dekorasi ruang keluarga

Ide Dekorasi Ruang Keluarga yang Wajib Dicoba

Tentunya kita semua sudah sering mendengar peribahasa, “Rumahku Istanaku“ bukan? Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa rumah merupakan tempat yang paling nyaman di dunia. Seiring dengan berjalannya waktu, kini sebuah hunian terdiri dari berbagai ruangan.

Mulai dari halaman, ruang tamu, ruang keluarga, ruang belajar, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan lain sebagainya. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa ruang keluarga menjadi salah satu tempat ternyaman untuk bersantai bersama keluarga tercinta.

Dengan adanya ruang keluarga tersebut, tentu saja hubungan kita bersama anggota keluarga akan lebih dekat satu sama lainnya. Adapun mengenai berbagai aktivitas yang dapat kita lakukan di dalam ruang keluarga, mulai dari menonton, bercengkrama, bermain game, dan lain sebagainya.

Nah, berikut di bawah ini ada ide dekorasi ruang keluarga yang bisa anda coba

Referensi Dekorasi Ruang Keluarga

1. Ruang Keluarga Bergaya Glamour

dekorasi ruang keluarga bergaya glamour

Perlu anda ketahui, bahwa sebuah hunian yang mewah itu tidak harus selalu pada rumah-rumah yang berukuran besar.

Dalam hal ini anda bisa memadukan banyak elemen seperti meja sandaran berbentuk segi delapan di hadapan sofa, yang fungsinya sebagai pijakan kaki, untuk melakukan pekerjaan rumah, sebagai meja makan, dan lain sebagainya.

Terlebih jika anda menggunakan jenis material lantai tertentu, seperti lantai granit, lantai marmer, hingga lantai kayu. Dengan menggunakan material lantai tersebut, tentunya ruang keluarga tampak terlihat lebih mewah dan glamour.

2. Desain Ruang keluarga Bergaya Cozy & Colorful

dekorasi ruang keluarga bergaya cozy & colorful

Untuk anda yang sudah bosan dengan nuansa-nuansa formal, maka desain yang satu ini wajib dicoba. Hal itu bukan tanpa alasan, karena desain cozy & colorful dapat menghadirkan nuansa yang lebih hidup dan ceria.

Itu sebabnya, mengapa desain ruang keluarga tersebut sangat cocok saat musim panas tiba. Ya, terang saja demikian, karena hal itu terdapat sentuhan warna yang mencolok dari sisi furniture maupun sofa yang berwarna mustard, dan bantal dekorasi pada kursi untuk mempertegas kesan ceria serta kenyamanan.

Baca Juga : Rekomendasi Material Lantai Terbaik Untuk Kamar Tidur

3. Ruang Keluarga Bergaya Klasik

dekorasi ruang keluarga bergaya klasik

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih fresh dan tampak luas, anda dapat menggabungkan antara warna merah, cokelat, putih, dan orange yang berpadu dengan warna biru turquoise sebagai hiasan mejanya.

Sementara pada penataan furniture seperti sofa yang berbentuk huruf “U” dengan menghadap ke arah tv, maka sangat ideal diaplikasikan pada ruang keluarga yang berukuran kecil. Dengan demikian, anda pun bisa menonton tv bersama keluarga tercinta dengan tingkat kenyamanan Maksimal.

Bukan Cuma itu, anda juga bisa menambahkan sebuah lukisan yang mempunyai warna serasi dengan ruangan. Guna mempertegas kesan klasik, sebaiknya tambahkan karpet-karpet atau ornamen dengan motif yang klasik juga.

4. Ruang Keluarga Bernuansa Hangat

dekorasi ruang keluarga bernuansa hangat

Bagi anda yang ingin menonjolkan nuansa hangat, mewah, dan elegan pada ruang keluarga, maka penggunaan lantai kayu merupakan pilihan paling tepat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai kayu tampil dengan warna khas serta pola seratnya yang begitu berestetika tinggi.

Tak hanya unggul dari segi tampilan, lantai kayu juga sudah terbukti kuat dan tahan lama. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, penggunaan lantai kayu ini dinilai memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan tubuh lho. Mengapa demikian?

Berdasarkan dari hasil penelitian, lantai kayu memiliki sifat yang dapat menyerap energy panas untuk dialirkan ke dalam ruangan. Alhasil, suhu di dalam ruangan pun akan tetap terasa hangat meski berada di tengah musim dingin.

Dari segi material, lantai kayu ini akan dibedakan lagi menjadi dua tipe berbeda, yakni tipe lantai kayu solid dan tipe lantai kayu sintetis.

Adapun mengenai beberapa tipe lantai kayu solid dengan lantai kayu sintetis yang tersedia di galery kami seperti berikut :

Tipe Lantai Kayu Solid

  • Lantai Kayu Solid Jati
lantai kayu solid jati

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kayu jati memiliki kualitas yang paling bagus diantara jenis kayu lainnya. Ya, kualitas kayu jati mencakup berbagai aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Akan tetapi, tidak tidak semua tipe lantai kayu jati memiliki spesifikasi yang sama. Pasalnya, produk lantai kayu solid jati ini akan dibedakan lagi kedalam kelas yang berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C.

Tentunya masing-masing kualitas yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. Lantas, bagaimana dengan harganya..??

Baca selengkapnya : Review Kelengkapan Daftar Harga Produk Lantai Kayu Jati

  • Lantai Kayu Solid Merbau
lantai kayu solid merbau

Selain lantai kayu jati, lantai kayu solid merbau juga tidak kalah berkualitasnya lho. Untuk tampilan fisiknya, lantai kayu merbau mengusung warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus.

Tentu saja penggunaan lantai kayu solid merbau ini dapat menciptakan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, bahkan parket solid merbau ini sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Untuk urusan harganya, parket solid merbau ini lebih murah dari parket solid jati. Meski murah, bukan berarti juga kualitas parket solid merbau ini murahan!

Artikel terkait : Kelengkapan Daftar Harga Parket Merbau

Tipe Lantai Kayu Sintetis

  • Lantai Vinyl
lantai vinyl motif kayu

Material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis serta mudah dipasang. Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Sehingga tak heran, jika lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid.

Adapun berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, sehingga bisa anda pilih sesuai dengan konsep rumah.

Produk Terkait : Daftar Harga Lantai Vinyl Terbaru

  • Lantai SPC
lantai SPC

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, yang mana materialnya menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu bisa diliat, yang mana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Lebih hebatnya lagi, lantai SPC memiliki sifat 100% anti air.

  • Lantai Laminated
lantai laminated

Tipe lantai kayu sintetis terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa lantai laminated (lantai laminasi). Dari segi materialnya, lantai laminate ini terbuat dari bahan serbuk kayu dengan campuran resin.

Pada umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  Dari segi kekuatan, lantai kayu laminated ini memang tidak sekuat lantai kayu solid.

Baca Selengkapnya : Mengenal Laminatet Flooring

Nah, itulah beberapa ide dekorasi ruang keluarga yang bisa anda coba, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan referensi.

Scroll to Top