Kayu kumea

Kayu Kumea : Asal muasal – karakteristik – Manfaatnya

Kayu kumea merupakan jenis kayu yang ada di indonesia, Indonesia itu sendiri merupakan negara tropis yang terdapat beragam banyak jenis kayu yang bisa digunakan. Salah satunya ialah Kayu Kumea.

Pemanfaatan kayu kumea sudah menjadi hal yang diburu oleh kebanyakan pengerajin furniture dan para ahli bangunan, karena sangat cocok digunakan untuk kebutuhan material furniture dan bahan baku bangunan.

Berbicara mengenai kayu kumea, Apakah sudah tahu jenis kayu kumea? jika Anda belum mengenal bagaimana asal usul, dan karakteristik dari kayu satu ini. Kami akan memberikan beberapa ulasannya, berikut informasinya :

Kayu Kumea? begini ciri dan Karakteristiknya

Kayu Kumea atau nama lain kayu kumea (Manilkara merrilliana H.J.L) memiliki ciri yaitu berwarna coklat kemerahan, kayu kumea dapat dibedakan dengan ciri kayu gubal yang berwarna coklat muda kemerahan.

Kayu gubal pada dasarnya memiliki ukuran di lebar mencapai 3,4 cm dengan proposi kayu teras di sekitar 50% pada volume yang dimiliki kayu gubal.

Informasi penting : gubal merupakan bagian kayu yang terdapat diantara kulit pohon dengan kayu keras, pada uumnya gubal pohon lebih memiliki warna terang dibanding kayu kerasnya atau kayu intinya.

Serat kayu kumea

Serat kayu kumea pada umumnya memiliki tingkat kepadatan yang tinggi. Tapi, serat tersebut dilansir mudah retak, sehingga pada proses pengeringan melalui oven, para ahli tukang harus benar hati-hati terhadap proses tersebut. Kayu kumea memiliki berat jenis yang hampir sama dengan Kayu merbau.

Baca juga : informasi lengkap kayu merbau dan produknya

Tingkat keras dan Awet kayu kumea

Seperti yang sudah disebutkan bahwa kayu kumea memiliki tingkat keras dan awet yang cukup tinggi. Bahkan menurut para ahli, mengatakan bahwa kayu kumea tergolong kayu ke dalam kuat kelas I dan II dengan kelas awet kelas I, kelas tersebut dilansir memiliki nilai tertinggi dinatar I/II/III.

Dengan kelas tersebut, kayu kumea sangat awet dan tahan terhadap berbagai macam serangan dan jamur. Maka dari itu, kayu kumea banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan material interior dan furniture, kayu memiliki spesifikasi dan daya jual yang tinggi.

Lalu, apa saja keunggulan dari kayu kumea sampai memiliki nilai jual tinggi? Tentunya kayu kumea memiliki tingkat keunggulan dan tentunya kekurangan pada karakteristiknya. Berikut uraian mengenai plus dan minus kayu kumea :

Plus dan Minus Kayu Kumea

Kayu memiliki beragam keunggulan yang dapat dinikmati untuk bahan material, namun tidak semua kayu tidak memiliki kekurangan. Berikut Keunggulan dan kelemahan dari Kayu Kumea, simak uraian berikut ini :

Keunggulan Kayu Kumea

  • Kayu kumea memiliki tingkat Keras dan kuat di kelas I – II kelas tersebut setara dengan Kayu Jati
  • Kayu kumea dilengkapi dengan tingkat keawetan dengan jangka panjang hingga bertahun – tahun namun di barengi dengan perawatan yang rutin
  • Kayu Kumea memiliki warna merah kecoklatan, seperti warna merbau dan bisa dijadikan alternatif yang lebih terjangkau
  • Kayu kumea dapat digunakan untuk semua kebutuhan furniture dan material interior

Baca juga : Harga produk lantai kayu dan promo menariknya

Kelemahan Kayu Kumea

  • Kayu kumea tidak bisa terlalu lama terkena endapan air ( Kayu in tidak cocok untuk kebutuhan outdoor )
  • Kayu kumea rentan terhadap keretakan, namun jangan khawatir karena pastikan perawatan kayu berjalan secara rutin

Hasil pemanfaatan Kayu Kumea

Berikut beberapa hasil pemanfaatan dari kayu kumea untuk kebutuhan furniture dan material interior, berikut beberapa contohnya :

Kesimpulan :

Kesimpulan dari pemabahasan mengenai kayu kumea ialah, kayu kumea dapat digunakan sebagai bahan bangunan yang tidak terkena langsung panas matahari dan hujan, apalagi memiliki kelembappan tinggi.

Hal tersebut dapat berdampak pada ekosistem kayu yang akan mengalami penyusutan dan keretakan. Kayu kumea tergolong kayu kelas kuat tingkat II, kelas tersebut sangat baik jika digunakan untuk komponen bahan yang berat, seperti :

kursi, kuda-kuda, kaso, reng ataupun kusen. Disamping itu, kayu kumea memiliki corak yang indah, serat lurus dan terksutr halus.

Kayu kumea meiliki warna merah kecoklatanan dengan gubal berwarna coklat, panjang serat kayu dapat mencapai 677,55 um, diameter serat 22,15 um, diameter lumen 1,94 um dan tebal dinding 10,10 um.3. Kumea batu tergolong kayu sangat berat ( berat jenis 0,92) dengan penyusutan tinggi.

Demikian informasi mengenai kayu kumea dengan beberapa informasi lainnnya. Terimakasih telah membaca artikel hingga tuntas.

Scroll to Top