jenis-jenis kayu tempel

Lagi Nyari Jenis Lantai Kayu Tempel yang Bagus? Ini Dia Rekomendasinya

Tingkat kenyamanan serta keindahan dalam sebuah hunian itu tidak selalu diukur dari seberapa megah dan mewahnya rumah tersebut. Ya, percuma saja memiliki rumah yang megah dan mewah, namun dekorasi interiornya tidak ditata dengan baik.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi tingkat keindahan interior rumah, mulai dari pemilihan furniture, warna cat dinding, penggunaan aksesoris, hingga jenis lantai yang digunakan. Terlebih untuk penggunaan lantai yang memang tidak bisa dipisahkan dalam dunia konstruksi.

Disamping fungsinya yang dapat memberikan rasa nyaman pada pijakan kaki, keberadaan lantai juga tentunya akan memperindah tampilan rumah. Terdapat banyak sekali jenis-jenis material lantai yang tersedia di pasaran.

Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas seputar jenis-jenis lantai kayu tempel saja. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Lantai kayu Tempel…??

Untuk mendapatkan sebuah hunian yang indah dan nyaman dengan mudah, maka penggunaan lantai kayu tempel ini adalah jawabannya. Bagaimana tidak, sebab proses pemasangan lantai kayu tempel ini terbilang cukup mudah lho.

Belum lagi harga yang ditawarkannya relatif terjangkau, sehingga tak heran jika lantai kayu tempel mulai banyak diminati. Dengan menggunakan lantai kayu tempel tersebut, pastinya tampilan rumah anda akan terkesan lebih elegan, mewah, natural, dan nyaman.

Namun, lantai kayu tempel itu sendiri terbagi lagi kedalam beberapa jenis yang tentu saja masing-masing jenisnya memiliki ciri khas berbeda.

Adapun mengenai jenis-jenis lantai kayu tempel terbaik yang akan dibahas seperti berikut :

Jenis-jenis Lantai Kayu Tempel Terbaik

1. Lantai Kayu Laminasi (Laminated Flooring)

Jenis-jenis Lantai Kayu Tempel Terbaik - lantai laminated

Salah satu ciri khas dari lantai kayu laminated (lantai laminasi) yang tidak dimiliki oleh jenis lantai kayu tempel lainnya, yaitu terdapat double click system yang terdapat pada lidah penguncinya. Dengan begitu, proses pemasangan lantai kayu laminated akan menjadi lebih mudah dipasang karena tidak membutuhkan media perekat seperti lem.

Dari segi materialnya, lantai kayu laminated ini terbuat dari bahan serbuk kayu HDF yang diolah sedemikian rupa hingga berbentuk lembaran-lembaran parket dengan ukuran lebar, panjang, dan tipis. Umumnya ukuran lantai kayu laminated tersebut sekitar 9,8 x 19,5 x 121,5 cm per pcs.

Cara Memasang Lantai Kayu Laminated

  • Terdapat beberapa bahan-bahan yang harus anda persiapkan, seperti polyfoam under layer dan laminated flooring. Untuk langkah-langkah pemasangannya seperti dibawah ini :
  • Pertama-tama tutupi semua permukaan lantai dengan meggunakan polyfoam under layer yang hendak dipasang lantai kayu laminated
  • Setelah itu, susunlah lantai laminated tersebut diatas polyfoam tadi dengan memanfaatkan system double click pada bagian lidah penguncinya
  • Jika sudah demikian, potong sisi samping laminated apabila dirasa sudah mentok dibagian pojok ruangan
  • Pada proses selanjutnya, anda hanya tinggal memasangnya terus sampai semua bagian lantai tertutupi oleh lantai kayu laminated.

Baca juga : Perbedaan Parket Flooring dan Laminated Flooring

2. Lantai Vinyl Motif Kayu

Jenis-jenis Lantai Kayu Tempel Terbaik - lantai vinyl motif kayu

Sekilas memang tidak ada yang berbeda antara lantai vinyl dengan lantai laminated maupun parket solid. Pasalnya, motif lantai vinyl ini dibuat serupa dengan lantai kayu asli.

