jenis lantai terbaik untuk rumah

Rekomendasi Jenis Lantai Terbaik Untuk Rumah

Lantai merupakan salah satu bagian dari struktur rumah, yang mana fungsi utamanya untuk memberikan kenyamanan pada tumpuan kaki saat berpijak serta sebagai tempat meletakkan barang-barang di rumah.

Seiring dengan perkembangan desain interior dan peralatan bangunan yang semakin canggih, kini lantai bukan hanya sekedar struktur saja melainkan juga sudah menjadi style pada sebuah hunian. Hal itu bisa dilihat, dimana penggunaan lantai dapat memperindah tampilan rumah kita.

Meski demikian, pemilihan material untuk sebuah hunian itu bukanlah perkara yang mudah lho. Pasalnya, ada banyak sekali jenis material lantai yang tersedia di pasaran. Tentu saja setiap material lantai tersebut memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari bentuk, tingkat keindahan, tingkat kekuatan, hingga harga.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan jenis-jenis lantai terbaik untuk rumah. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Jenis Material Lantai Terbaik Untuk Rumah

1. Lantai Kayu Solid

Lantai kayu alias parket dapat menghadirkan nuansa mewah, elegan, dan natural pada sebuah hunian. Ada banyak sekali jenis lantai kayu solid yang tersedia dipasaran. Namun, lantai kayu jati dan lantai kayu merbau inilah yang paling laris ketimbang produk parket lainnya.

  • Lantai Kayu Solid Jati
Lantai Kayu Solid Jati

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kualitas kayu jati ini merupakan yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Kualitas kayu jati meliputi berbagai aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Dengan demikian, maka tak heran juga jika harga lantai kayu jati lebih mahal dibanding parket kayu lainnya. Meski mahal, namun penggunaan lantai kayu jati ini akan memberikan tingkat kepuasan yang maksimal bagi si penghuninya. 

Namun, produk lantai kayu jati terbagi lagi kedalam kelas yang berbeda yaitu grade A, grade B, dan grade C. Tentu saja masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. 

Untuk yang penasaran dengan informasi lengkapnya, silahkan kunjungi -> Review Kelengkapan Daftar Harga Produk Parket Jati Terbaru

  • Lantai Kayu Solid Merbau
Lantai Kayu Solid Merbau

Untuk anda yang budgetnya tidak bisa menjangkau harga parket solid jati, maka parket merbau ini merupakan alternatif terbaiknya. Sebab, harga parket solid merbau dengan parket jati yang grade C saja masih lebih murah merbau. 

Meski murah, bukan berarti juga kualitas parket solid merbau ini murahan! Soal kualitasnya, kayu merbau memiliki tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II. Tak cuma itu, parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Lantai kayu merbau tampil dengan warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus. Hasilnya, penggunaan lantai kayu solid merbau ini akan menonjolkan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian.

Artikel Terkait : Kelengkapan Daftar Harga Parket Merbau

2. Lantai kayu Sintetis

Dari segi tampilan, lantai kayu sintetis ini memang tampak seperti lantai kayu solid. Namun dari segi material, maka anda akan mengetahui perbedaan yang cukup jelas antara lantai kayu solid dengan lantai kayu sintetis tersebut.

Sehingga tak heran, jika harga lantai kayu sintetis lebih murah dari lantai kayu solid. Adapun mengenai jenis-jenis lantai kayu sintetis yang paling banyak peminatnya seperti berikut :

  • Lantai Vinyl
Lantai Vinyl

Vinyl merupakan material lantai sintetis yang berbahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis dan mudah dipasang. Ada beragam varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif bebatuan, keramik, granit, hingga motif kayu.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Nah, karena hal itulah yang membuat lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid.

Produk Terkait -> Jenis-jenis Lantai Vinyl Terpopuler

  • Lantai Laminate
Lantai Laminate

Parket laminate terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin. Biasanya ia memilki ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Baca Selengkapnya -> Mengenal Lainate Flooring

  • Lantai SPC
Lantai SPC

Belakangan ini lantai SPC kian diminati oleh berbagai kalangan konsumen, karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk lantai kayu sintetis lainnya.

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Sehingga tak heran, jika kualitas lantai SPC jauh lebih bagus ketimbang lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, dimana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

Untuk informasi lebih lengkapnya lagi, silahkan hubungi marketing kami di nomor 0821 2042 004

3. Lantai Marmer

Lantai Marmer

Bagi anda yang ingin tampilan rumahnya terlihat lebih mewah, maka penggunaan lantai marmer ini merupakan pilihan paling tepat. Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan lantai marmer memiliki kilauan bening yang akan menghadirkan nuansa mewah dan elegan.

Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Pasalnya, mengingat ketersediaan bahan bakunya yang terbatas.

Selain menghadirkan nuansa mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama lho. Namun, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kamu ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar.

Itu artinya, lantai marmer membutuhkan perawatan yang ekstra. Mengapa demikian? Sebab, lantai marmer memiliki sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

4. Lantai Granit

Lantai Granit

Tak berbeda jauh lantai marmer, yang mana granit juga termasuk kedalam golongan material lantai kelas atas. Hal itu bisa dilihat pada tampilan lantai marmer yang menciptakan kilauan bening seperti Kristal.

Sehingga tak heran, jika lantai granit kerap diaplikasikan pada bangunan-bangunan mewah, seperti hotel bintang 5, restoran & café, dan lain sebagainya. Namun, pori-pori pada lantai granit lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran.

Penggunaan lantai granit tentunya dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir granit buatan yang menyuguhkan beragam motif dengan harga lebih murah.

5. Lantai Keramik

lantai keramik

Jenis lantai terbaik berikutnya yang direkomendasikan bagi anda, yakni berupa lantai keramik. Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan jenis material lantai yang satu ini bukan? Ya, terang saja demikian, sebab kebanyakan rumah-rumah di Indonesia memang menggunakan bahan keramik sebagai penutup lantainya.

Lantai keramik memiliki fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah, termasuk ruang tamu.

Tak hanya kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dirawat. Tak cuma itu, harga lantai keramik pun relatif murah ketimbang jenis-jenis material lantai lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, lantai keramik menghadirkan berbagai macam warna, motif, dan ukuran sehingga bisa kita pilih sesuai dengan konsep hunian rumah.

Nah, itulah beberapa jenis lantai terbaik yang direkomendasikan untuk rumah, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

Scroll to Top