jenis vinyl

Ayo Ketahui Jenis Jenis Lantai Vinyl | Terpopuler 2021

Ketahui Jenis Jenis Lantai Vinyl – Lantai Vinyl merupakan jenis penutup lantai yang terbuat dari bahan PVC dan pasir putih. Sebelum anda mengaplikasikan lantai vinyl untuk tempat hunian anda ayo ketahui jenis jenis dari lantai vinyl.


Lantai Vinyl yaitu lantai sintetis yang mampu meniru motif apapun pada jenis lantai lainnya, misalnya bisa menirukan motif kayu, marmer, bebatuan, bahkan masih banyak lagi. Lantai Vinyl ini terbuat dari bahan Poly Vinyl Chloride ( PVC ) yang mempunyai tekstur sangat halus serta elastis sehingga bisa dengan mudah dalam pemasangannya

Lantai Vinyl Memiliki Kelebihan yaitu keawetannya dan harganya juga yang cukup bersahabat. Lantai Vinyl memang sudah banyak diminati oleh masyarakat karena akan membuat tempat hunian akan terlihat menarik dan elegan dengan pengeluaran yang tidak seberapa.

ayo simak jenis jenis lantai vinyl berikut ini.

Jenis Jenis Lantai Vinyl

1. Lantai Vinyl Jenis Roll ( Karpet Vinyl )

Vinyl Roll

Lantai Vinyl Roll ini bentuknya hampir sama dengan karpet makannya disebut karpet vinyl. Bahan yang digunakannya masih terbuat dari PVC sedangkan karpet biasa bahannya menggunakan cotton atay nylon.

Vinyl Roll ini tidak berbulu, hanya saja mempunyai motif atau corak yang akan membuat anda tergoda untuk mengaplikasikannya pada tempat hunian anda.

Baca Tentang : Harga Lantai Vinyl

2. Lantai Vinyl Jenis Tile

Vinyl Tile

Vinyl Tile bentuknya menyerupai keramik, Vinyl Tile ini juga tidak menggunakan nat. Pemasangannya hanya dengan menggunakan lem perekat khusus yang mampu membuat sambungan antara satu persegi dengan yang lainnya hampir tidak kelihatan.

Jika anda tidak bisa memasangnya sendiri anda bisa memakai jasa pasang Profesional untuk melakukan pemasangan Lantai Vinyl Tile ini.

3. Lantai Vinyl Jenis Plank

Vinyl Plank

Lantai Vinyl Plank ini adalah jenis yang paling laku di pasaran, tersedia dalam bentuk lembaran atau persegi panjang. Vinyl Plank menyediakan dua jenis permukaan , yaitu embossed dan non embossed.

Permukaan embossed adalah jenis permukaan vinyl yang bertekstur seperti serat kayu sungguhan yang menjaga agar lantai vinyl tidak licin. Sedangkan Permukaan non embossed adalah jenis permukaan vinyl yang halus dan licin untuk memudahkan saat lantai dibersihkan.

4. Lantai Vinyl Jenis Click

Vinyl Click

Vinyl Click ini dilengkapi dengan rell pada setiap lembarnya dengan adanya itu maka akan sangat mudah untuk memasangnya karena tidak perlu menggunakan lem pemasangannya . jadinya hasilnya pun akan nampak sempurna karena sambungan tidak akan terlihat.

Dari jenis vinyl di atas anda bisa menentukan vinyl mana yang paling tepat untuk anda dan tergantung selera anda yang menginginkan tampilan suatu ruangan seperti apa.

Alangkah baiknya apabila anda memakai Lantai Kayu Parquet sebagai penutup lantai anda karena dengan menggunakan lantai kayu solid rumah anda akan nampak terlihat lebih elegan dan juga estetik tentunya.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis lantai vinyl, mari kita ke pembahasan selanjutnya mengenai keunggulan dan kekurangan lantai vinyl. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya dibawah ini

Keunggulan Lantai Vinyl

1. Kuat dan Tahan Lama

lantai vinyl tahan lama

Meski vinyl merupakan jenis lantai sintetis, namun bukan berarti ia tidak memiliki tingkat kekuatan yang mumpuni. Buktinya, lantai vinyl ini tergolong kuat dan tahan lama lho. Nah, karena keunggulan tersebutlah yang membuat vinyl selalu menjadi pilihan utama untuk dijadikan penutup lantai.

Menurut kabar yang beredar, lantai vinyl dapat digunakan dalam jangka waktu berkisar 10 – 20 tahun lamanya. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai vinyl sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca sehingga cocok dipasangkan di area mana saja.

