cara memasang lantai kayu

Cara Memasang Lantai Kayu

Membahas tentang Tata Cara Memasang Lantai Kayu merupakan hal yang memerlukan perhatian khusus dalam menyampaikan informasi secara detail, agar tahap demi tahap tentang Tata caranya bisa di fahami secara jelas oleh pembaca.

Namun sebelum membahas lebih lanjut, Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui bahwa, dari sekian benyak jenis produk lantai kayu, masing-masing memiliki tata cara pemasangannya yang berbeda-beda.

Beda produk beda pula tata cara pemasangannya, maka dari itu penting bagi Anda untuk menentukan produk lantai kayu jenis apa saja yang ingin anda pasang:

Ragam Produk Lantai Kayu

Parket Kayu Solid Unfinish

Parket kayu solid Merbau Unfinish

Parket Kayu Solid Unfinish adalah salah satu jenis produk dari kayu berupa potongan-potongan kecil yang rata-rata memiliki ukuran khusus antara lain: Tebal 1,2cm, Lebar 5cm dan Panjang mulai dari 20cm hingga 30cm dengan interval 5cm.

Disebut Unfinish karena produk ini dipasang dalam keadaan mentah atau baru keluar dari mesin moulding kemudian langsung dipasang, dan akan di finish atau coating setelah terpasang.

Jenis kayu untuk produk Parket dominannya di produksi dari jenis kayu jati, dan alternatif lainnya ada yang dari jenis kayu Merbau, ada juga dari jenis Kayu Bengkirai.

Lantai Kayu Solid Flooring Unfinish

Lantai Kayu Solid Flooring Unfinish adalah salah satu produk Lantai Kayu berbentuk potongan-potongan yang ukurannya lebih besar daripada Produk parket. Ukuran standar flooring adalah: Tebal 1,5cm x Lebar 9cm, dan memiliki ukuran panjang yang Random mulai dari 30cm hingga 100cm.

Untuk jenis Flooring Unfinish ini juga sama cara pemasangannya dalam keadaan kayu mentah dan di finish atau di coating setelah terpasang di site.

Untuk jenis kayunya sendiri jenis Flooring ini banyak di produksi dari jenis kayu jati dan kayu Merbau, meskipun ada jenis kayu lain seperti bengkirai atau kayu kempas namun kontinuitesnya hanya sedikit, karena selain kayu jati dan kayu merbau, kualitas kayu untuk dibuat lantai kurang baik

Lantai Kayu Solid Flooring Finish Fabrik

Lantai Kayu Solid Flooring Finish Fabrik adalah salah satu produk Flooring kayu yang ukurannya sama dengan Solid Flooring Unfinish yaitu: Tebal 1,5cm x Lebar 9cm dan Panjang Random mulai dari 30cm hingga 120cm, yang membedakan adalah dari sisi finish atau coatingnya yang mana produk ini dijual dalam keadaan sudah di finish dari fabrik.

Lantai Kayu Solid Flooring Finish Fabrik

Untuk jenis kayunya sendiri, produk ini selain dari jenis kayu jati dan kayu merbau lebih banyak lagi varian jenis kayu yang digunakan karena mengandalkan kualitas finishing dan pewarnaan cara fabrikasi, jadi ketika produk diaplikasikan di site tidak perlu lagi melewati proses finishing

Lantai Kayu Decking

Lantai Kayu Decking adalah salah satu produk penutup lantai dari kayu yang khusus untuk diaplikasikan di area outdoor atau luar ruang yang mana areanya tidak terlindungi dari sinar UV maupun hujan.

Untuk ukurannya sendiri Lantai Kayu Decking ini memiliki porsinya tersendiri guna menyesuaikan kestabilan kayu dan ketahanan, Ukuran rata-rata dari decking kayu ini adalah: Tebal 1,9cm x Lebar 9cm dan panjangnya mulai dari 180cm hingga 380cm

lantai kayu decking bengkirai

Jenis kayu yang paling banyak digunakan untuk produk decking ini antara lain: Kayu Ulin, Kayu Bengkirai, Kayu Merbau dan Kayu Keruing.

