Ayo Segera Pahami Karakteristik Kayu Jati

Ayo kita kenali terlebih dahulu bagaimana karakteristik Kayu Jati – Kayu Jati merupakan kayu yang mempunyai tingkat kekerasannya yang sangat bagus serta awet dan kayu ini juga bisa lebih tahan lama dibanding dengan kayu lainnya.

Senyawa yang terkandung pada Kayu Jati

Kayu Jati termasuk kayu keras dan awet di Indonesia. Kayu Jati banyak tumbuh di daerah tropis termasuk di Indonesia terutama di Pulau Jawa kadang juga bisa ditemukan di Sumatera, dan Sulawesi.

Kayu Jati yang banyak digunakan saat ini yaitu kayu Jati yang berasal dari Pulau Jawa dan Sulawesi. Senyawa yang terkandung dalam kayu ini, yakni asam karbamat ( Carbamic acid ), ammonium karbamat ( Ammonium carbamate ), asam asetat ( Acetic acid ), dan fenol ( Phenol ).

Kekuatan Kayu Jati

Parket Jati memiliki kekuatan serta kualitas yang terbaik,selain itu Kayu Jati memiliki daya tahan yang cukup kuat terhadap serangan rayap dan hama karena memiliki kandungan anti rayap. Kehebatan lainnya yaitu Kayu Jati juga mampu tahan terhadap perubahan cuaca dan suhu, karakteristik Kayu Jati sedikit berbeda dengan jenis kayu lain, karena Kayu ini memiliki kandungan minyak yang bisa membuat Kayu Jati Kuat dan lebih tahan lama merupakan karakteristik kayu jati.

Pemanfaatan Kayu Jati

Pemanfaatan Kayu Jati sangat banyak diantaranya yaitu untuk Lantai Kayu, furniture, bahkan untuk tiang rumah dan masih banyak lagi. mengapa Kayu Jati banyak digunakan? karena Kayu Jati kualitasnya yang sangat bagus serta terbaik di Indonesia. Kayu Jati selalu menjadi pilihan terbaik.

1. Untuk Lantai Kayu

Dari berbagai pemanfaatan Lantai kayu Jati ini,yang menarik yaitu dijadikan sebagai lantai kayu atau parket, sehingga lantai anda bisa dimodifikasi jadi akan terlihat lebih indah dan menarik tentunya, selain itu juga dengan menggunakan parket kayu jati juga bisa menambah kenyamanan lantai ketika dipijak. Dengan menggunakan Lantai Kayu ini rumah kamu akan terlihat lebih elegan.

2. Untuk Furniture

Dari berbagai kegunaan Kayu Jati yaitu bisa dijadikan sebagai Lantai Kayu, Lemari, Kursi, Meja bahkan masih banyak lagi yang lainnya karena kualitas dari Kayu Jati ini sangat bagus dan juga cocok untuk dipakai serta sifat ketahanannya juga cukup kuat, maka dari itu Kayu Jati banyak digunakan untuk furniture.

3. Untuk Tiang Rumah

Tiang rumah memiliki perana penting untuk membangun sebuah rumah. Selain berguna sebagai penyangga rumah, tiang rumah bisa juga diberi sedikit sentuhan seni agar rumah Anda terlihat lebih indah serta elegan tentunya.

Kenali Dahulu Grade Kayu Jati

Lantas apa yang menyebabkan harga Kayu Jati jadi bervariasi? ya tentunya semua orang pasti tahu karena Kayu Jati sudah menjadi primadona pada bidang industri ataupun mebel. Ingin tahu lebih lanjut? mari simak dahulu Grade Kayu Jati.

Bisa dibilang memang kayu jati sangat awet, kuat, dan sangat sempurna hingga tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim serta kebal juga terhadap serangan serangga apapun. Akan tetapi pernahkah Anda benar-benar mengetahuinya bahwa tidak semua Kayu Jati itu hampir berkualitas bagus?.

Karena kualitas Kayu Jati itu dapat dibedakan menjadi 3 grade atau 3 kelas, yaitu grade A, grade B, dan grade C. Kayu Jati Grade A lebih mahal dari Kayu Jati Grade B, dan Kayu Jati Grade B lebih mahal dari Kayu Jati Grade C. Itulah yang menjadi inti pokok kenapa adanya variasi harga mebel Kayu Jati di berbagai toko furniture di Indonesia.

