Karakteristik Kayu Jati

Ayo Segera Pahami Karakteristik Kayu Jati

Banyaknya jenis kayu yang bisa digunakan untuk kebutuhan material hunian, tentunya setiap jenis kayu memiliki karaktersitik dan ciri khas yang berbeda-beda. Apalagi jenis kayu tidak semua bisa digunakan untuk dijadikan Material hunian, tapi ada salah satu jenis kayu yang bisa Anda gunakan untuk beragam kebutuhan, salah satunya ialah kebutuhan material kayu. Sudah tahu jenis kayu apa? ya kayu tersebut ialah Kayu jati.

Kayu jati merupakan, salah jenis kayu yang sedang populer pada saat ini, Kayu jati dikenal dengan jenis kayu yang serba bisa, hal tersebut dikarenakan kayu jati bisa digunakan untuk furniture, papan tangga, lantai hunian. Hal tersebut membuat kayu jati banyak di gemari untuk dijadikan material interior, namun sudah tahu seberapa hebat karakteristik dari kayu jati? yuk simak informasi berikut ini :

Mengenal Karakteristik Kayu Jati

Pohon kayu jati memang tumbuh subur di kawasan Asia, termasuk juga di Indonesia. Penyebaran pohon kayu jati di Indonesia terdapat di berbagai daerah, seperti Pulau Jawa, Nusa Tenggara Barat, Sumatera, dan Kalimantan. Akan tetapi, kayu jati dengan kualitas terbaik itu kebanyakan berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Itu sebabnya, mengapa provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi pemasok kayu jati terbesar di Indonesia. Tingkat kekuatan dan kekerasan kayu jati termasuk kedalam golongan kelas I dan kelas II, sehingga sangat ideal digunakan untuk mendukung industri perkayuan.

Tak hanya terkenal di Asia saja, bahkan kualitas kayu jati dari Indonesia ini sudah mendunia. Pasalnya, kualitas kayu jati tak hanya seputar tingkat kekuatan dan keawetannya saja, melainkan juga dari sisi pola serat dan keindahan warnanya. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika property yang berbahan kayu kerap dibanderol dengan harga mahal.

Mengenal Manfaat Kayu Jati

Pemanfaatan Kayu Jati sangat banyak diantaranya yaitu untuk Lantai Kayu, furniture, bahkan untuk tiang rumah dan masih banyak lagi. mengapa Kayu Jati banyak digunakan? karena Kayu Jati kualitasnya yang sangat bagus serta terbaik di Indonesia. Kayu Jati selalu menjadi pilihan terbaik.

1. Untuk Lantai Kayu

Dari berbagai pemanfaatan Lantai kayu Jati ini,yang menarik yaitu dijadikan sebagai lantai kayu atau parket, sehingga lantai anda bisa dimodifikasi jadi akan terlihat lebih indah dan menarik tentunya, selain itu juga dengan menggunakan parket kayu jati juga bisa menambah kenyamanan lantai ketika dipijak. Dengan menggunakan Lantai Kayu ini rumah kamu akan terlihat lebih elegan.

2. Untuk Furniture

Dari berbagai kegunaan Kayu Jati yaitu bisa dijadikan sebagai Lantai Kayu, Lemari, Kursi, Meja bahkan masih banyak lagi yang lainnya karena kualitas dari Kayu Jati ini sangat bagus dan juga cocok untuk dipakai serta sifat ketahanannya juga cukup kuat, maka dari itu Kayu Jati banyak digunakan untuk furniture.

3. Untuk Tiang Rumah

Tiang rumah memiliki perana penting untuk membangun sebuah rumah. Selain berguna sebagai penyangga rumah, tiang rumah bisa juga diberi sedikit sentuhan seni agar rumah Anda terlihat lebih indah serta elegan tentunya.

