Kayu Bengkirai : Karakteristik, Plus dan minus, dan cara Memilih

Banyaknya jenis kayu yang ada di Indonesia, terutama jenis jenis kayu yang memiliki manfaat untuk interior Hunian. Salah satu jenis kayu yang cukup populer yaitu Kayu Bengkirai, Sudah tahu apa itu kayu bengkirai?

Kayu Bengkirai merupakan salah satu jenis kayu yang disukai dan digemari oleh kebanyakan para arsitektur karena memiliki warna dan kualitas yang sangat mumpuni, mungkin banyak jenis kayu yang lebih populer dan lebih menarik.

Namun, kayu bengkirai dapat disadingkan dengan berbagai jenis kayu, karena jenis kayu bengkirai sangat istimewa, terkhususnya untuk kebutuhan bahan baku eksterior, penasaran dengan kayu bengkirai? berikut informasi menariknya :

Kayu Bengkirai dari Kalimantan

Kayu Bengkirai dikenal dengan sebuatan Yellow Balau, kayu bengkirai itu sendiri merupakan jenis kayu yang banyak ditemukan dibeberapa kawasan hutan tropis, seperti kalimantan. Tapi kayu bengkirai dapat ditemukan dibeberapa wilayah filipina dan Malaysia.

Fakta menarik dari jenis kayu bengkirai bahwa jenis kayu ini dapat tumbuh hingga 40 meter dengan diamater 120 cm. Serta kayu bengkirai memiliki karakteristik kayu yang unggul dengan warna kayu yang pada dan berwarna khas Kuning kecoklatan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa kayu bengkirai sangat populer dikalangan arsitektur dan pengerajin karena kayu bengkirai dapat kering dalam waktu 12 hari, hingga 1 bulan lamanya pada suhu normal, dan hal tersebut dapat mempercepat produksi  beberapa keperluan seperti untuk hunian.

Ciri – Ciri Kayu Bengkirai dan Karakteristiknya

Kayu Bengkirai tersendiri memiliki berbagai jenis tekstur, dari Halus hingga sedikit kasar, Jenis kayu ini memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi. Selain itu, jenis kayu bengkirai memiliki bobot kayu yang sedikit lebih berat dibanding jenis kayu Jati.

jenis Kayu bengkirai memiliki tingkat kekuatan kelas I dan II hal tersebut dituturkan menurut departemen Kehutanan. Bahkan, kayu bengkirai nyaris setara dengan Kayu Jati. Alhasil kayu bengkirai memiliki durabilitas tinggi yang dapat diolah menjadi berbagai keperluan eksterior rumah, seperti atap, pintu kayu bengkirai, decking.

Tingkat awet Kayu bengkirai Tinggi

Tidak hanya tingkat keras dan ketahannya saja, melainkan kayu bengkirai memiliki tingkat keawetan di kelas I, II, II tingkat tersebut sangat tinggi, dan tingkat awet tersebut ditentukan dari Umur Kayu bengkirai. Jadi, semakin tua kayu bengkirai semakin lama tingkat keawetannya.

Kayu Bengkirai pun, dikenal dengan ketahan yang sangat kuat, bahkan tingkat ketahannya mampu diterjang dalam cuaca ekstrim. Sehingga kayu bengkirai, sangat cocok dan direkomendasikan untuk dijadikan Material outdoor seperti decking, Jembatan, Bantalan rel kereta, dan material lainnya.

Lalu, apa saja keunggulan dari Kayu bengkirai? berikut beberapa plus dan minus jika menggunakan material kayu bengkirai :

Plus dan Minus Kayu Bengkirai untuk dijadikan Material

keunggulan Kayu Bengkirai sebagai Material

Tentunya jenis kayu bengkirai memiliki beragam keunggulan, dimulai dari daya tahan kayu bengkirai yang sangat unggul, pasalnya material kayu bengkirai dapat beratahan dari berbagai cuaca ekstrim hingga puluhan tahun. Tidak hanya itu saja Material kayu bengkirai sangat cantik, dan natural dan cocok untuk kebutuhan decking kayu.

Keunggulan kayu bengkirai pun terletak pada kayunya yang mudah dibentuk untuk beragam kebutuan seperti furnitur, dan material lantai kayu, Hal tersebut akan memudahkan untuk proses pemotongan dan sebagainya.

Baca juga : Material – Material terbaik selain Kayu Bengkirai

Bagaimana dengan harga kayu bengkirai?