Baca Juga Tentang: Harga Lantai Kayu

Kayu Jati Grade A

Jati Grade A

Kayu Jati Grade A ini merupakan kayu jati dengan kualitas terbaik. Karena berasal dari bagian tengah atau jantung pohon jati, Grade A juga bisa dilihat dari seratnya yang lurus dan juga selaras dengan warnanya yang seragam, seratnya sangat rapat, dan akan terasa licin serta berminyak saat dipegang permukaan kayunya. Dengan minyak itulah yang menyebabkan kayu jati memiliki ketahanan yang cukup kuat sehingga bisa kuat dalam cuaca yang ekstrim serta bisa tahan terhadap serangan rayap.

Ciri Ciri Parket Jati Grade A

  1. Serat Kayunya Paling Padat.
  2. Kayu Jati Grade A lebih mahal dari grade lainnya.
  3. Pada satu batang pohon hanya terdapat 25% saja kayu Jati yang termasuk kedalam Grade A.
  4. Warnanya terlihat lebih coklat.
  5. Serta memiliki senyawa kimia (alami) tektokuinon, semacam minyak pelumas yang dapat melindungi kayu jati dari pertumbuhan jamur maupun serangan rayap

Kayu Jati Grade B

Jati Grade B

Kayu Jati Grade B ini berasal dari bagian terluar jantung pohon jati. Jika dibandingkan dengan Kayu Jati Grade A, Kayu Jati Grade B ini warnanya sedikit lebih terang dan juga seratnya yang kurang beraturan serta kurang mengkilap. Karena kandungan minyaknya lebih sedikit dibanding dengan Kayu Jati Grade A.

Ciri Ciri Parket Jati Grade B

  1. Serat Kayunya tidak padat dan tidak beraturan.
  2. Warnanya hampir sama dengan Grade A.
  3. Harga Kayu Jati Grade B lebih mahal jika dengan Kayu Jati Grade C.
  4. Pada satu batang pohon hanya terdapat 35% saja kayu Jati yang termasuk kedalam Grade B.
  5. Memiliki senyawa yang alami serta memiliki minyak pelindung dari serangan hama rayap,hewan pengerat dan jamur, seperti yang terdapat pada kayu Jati Grade A.

Kayu Jati Grade C

Jati Grade C

Kayu Jati Grade C ini bisa dikatakan sebagai kualitas yang terendah dibanding dengan Grade A dan B, Karena Kayu Jati ini berasal dari bagian terluar pohon Jati. Kayu Jati Grade C ini tidak memiliki minyak yang mampu melindungi kayu, warnanya putih, dan biasanya dipenuhi oleh goresan atau coretan.

Baca Juga : Manfaat Lantai Kayu yang bisa didapatkan

Ciri Ciri Parket Jati Grade C

  1. Serat Kayunya tidak padat dan tidak beraturan.
  2. Pada satu batang pohon ini terdapat 40% saja yang termasuk grade C.
  3. Tidak memiliki minyak pelumas, sehingga tidak bisa tahan dari serangan serangga maupun hama lainnya.
  4. Warnanya terlihat lebih cerah.
  5. Harganya juga lebih murah daripada Grade A dan Grade B.

Di zaman yang modern ini tentunya Kayu Jati bisa diolah menjadi berbagai macam furniture. Kayu Jati yang kuat, awet, dan stabil cocok digunakan untuk furniture seperti meja, kursi, lemari, kusen, berbagai macam ukiran dan masih banyak lagi. selain itu juga memang kayu jati seringkali dipakai untuk Lantai Kayu, karena bisa menambah daya tarik tersendiri.

Kayu Jati Juga mengandung seperti minyak serta terdapat endapan pada sel Kayu itu sendiri, maka dari itu Kayu Jati bisa awet walupun ditempatkan pada tempat yang terbuka tanpa harus di vernis sekalipun.

cukup sekian artikel yang dibuat semoga dapat bermanfaat dan berguna tentunya untuk anda. Terimakasih~