Lantai Kayu Laminate Flooring

Lantai Kayu Laminate Flooring

Dari segi materialnya, lantai kayu atau parket laminate terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin. Pada umumnya, lantai laminate memiliki ketebalan sekitar 8 mm sampai 12 mm.

Adapun ukuran panjangnya yang mencapai sekitar 1,28 meter hingga 1,3 meter. Lantai laminate terdiri dari empat lapisan material berbeda yang diantaranya adalah :

  • Pada bagian paling bawahnya berupa lapisan pelindung berbahan melamin yang berguna untuk melindungi kayu dari kelembapan.
  • Untuk bagian atasnya terdapat bahan utama yang disebut High Density Fiber (HDF)
  • Pada bagian atasnya lagi terdapat material dekoratif bermotif kayu sehingga tampilannya menyerupai kayu asli
  • Untuk bagian paling atas terdapat lapisan film transparan yang berguna sebagai pelindung anti gores dan anti air.

Bukan hanya itu, lantai laminate juga sudah dibekali dengan system klik (interlock) pada bagian kanan dan kirinya sehingga membuat proses pemasangannya menjadi lebih mudah.

Terdapat beberapa merk lantai laminate terbaik yang paling banyak diminati, seperti Kendo, Golden Crwon, dan SFC Floor.

Dan terakhir adalah Lantai Kayu Vinyl

lantai kayu vinyl

Vinyl merupakan material penutup lantai yang memiliki tekstur fleksibel dan elastis namun masih tetap kuat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena materialnya terbuat dari poly vinyl chloride (PVC) yang dicampur dengan bahan-bahan kimia lainnya.

Adapun mengenai tiga lapisan utama yang dimilikinya seperti compact layer, glass fiber, dan printed layer. Sementara bagian finishing terluarnya berupa UV Coated Wear layer, sehingga tampilannya tampak lebih mengkilap dan terkesan licin.

Keunggulan dari lantai kayu vinyl ini adalah tahan terhadap serangan rayap dan kelembapan. Itu sebabnya, mengapa Lantai kayu vinyl bisa diaplikasikan pada hampir semua ruangan, dan cara pemasangannya pun sangat mudah dan cepat.

Cara Memasang Lantai Kayu

Lanjut ke pembahasan Cara Memasang Lantai Kayu.

Macam-macam jenis Lantai Kayu yang sudah diterangkan di atas, memiliki tata cara pemasangan yang berbeda-beda yang tentunya di sesuaikan dengan bahan dasar dari masing-masing produk.

Dalam posting ini kami akan membahas bagaimana cara memasang lantai kayu jenis Parket Kayu Solid Unfinish, sementara untuk mengetahui cara memasang lantai kayu jenis lainnya anda bisa mengunjungi cara memasang masing-masing produk melalui Link berikut:

  • Cara Memasang Lantai Kayu Solid Flooring Unfinish
  • Cara Memasang Lantai Kayu Solid Flooring Finish Fabrik
  • Cara Memasang Decking Kayu
  • Cara Memasang Lantai Kayu Laminate Flooring
  • Cara Memasang Lantai Kayu Vinyl

Cara Memasang Lantai Kayu Parket Solid Unfinish

Sebagaimana sudah diterangkan diatas bahwa Parket Kayu Solid Unfinish adalah salah satu jenis produk kayu berbentuk potongan-potongan kecil yang memiliki standar ukuran antara lain: 1,2x5x20cm, 1,2x5x25cm, dan 1,2x5x30cm.

Produk Parket Kayu Solid Unfinish ini dipasang dalam keadaan mentah dan difinsh atau di coating setelah terpasang

Berikut Tahapan Cara Pemasangannya

Parket Kayu Solid umumnya di aplikasikan atau dipasang pada lantai yang sudah di Plester dan sudah di Aci halus dan juga rata, atau juga bila perlu di tutupi dengan multiplek terlebih dahulu sebelum dipasang dengan ketebalan minimal 15mm.