Apalagi kayu bengkirai memiliki ukuran harga yang sangat terjangkau untuk kebutuhan material, seperti decking kayu bengkirai dapat dihargai dengan Rp 390.000,-/m2, harga yang sangat terjangkau untuk kebutuhan material lantai.

dan Keunggulan yang terakhir, Anda bisa menggunakan material kayu bengkirai sebagai kebutuhan hunian, seperti Pintu kayu bengkirai, jendela kayu bengkirai, bahkan lemari kayu bengkirai. Hal ini membuat kayu bengkirai sangat populer, karena memiliki harga murah, mudah dibentuk, dan juga kualitas yang tinggi.

Tentunya, setiap jenis material memiliki keunggulan dan Kelemahannya, untuk itu sebelum Anda menggunakan material kayu, ketahui terlebih dahulu kelemahan dari kayu bengkirai :

Kekurangan Kayu Bengkirai sebagai Material

Salah satu kelemahan dari kayu bengkirai ialah memiliki serat kayu yang sedikit kasar, walau tidak semua namun kelemahan satu ini tidak dianjurkan untuk anda yang ingin menggunakannya sebagai lantai kayu indoor ( atau dalam ruangan) karena akan sedikit melukai, namun untuk area outdoor dan dinding, serat tersebut tidak jadi masalah malah membuat area tersebut semakin kuat dan tidak licin.

Tidak hanya digunakan untuk material interior saja lho, melainkan Kayu bengkirai dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya, apa saja itu ? berikut informasinya :

Beberapa Manfaat Kayu Bengkirai Lainnya

Sedikit informasi, bahwa tidak semua kayu bengkirai digunakan untuk kebutuhan bahan baku material hunian saja, melainkan Anda bisa menggunakanya untuk kebutuhan lainnya, Apa saja itu? Berikut urainya :

1. Kayu Bengkirai bisa digunakan sebagai Hiasan Dinding

Salah satu manfaat yang bisa Anda gunakan yaitu, kayu bengkirai menjadi solusi untuk memberikan efek visual dan keindahan hunian dengan menggunakan hiasan dinding, lamberceiling kayu bengkirai. Dengan menggunakan hiasan tersebut, hunian akan semakin natural.

2. Kayu bengkirai cocok untuk bahan Kerajinan

warna kayu yang cerah dan natural, sangat pas jika digunakan untuk bahan baku kerajinan seperti pot bunga kayu, kursi kayu bengkirai, atau kerajinan lainnya yang terbuat dari kayu

3. Kayu Bengkirai direkomendasi untuk Decking kayu

Pastinya Anda penasaran bukan? memang kenapa sih dari tadi decking terus yang direkomendasikan? Hal tersebut sangatlah cocok, bahwa kayu bengkirai yang kuat serta cantik, dapat memberikan efek visual yang memikat hati orang lain dari tampilan luar hunian, yaitu dengan lantai Outdoor atau Decking kayu bengkirai.

lalu, bagaimana cara memilih kayu bengkirai dengan kualitas terbaik?

Cara memilih Kayu Bengkirai dengan Kualitas Terbaik

Kayu bengkirai tentunya memiliki beragam jenis kualitas, tergantung supplier atau perusahan mana yang Anda percayai, namun kami disini akan memberikan salah satu tips untuk menemukan kualitas kayu bengkirai terbaik, berikut informasinya :

Baca selengkapnya : Produk – Produk Kayu bengkirai beserta promonya

Tips Memilih Kualitas kayu bengkirai yang Terbaik

Tips pertama yaitu dengan tidak terpesona dengan harga kayu yang lebih murah, kadang banyak oknum yang mencari keuntungan dengan cara memberikan jenis kayu bengkirai yang palsu atau kw 1 hal tersebut bisa Anda kontrol dengan menentukan harga, biasnaya harga standar dari decking bengkirai dikisaran 390 – 380 rb saja, jika lebih murah, hal tersebut patut dicurigai.

Tips Kedua, cari kualitas kayu bengkirai dengan melihat warna dari kayu bengkirai dan memilih jenis kayu yang cukup tua, hal tersebut akan memberikan dampak mengenai kualitas yang lebih kuat, warna dari kayu bengkirai asli berwarna kuning kecoklatan, jika warnanya pudar, Anda wajib curigai.

Jadi, sudah paham dengan jenis kayu bengkirai?

Demikian informasi yang bisa Anda dapatkan, Terimakasih telah membaca artikel ini, tentunya Anda tidak perlu khawatir di Kios Parquet Jakarta karena kami sudah berpengalaman dari tahun 2000 hingga saat ini.

Ingat! Beli Material kayu Solid asli.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top