Lain halnya dengan laminated, yang mana material pada lantai vinyl ini terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride). Itu sebabnya, mengapa tekstur pada lantai vinyl tampak lebih lentur dan elastis. Sehingga tak heran, jika kualias lantai vinyl ini berada dibawah lantai kayu laminated maupun lantai parket solid.

Tentu saja hal terebut juga berpengaruh terhadap harga jualnya, dimana harga lantai vinyl memang yang paling murah jika dibandingkan dengan lantai kayu laminated dan parket solid. Bahkan, dari sisi pemasangannya pun lantai vinyl ini lebih simpel dan mudah.

Cara Memasang Lantai Vinyl

  • Sebelum menggunakan lantai vinyl, pastikan dulu bahwa permukaan lantai rumah anda itu rata. Sebab, lantai vinyl akan mengikuti bentuk pada permukaan dasar lantainya
  • Jika sudah demikian, beri lem secukupnya pada area lantai yang hendak dipasangi lantai vinyl motif kayu
  • Pemberian lem tersebut harus dilakukan secara bertahap. Dengan kata lain, silahkan beri lem dulu kemudian pasang lantai vinyl, kemudian beri lem lagi pada area berikutnya dan pasang lantai vinyl. Ulangi cara tersebut ke area berikutnya sampai selesai
  • Setelah itu, anda hanya tinggal menempelkan dan memasang lantai vinyl pada semua ruangan rumah.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl Motif Kayu

3. Lantai SPC

Jenis-jenis Lantai Kayu Tempel Terbaik - lantai SPC

Istilah SPC adalah singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Hasilnya, kualitas lantai SPC jauh lebih bagus ketimbang lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, yang mana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

Lantai SPC ini pun dapat anda aplikasikan di hampir semua ruangan, seperti ruang tengah, kamar tidur, dapur, dan lain sebagainya.

Cara Memasang Lantai SPC

Dari segi pemasangan, lantai SPC ini memang tidak berbeda jauh dengan proses pemasangan pada lantai laminated dan lantai vinyl.

4. Lantai Kayu Solid Coating

Jenis-jenis Lantai Kayu Tempel Terbaik - lantai kayu solid coating

Jenis lantai kayu tempel berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama lantai kayu solid coating. Ya, sesuai dengan namanya, dimana lantai kayu solid ini terbuat dari bahan kayu asli sehingga tingkat kekuatannya pun jauh lebih bagus dari jenis lantai laminated maupun lantai vinyl.

Tak hanya unggul dari tingkat kekuatannya saja, bahkan lantai kayu solid coating juga unggul dari tingkat keindahannya lho. Dengan menggunakan lantai kayu solid coating, maka jangan heran jika rumah anda akan memiliki nilai estetika tinggi.

Adapun mengenai jenis-jenis kayu yang digunakan sebagai bahan bakunya, seperti kayu jati, kayu merbau, kayu kumea, kayu ulin, dan lain sebagainya.

Produk-produk Terkait :

Review Daftar Harga Lantai Kayu Jati Terbaru

Harga Lantai Kayu Merbau Terbaru

Cara Memasang Lantai Kayu Solid Coating

  • Pertama-tama, silahkan lakukan proses coating awal pada lantai kayunya sampai selesai
  • Setelah itu tunggu sampai kering (biasanya akan memakan wantu 1 minggu / tergantung dari seberapa banyak lantai kayu yang digunakan)
  • Kemudian tutupi seluruh dasar permukaan lantai yang hendak dipasangi parket solid dengan menggunakan polyfoam
  • Susunlah lantai kayu solid coating diatas polyfoam tadi
  • Beri lem kayu pada beberapa bagian penting
  • Apabila dirasa sudah mentok pada pojok ruangan, potonglah bagian samping lantai kayu coating tersebut
  • Jika sudah demikian, lakukan cara seperti tadi sampai menutupi seluruh bagian dasar permukaan lantainya.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?

Nah, itulah beberapa jenis lantai kayu tempel terbaik yang direkomendasikan, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Untuk info pemesanan, silahkan hubungi nomor marketing yang sudah tertera di atas website ini.

Scroll to Top