Peralatan Yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum memulai pemasangan, persiapkan dulu beberapa peralatan penting yang diperlukan antara lain:

  1. Meteran.
  2. Palu besi & Palu karet.
  3. Gergaji.
  4. Siku.
  5. Penggaris.
  6. Benang.
  7. Pensil.
  8. Kuas.
  9. Mesin Amplas Roll.
  10. Serut.
  11. Tatah & Pahat.

Bahan-bahan Yang Perlu Di Persiapkan

  • Persiapkan Produk lantai kayu Parket sesuai dengan kebutuhan ruangan
  • Tambahkan kuantity produk parket sebanyak 10% dari total kebutuhan guna mengantisipasi waste yang akan terbuang
  • Lem putih khusus parket sesuai kebutuhan (Standarnya 1kg untuk 3 meter persegi)
  • Sekrap/Kape

Persiapkan bahan finishing antara lain:

  • Ampelas Roll mulai nomor: 80, 120, 360 hingga 400
  • Amplas Lembaran mulai nomor: 80, 120, 360 hingga 400
  • Dempul (Wood Filler Impra)
  • Sanding Sealer (Utamakan yang 2 komponen)
  • Thiner (Pengencer bahan finishing)
  • Dan Top Clear dari produk Propan

Cek Kondisi Lantai Yang Akan Dipasang

Hal-hal yang perlu perhatikan sebelum memulai pemasangan parket antara lain:
  • Cek kekeringan acian, Acian harus benar-benar sudah kering dan sudah tidak mengeluarkan keringat sebelum memulai pemasangan.
  • Cek level ketinggian lantai, sesuaikan level ketinggian kusen pintu dengan ketebalan parket, jangan sampai pemasangan parket mengganggu kelancaran tutup buka pintu.
  • Kosongkan ruangan yang akan dipasang parket dari berbagai item atau barang yang mungkin menghalangi kelancaran pemasangan.
Selanjutnya mulailah mengerjakan pemasangan lantai kayu.

Pertama-tama, bentangkan benang dari bagian tengah ruangan, Ambil salah satu sisi ruangan ke sisi lainnya sebagai patokan pertama agar pemasangan parket lurus dan tidak bengkok-bengkok

Selanjutnya permukaan lantai yang hendak di pasang Parket di lumuri lem kayu secukupnya. Kemudian di susunlah Parket satu persatu diawali dari bagian tengah ruangan yang sudah dibentangkan benang.

Selanjutnya pasang parket hingga memenuhi semua ruangan termasuk bagian pinggiran

Setelah pemasangan selesai, meju ke tahap berikutnya yaitu pengampelasan.

Pengampelasan harus dikerjakan dengan menggunakan Roll Sande (mesin khusus untuk meratakan permukaan Parket).

Pengampelasan ini dilakukan dengan beberapa kali hingga benar-benar rata, menggunakan Amplas mulai dari nomor 80 kemudian ganti dengan yang lebih halus yaitu nomor 120, kemudian ganti lagi dengan yang lebih halus lagi, dan begitu seterusnya sampai lantai parket benar-benar rata

Tahap selanjutnya yaitu pekerjaan finishing

Pengerjaan finishing ini dilakukan beberapa tahap mulai dari sanding sealer, kemudian tunggu kering selama sehari, setelah kering kemudian di ampas lagi dengan menggunakan amplas yang halus, dan terakhir adalah coating yang mana pengerjaan coating ini bisa di lakukan dengan spray, atau bisa juga dengan Roll khusus.

Setelah selesai semuanya maka selesailah tahapan pengerjaan lantai kayu parket mulai dari awal pemasangan hingga finishing

Dan inilah contoh hasil terpasang dan finishing produk lantai kayu parket solid unfinish

Dan jika lantainya sudah di pasang keramik, maka parket bisa langsung dipasang diatas keramik, namun sedikit berbeda cara pemasangan diatas acian dan cara memasang diatas keramik. Baca: Cara Memasang Lantai Kayu Diatas Keramik

Scroll to Top