Namun, keunggulan tersebut hanya berlaku pada tipe lantai vinyl SPC premium saja.

2. Menawarkan Harga yang Lebih Bersahabat

lantai vinyl murah

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang lantai kayu solid. Itu sebabnya, mengapa lantai vinyl menjadi pilihan yang paling tepat untuk menggantikan lantai kayu solid. Dengan harga yang jauh lebih murah, namun penggunaan lantai vinyl tersebut dapat menghadirkan nuansa elegan dan kemewahan pada hunian anda lho.

3. Menyediakan Motif dan Warna yang Sangat Bervariasi

motif dan warna lantai vinyl

Inilah yang menjadi alasan mengapa lantai vinyl cocok diaplikasikan pada semua jenis bangunan maupun semua ruangan. Ya, terang saja demikian, sebab lantai vinyl menghadirkan motif dan warna yang sangat bervariasi, sehingga bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan rumah.

Misalkan untuk lantai vinyl dengan motif kayu yang dapat menghadirkan nuansa natural, elegan, nyaman, dan hangat pada sebuah hunian. Atau, anda ingin mendapatkan nuansa yang lebih unik dan menarik? maka anda bisa memilih lantai vinyl yang bermotif bebatuan dan pecahan kaca.

4. Tahan Terhadap Goresan

lantai vinyl tahan goresan

Selain tahan terhadap perubahan cuaca, ternyata lantai vinyl juga tahan terhadap goresan lho. Terlebih untuk jenis lantai vinyl SPC, karena ia memang sudah diberi lapisan yang akan melindungi permukaannya dari goresan perabotan. Dengan begitu, lantai vinyl akan terhindar dari kerusakan sehingga daya pakainnya bisa menjadi lebih lama lagi.

5. Tahan Noda dan Mudah Dibersikan

lantai vinyl mudah dibersihkan

Lantai vinyl memiliki sifat yang tidak menyerap noda bekas tumpahan minuman maupun makanan, sehingga membuatnya mudah dibersihkan. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai vinyl sudah terbukti tidak menyerap noda cat air.

6. Tekstur Permukaan yang Tidak Licin

lantai vinyl tidak licin

Dikarenakan lantai vinyl tidak memiliki serat, tentu saja tekstur permukaannya menjadi terasa kesat dan tidak licin. Tentu saja hal tersebut sangat membantu dalam meminimalisir risiko bahaya terpeleset. Jika pun terjatuh, anda tidak akan terlalu merasa sakit. Mengapa demikian?

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai vinyl yang fleksibel dan lentur sehingga teksturnya lebih empuk. Berbeda dengan jenis lantai keramik, yang mana ia kerap terasa licin saat terkena air.

7. Proses Pemasangan yang Sangat Mudah

lantai vinyl mudah dipasang

Keunggulan berikutnya dari lantai vinyl yang harus anda ketahui, yakni proses pemasangan yang tergolong mudah. Saking mudahnya, anda tidak perlu menyewa jasa profesional. Secara otomatis, hal tersebut akan membuat pengeluaran menjadi lebih hemat lagi bukan?

Mengenai pemasangannya, anda hanya tinggal menempelkannya saja pada area-area lantai yang hendak dipasangi lantai vinyl. Ketika pemasangan lantai vinyl dirasa terlalu panjang, anda pun bisa memotongnya dengan mudah menggunakan cutter atau pisau.

Kekurangan Lantai Vinyl

1. Kurang Bagus Untuk Kesehatan

Dibalik beragam keunggulannya, ternyata lantai vinyl memiliki salah satu kurangan yang cukup fatal lho! Menurut kabar yang beredar, lantai vinyl memiliki zat VOC (Votatile Organic Compounds) yang bersifat racun saat lepas ke udara. Tentu saja hal tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan, terlebih untu saluran pernafasan anda.

Maka dari itu, penggunaan lantai kayu parket menjadi pilihan paling tepat karena dinilai jauh lebih aman ketimbang lantai vinyl.

2. Tidak Seindah dan Sekuat Lantai Kayu Parket

Selain tidak bersahabat untuk kesehatan, lantai vinyl juga tidak seindah dan sekuat lantai kayu parket.

Nah, itulah beragam keunggulan dan kekurangan dari lantai vinyl, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.


Baca Juga Tentang: Harga Lantai Parquet

1 komentar untuk “Ayo Ketahui Jenis Jenis Lantai Vinyl | Terpopuler 2021”

  1. Pingback: Harga Flooring Kayu Jati Ukuran Jumbo Grade B | | Kios Parquet Jakarta

Komentar ditutup.

Scroll to Top