Bagaimana? sudah tertarikkah dengan Lantai Kayu Jati? jika belum yuk kita ketahui dulu plus dan minus dari kayu jati terlebih dahulu, sebelum Anda mengenal produk – produk terbaik dari kayu jati. Berikut informasi plus dan minusnya :

Plus dan Minus menggunakan Material Lantai Kayu Jati

Keunggulan Lantai Kayu Jati

  • Menyuguhkan Tampilan yang Mewah dan Natural
    Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kayu jati memiliki warna dan keindahan pola serat yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lainnya. Hasilnya, penggunaan lantai kayu jati ini dapat mempertegas kesan mewah, natural, dan elegan pada sebuah hunian.
  • Meningkatkan Nilai Jual Property
    Inilah yang menjadi salah satu alasan, mengapa penggunaan lantai kayu jati bisa dijadikan investasi jangka panjang. Ya, terang saja demikian, sebab penggunaan lantai kayu jati ini sudah terbukti dapat meningkatkan nilai jual sebuah property.
  • Berdampak Bagus Untuk Kesehatan Tubuh
    Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa penggunaan lantai kayu bisa berdampak bagus untuk kesehatan tubuh, terlebih bagi yang menderita penyakit rematik. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, lantai kayu jati memiliki kemempuan yang dapat menciptakan suhu hangat dalam ruangan.
  • Dapat Meminimalisir Risiko Terpeleset
    Keunggulan berikutnya dari lantai kayu jati yang harus anda ketahui, yakni dapat meminimalisir. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat permukaan lantai kayu tampak terasa kesat sehingga tidak akan licin. Tentu saja hal tersebut sangat ideal bagi anda yang memiliki anak kecil aktif atau para lansia yang memang rawan terpeleset.

Baca juga : Berikut beberapa produk Lantai kayu selain Kayu Jati

Kekurangan Lantai Kayu Jati

  • Tidak Kuat Terhadap Air

Tentunya, material kayu paling anti dengan endapan air karena bisa mengakibatkan kelapukan pada sebuah kayu, begitupun Lantai Kayu Jati, maka dari itu, untuk menghindari kelapukan pada kayu yang disebabkan oleh air, Anda hanya perlu mengeringkan permukaan kayu jika terkena ari dan tidak membiarkan air itu mengendap. Dengan cara tersebut, Lantai kayu Anda akan tetap Aman dan Tahan Lama

  • Lantai Kayu Jati tidak tahan Goresan

Seperti Lantai kayu lainnya, bahwa lantai kayu jati tidak bisa terkena goresan ujung furniture yang tajam, karena akan membuat bekas yang tidak enak untuk dipandang. Namun tenang, Hal tersebut akan bisa teratasi dengan cara menggunakan pelindung disetiap ujung furniture yang akan Anda gunakan, seperti diberi pelapis kain atau busa untuk menghindari goresan.

Tentunya, sebuah kualitas diciptakan dari jenis tingkat kayu jati itu sendiri, karena Kayu jati memiliki beberapa tingkatan grade atau kelas, hal tersebut sangat berpengaruh dari mulai nilai estetika, warna, dan kualitas kayu itu sendiri.

Sudah tahu apa saja perbedaannya? berikut informasi yang bisa kami sampaikan mengenai perbandingan kelas dari Kayu jati, berikut informasinya :

Perbandingan Grade Kayu Jati

Mengenal Jati Grade A

Sesuai dengan kelasnya, yang mana parket jati grade A ini adalah tipe parket jati dengan kualitas paling tinggi. Secara otomatis, harga parket jati grade A ini tentu saja lebih mahal dibandingkan parket jati grade B dan C. Meski harganya relatif mahal, namun hal tersebut sangat sebanding dengan kualitas yang dimilikinya.

