk kayu jati.

Serat kayu jati yang lurus dan bergelombang, menjadikan material satu ini banyak diincar dan dicari oleh semua para pengerajin, untuk itu jika Anda ingin membeli furniture atau material interior, kayu manglid bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lalu, bagaimana dengan keunggulan dan karakateristiknya? tentunya setiap kayu memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri, ya salah satunya ialah kayu manglid. Penasaran apa saja keunggulannya? berikut uraiannya :

Begini Plus dan Minus Kayu Manglid

Keunggulan Kayu Manglid

  • Tergolong Jenis Kayu yang Sangar Ringan
  • Memiliki tingkat Awet dan Keras yang Unggul
  • Kayu Manglid memiliki permukaan yang Mengkilap
  • Kayu Manglid memiliki struktur kayu yang Padat

Kelemahan Kayu Manglid

  • Kayu Manglid tidak terlalu Kuat ( hal ini menjadikan kayu manglid tidak cocok untuk area outdoor)
  • Kayu manglid sangat rentan terhadap Rayap dan Jamur

Kelemahan dari kayu manglid bukanlah hal yang besar, melainkan dari kekurangan tersebut anda dapat mengatisipasinya atau dapat mengatasinya dengan cara menggunakkannya hanya untuk area indoor dan melapisi cairan anti rayap dan jamur pada seluruh permukaan kayu manglid. Mudah bukan?

Apa saja manfaat dari kayu Manglid? berikut beberapa manfaat yang bisa Anda manfaatkan dari Material kayu manglid, berikut informasinya :

Beberapa Manfaat dari Kayu Manglid

Kusen dari Kayu Manglid

Manfaat yang pertama dari kayu manglid ialah, kayu manglid sering dijadika sebagai bahan pembuatan kusen, maupun pintu dan jendela, hal ini dikarenakan kayu manglid memiliki tingakt kekuatan dan keawetan yang bbisa diandalkan, bahkan bisa kuat dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga : Perbedaan Lantai Kayu Solid, Laminated dan Vinyl

Pintu dan jendela dari Kayu Manglid

Manfaat dari kayu manglid berikutnya ialah penggunaan untuk dijadikan bahan pintu dan jendela, hal ini dibuktikan dengan banyaknya penjual yang sering menawarkan jendela dan pintu berbahan kayu manglid.

Harga dari material satu ini yang cukup bervariasi, ada yang murah dan ada juga yang mahal, tergantung model yang akan Anda gunakan. Pinut dan jendela dari kayu manglid terkenal dengan permukaannya yang mengkilap hal ini menjadikan jendela dan pintu dari kayu manglid banyak digemari.

Untuk Anda yang mencari material jendela dan pintu kayu manglid, Anda dapat banyak menemukanny dibeberapa daerah jawa, seperti jawa barat dan jawa tengah, tidak hanya didaerah jawa saja melainkan Anda dapat menemukannya di beberapa kota di Bali.

Kontruksi Jembatan dari Kayu Manglid

Manfaat lain dari kayu manglid yang populer ialah sering dijadikan kontruksi jembatan, namun bukan sebagai rangka atau penegak dari jembatan, melainkan kayu manglid digunakan untuk pembatasnnya dan pegangan dari sebuah jembatan.

Hal ini, sangat berbahaya jika dijadikan bahan utama jembatan karena kayu manglid memiliki kelas kuat dikelas III, hal ini tidak cocok digunakan untuk jembatan utama. Biasnaya bahan utama jembatan digunakan dari Kayu ulin yang memiliki tingkat keras dan kuat sangat tinggi.

Bagaimana? sudah paham dengan kayu manglid? Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan selamat menikmati hunian terbaik dan furniture terbaik dari kayu manglid yang berkualitas.

Scroll to Top