cara mendekorasi kamar tidur

Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Akan Membuatmu Semakin Nyaman

Kamar tidur menjadi salah satu ruangan khusus yang memang sifatnya privasi. Kendati demikian, penataan kamar tidur tidaklah semudah yang dibayangkan lho. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ada banyak hal yang harus kita perhatikan dalam penataan kamar tidur.

Mulai dari penempatan furniture, penggunaan wallpaper, pemilihan tempat tidur, warna cat dinding, dan masih banyak lagi. Dengan memiliki sebuah kamar tidur yang berestetika, tentu saja hal tersebut juga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik lagi.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar cara mendekorasi kamar tidur. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Tips Mendekorasi Kamar Tidur

1. Berani Menggabungkan Dua Warna Cat Berbeda

Tips Mendekorasi Kamar Tidur - gabungkan dua warna

Perlu anda ketahui, bahwa pada dasarnya menghias dinding kamar tidur sederhana melalui sentuhan personal membutuhkan dedikasi lebih, terlebih soal waktu. Apabila anda tidak memiliki waktu yang luang untuk menghias kamar tidur, maka pengabungan dua wana cat dinding ini sangat direkomendasikan.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat perpaduan dua warna cat dinding tersebut akan menciptakan nuansa yang lebih menyegarkan dan nyaman. Adapun penggabungan warnanya seperti hitam putih, biru merah, kuning hijau, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Furniture Seperlunya

Tips Mendekorasi Kamar Tidur - gunakan furniture secukupnya

Apakah kamar tidur anda memiliki ukuran sempit? Jika iya, maka anda harus menggunakan aksesoris interior dan furniture secukupnya. Dalam hal ini, anda dapat memaksimalkan area kamar tidur untuk relaksasi tanpa terasa pengap.

Untuk mendapatkannya, coba aplikasikan desain bedhead memanjang sampai menyentuh area endtable agar tempat tidurnya terkesan seamless.

3. Menggunakan Wallpaper dan Karpet

Tips Mendekorasi Kamar Tidur - gunakan wallpaper

Bagi anda yang ingin lebih simple dalam urusan menghias dinding kamar tidur, sebaiknya menggunakan wallpaper bermotif. Tersedia berbagai motif wallpaper yang ada dipasaran, mulai dari motif bunga-bungaan, catur, keramik, kayu-kayuan, dan masih banyak lagi.

Agar kamar tidur anda terkesan lebih dinamis, silahkan tambahkan karpet dengan berbagai motif serta aksen warna pada bantal dan bed runner. Dengan begitu, dekorasinya akan membuat suasana di dalam kamar tidur jauh lebih nyaman dari sebelumnya.

4. Pilih Rak Penyimpanan yang Menyatu Dengan Dinding

Tips Mendekorasi Kamar Tidur - gunakan rak yang menyatu dengan dinding

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa rak penyimpanan yang menempel pada dinding dan ceiling merupakan pilihan paling tepat untuk kamar tidur sederhana. Mengapa demikian? Pasalnya, penggunaan furniture tersebut dinilai lebih efisien untuk penambahan elemen interior esensial lainnya.

Namun, salah satu kekurangan dari rak atas ini cukup sulit dibersihkan. kendati demikian, rak tersebut bisa sekaligus menjadi sebuah pondasi lampu tidur maupun lampu baca.

Agar tidak terkesan kosong, anda bisa menambahkan lukisan warna yang berbeda pada kamar tidur dengan dominasi warna putih. Alhasil, kamar tidur anda akan tampak lebih menonjolkan sensasi kehangatan.

5. Menghadirkan Warna-warna Netral

Tips Mendekorasi Kamar Tidur - hadirkan warna-warna netral

Tak ada salahnya apabila anda mengusung warna-warna netral dalam kamar tidur. Hal itu bukan tanpa alasan, karena warna-warna yang netral ini terkesan lebih lembut dan tidak terlalu mencolok. Bahkan yang lebih menariknya lagi, warna netral di dinding mudah dikombinasikan dengan jenis furniture maupun aksesoris lainnya.