Kayu Jati Grade A ini merupakan kayu jati dengan kualitas terbaik. Karena berasal dari bagian tengah atau jantung pohon jati, Grade A juga bisa dilihat dari seratnya yang lurus dan juga selaras dengan warnanya yang seragam, seratnya sangat rapat, dan akan terasa licin serta berminyak saat dipegang permukaan kayunya. Dengan minyak itulah yang menyebabkan kayu jati memiliki ketahanan yang cukup kuat sehingga bisa kuat dalam cuaca yang ekstrim serta bisa tahan terhadap serangan rayap.

Ciri – Ciri Jati Grade A

  1. Serat Kayunya Paling Padat.
  2. Kayu Jati Grade A lebih mahal dari grade lainnya.
  3. Pada satu batang pohon hanya terdapat 25% saja kayu Jati yang termasuk kedalam Grade A.
  4. Warnanya terlihat lebih coklat.
  5. Serta memiliki senyawa kimia (alami) tektokuinon, semacam minyak pelumas yang dapat melindungi kayu jati dari pertumbuhan jamur maupun serangan rayap

Mengenal Jati Grade B

Parket jati grade B tampil dengan perpaduan warna cokelat dan putih, namun kandungan minyak pelumasnya tidaklah sebanyak jati grade A. Bukan hanya itu, parket jati grade B juga tampil dengan pola serat yang tidak beraturan, dan serat kayunya yang tidak terlalu padat.

Kayu Jati Grade B ini berasal dari bagian terluar jantung pohon jati. Jika dibandingkan dengan Kayu Jati Grade A, Kayu Jati Grade B ini warnanya sedikit lebih terang dan juga seratnya yang kurang beraturan serta kurang mengkilap. Karena kandungan minyaknya lebih sedikit dibanding dengan Kayu Jati Grade A.

Ciri – Ciri Jati Grade B

  1. Serat Kayunya tidak padat dan tidak beraturan.
  2. Warnanya hampir sama dengan Grade A.
  3. Harga Kayu Jati Grade B lebih mahal jika dengan Kayu Jati Grade C.
  4. Pada satu batang pohon hanya terdapat 35% saja kayu Jati yang termasuk kedalam Grade B.
  5. Memiliki senyawa yang alami serta memiliki minyak pelindung dari serangan hama rayap,hewan pengerat dan jamur, seperti yang terdapat pada kayu Jati Grade A.

Mengenal Jati Grade C

Dari sisi harga, lantai kayu jati grade C ini adalah yang paling murah diantara arket jati grade A dan B. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kualitasnya yang memang berada dibawah parket jati grade A dan B. Kendati demikian, parket jati grade C ini masih lebih baik ketimbang jenis parket kayu lainnya.

Kayu Jati Grade C ini bisa dikatakan sebagai kualitas yang terendah dibanding dengan Grade A dan B, Karena Kayu Jati ini berasal dari bagian terluar pohon Jati. Kayu Jati Grade C ini tidak memiliki minyak yang mampu melindungi kayu, warnanya putih, dan biasanya dipenuhi oleh goresan atau coretan.

Penasaran dengan Motif Grade C? Kunjungi artikel mengenai produk Grade A/B/C

Baca juga : Mengenal produk – Produk Kayu Jati

Ciri – Ciri Jati Grade C

  1. Serat Kayunya tidak padat dan tidak beraturan.
  2. Pada satu batang pohon ini terdapat 40% saja yang termasuk grade C.
  3. Tidak memiliki minyak pelumas, sehingga tidak bisa tahan dari serangan serangga maupun hama lainnya.
  4. Warnanya terlihat lebih cerah.
  5. Harganya juga lebih murah daripada Grade A dan Grade B

Bagaimana Tertarikkah Anda untuk menggunakan material Kayu Jati?

Baca juga : beberapa Hasil Pemasangan Kayu Jati

Demikian informasi mengenai Kayu Jati, dari mulai karakteristik, plus dan minus serta perbandingan grade dari Kayu Jati, Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai dan Pilihlah Material lantai dengan Kayu Solid.

Scroll to Top