6. Gunakan Lantai Kayu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa penggunaan lantai kayu alias parket kian banyak diminati. Ya, terang saja demikian, sebab kehadiran lantai kayu dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian.

Dengan menggunakan lantai kayu, maka kamar tidur anda akan tampak lebih nyaman, elegan, mewah, dan natural. Menariknya lagi, ternyata penggunaan lantai kayu juga memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan tubuh lho.

Akan tetapi, produk lantai kayu ini akan dibedakan lagi berdasarkan jenis materialnya, yakni lantai kayu solid (asli) dan lantai kayu sintetis. Adapun mengenai jenis-jenis lantai kayu terbaik yang berdasarkan materialnya seperti berikut :

Lantai Kayu Solid

  • Lantai Kayu Solid Jati
Tips Mendekorasi Kamar Tidur - gunakan lantai kayu solid jati

Untuk urusan jenis kayu yang memiliki kualitas tinggi, sudah pasti kayu jati inilah yang menjadi jawabannya. Hal itu bisa dilihat, yang mana kayu jati selalu menjadi primadona untuk berbagai kebutuhan interior, termasuk lantai kayu parket.

Kualitas kayu jati dinilai dari beberapa aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna. Akan tetapi, tidak tidak semua tipe lantai kayu jati memiliki spesifikasi yang sama. Mengapa demikian? 

Sebab produk lantai kayu solid jati ini akan dibedakan lagi kedalam kelas yang berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C.

Pastinya masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas lantai kayu jati tersebut akan berbeda juga. 

Untuk informasi harganya -> Review Kelengkapan Daftar Harga Produk Parket Jati

  • Lantai Kayu Solid Merbau
Tips Mendekorasi Kamar Tidur - gunakan lantai kayu solid merbau

Dilihat dari fisiknya, kayu merbau tampil dengan warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus. Alhasil, kehadiran lantai kayu solid merbau ini dapat menonjolkan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada semua ruangan, termasuk kamar tidur.

Bukan hanya itu, bahkan lantai kayu solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca. Mengenai harganya, parket solid merbau ini lebih murah dari parket solid jati.

Baca selengkapnya -> Daftar Harga Terbaru Produk Parket Merbau

Lantai Kayu Sintetis

  • Lantai Laminated
Tips Mendekorasi Kamar Tidur - gunakan lantai laminated

Dari segi tampilannya, memang tidak ada perbedaan yang cukup menonjol antara lantai laminate dengan jenis lantai kayu solid. Namun, yang membedakan dari ketiganya terdapat pada segi material.

Material lantai laminated terbuat dari bahan serbuk kayu dengan campuran resin. Pada umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Baca Selengkapnya -> Mengenal Laminate Flooring

  • Lantai Vinyl
Tips Mendekorasi Kamar Tidur - gunakan lantai vinyl

Ini dia salah satu produk lantai kayu sintetis yang paling banyak diminati konsumen. Material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis, sehingga membuat proses pemasangan menjadi lebih simple dan mudah.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang lebih murah dari lantai laminated. Itu sebabnya, mengapa lantai vinyl ini selalu menjadi pilihan utama sebagai alternatif pengganti lantai kayu solid. Adapun mengenai berbagai varian motif vinyl, yang tentunya dapat anda pilih sesuai dengan konsep kamar.

Produk Terkait -> Jenis-jenis Lantai Vinyl Terpopuler

  • Lantai SPC
Tips Mendekorasi Kamar Tidur - gunakan lantai spc

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Itu artinya, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu terbukti, yang mana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Lebih hebatnya lagi, lantai SPC memiliki sifat 100% anti air.

Nah, seperti itulah beberapa tips dalam mendekorasi kamar tidur, yang mungkin saja anda tertarik untuk mencobanya?

Scroll to Top