Cara Memperindah Desain Kolam Renang

Ini Cara Mudah Untuk Mempercantik Desain Kolam Renang

Selain sebagai sarana olahraga, berenang juga merupakan salah satu sarana hiburan. Dengan melakukan kegiatan berenang, tentu saja kita akan mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Manfaat yang pertama, yakni dapat melatih kekuatan otot bahu, otot dada, otot perut, dan lain sebagainya. Sedangkan manfaat yang kedua, yakni dapat menghilangkan rasa jenuh agar terhindar dari kondisi stress.

Agar kegiatan berenang lebih nyaman dan menyenangkan, tentu saja kolam renang tersebut harus dibuat seindah mungkin. Ya, ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mempercantik tampilan kolam renang.

Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan membahas seputar cara mempercantik desain kolam renang. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.  

Tips Mempercantik Tampilan Kolam Renang

1. Menggunakan Lampu Under Water

Cara Memperindah Desain Kolam Renang - gunakan lampu under water

Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk mempercantik desain kolam renang, yakni dengan menggunakan lampu under water. Alhasil, penggunaan lampu under water ini akan menciptakan kesan yang lebih eksotis dan romantic pada kolam renang saat malam hari tiba.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena cahaya lampunya yang bersinar di bawah air sehingga suananya tampak lebih santai, nyaman, dan tenang. Dalam hal ini, anda bisa memilih lampu under water dengan warna sesuai selera.

Tak hanya dari segi warna, bentuk dari sorotan lampu tersebut juga tentunya memiliki peranan penting dalam memperindah tampilan kolam renang. Selain lampu di bawah air, perhatikan pula penempatan lampu di area luarnya seperti pinggiran kilam renang.

2. Menambahkan Furniture

Cara Memperindah Desain Kolam Renang - menambahkan furniture

Selain menggunakan lampu under water, anda juga bisa menambahkan furniture untuk menghadirkan kesan santai dan elegan pada kolam renang. Menurut informasi yang didapat, biasanya jenis furniture yang digunakan untuk kolam renang itu adalah jenis sun longer.

Pasalnya, jenis furniture tersebut memang memiliki banyak manfaat dan terlihat lebih serasi dengan kolam renang. Atau, anda juga bisa berkreasi dengan memilih jenis furniture lainnya untuk ditempatkan di pinggiran kolam renang maupun di area-area khusus.

Baca Juga : Tips Mendekorasi Kamar Tidur

3. Gunakan Material Decking yang Tepat

Tips berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mempercantik desain kolam renang, yakni menggunakan material decking yang tepat. Selain dapat memperindah tampilan kolam renang, keberadaan decking ini juga tentunya dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam kegiatan berenang.

Ada banyak sekali jenis decking kolam renang yang bisa anda pilih. Dari deretan material decking tersebut, berikut di bawah ini ada beberapa material decking terbaik yang direkomendasikan untuk anda :

  • Decking Wood (Decking Kayu Solid)
Cara Memperindah Desain Kolam Renang - menggunakan decking kayu

Jenis material decking terbaik pertama yang selalu dipilih untuk di aplikasikan pada samping kolam, yakni yang terbuat dari bahan kayu solid (kyu utuh). Ya terang saja demikian, karena penggunaan decking dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural khas kayu.

Decking yang berbahan kayu solid ini memiliki tekstur permukaan yang lebih kesat, sehingga membuatnya tidak akan licin meski terkena air. Tentu saja hal tersebut akan sangat membantu dalam meminimalisir risiko bahaya terpeleset.

Seandainya terjatuh, anda pun tidak akan terlalu merasakan sakit karena tekstur decking kayu ini terbilang cukup empuk lho. Terdapat beberapa jenis decking kayu terbaik yang paling laris dipasaran seperti berikut.

Untuk kelengkapan informasi seputar decking wood, silahkan kunjungi -> Harga Lantai Kayu Outdoor Untuk Tepian Kolam dan Halaman

  • Decking Concret Wood (Con Wood)
Cara Memperindah Desain Kolam Renang - menggunakan con wood

Material concret wood alias con wood ini terbuat dari bahan semen yang sudah diproses melalui fabrikasi, kemudian dibentuk sedemikian rupa hingga bentuk dan teksturnya menyerupai kayu.

Namun, bukan berarti juga bahwa concret wood ini masih bagian dari jenis decking kayu. Dilihat dari sisi kualitasnya, tentu saja jenis decking kayu jauh lebih bagus daripada decking concret wood.

  • Decking WPC
Cara Memperindah Desain Kolam Renang - menggunakan decking wpc

Seperti halnya jenis decking con wood, yang mana decking WPC merupakan produk decking kayu sintetis. Istilah WPC itu sendiri merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite, dimana materialnya terdiri dari serat kayu berkualitas tinggi dan polimer termoplastik.

Komposisi serat kayu pada decking WPC ini sebanyak 60%, dan sisanya adalah polimer sintetis seperti polyethlene (PE), polypropylene (PP), coupling agents, UV stabilizer, dan pewarna. Pada umumnya, lantai WPC digunakan untuk area luar ruangan.

Mulai dari pinggiran kolam renang, halaman, taman, rooftop, balkon, dan lain sebagainya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai WPC sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca. Tak hanya itu, decking WPC juga tahan terhadap serangan rayap dan anti korosi.

  • Decking Batu Alam
Cara Memperindah Desain Kolam Renang - menggunakan decking batu alam

Material decking batu alam ini terdiri dari batu andesit, batu paras jogja, dan batu basalto. Batu andesit mempunyai karakter dan tekstur permukaan yang cocok diaplikasikan di area basah.

Sedangkan tampilannya mengusung warna abu-abu, sehingga akan menambahkan kesan mewah dan elegan pada kolam renang anda. Adapun mengenai sifat batu paras jogja yang memiliki daya serap tinggi terhadap air.

Saat decking batu alam diberi sentuhan coating yang tepat, maka jangan heran jika tampilan kolam renangmu akan semakin sedap untuk dipandang.

Begitu juga dengan batu basalto, yang merupakan salah satu varian batu alam paling banyak digunakan untuk decking kolam renang. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tampilan batu basalto yang begitu indah dan elegan.

  • Decking Keramik
Cara Memperindah Desain Kolam Renang - menggunakan decking keramik

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini bukan? Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa keramik merupakan salah satu material paling populer di pasaran.

Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan harga keramik adalah yang paling murah diantara material lantai lainnya. Belum lagi keramik hadir kedalam berbagai motif dan ukuran, sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Artikel menarik lainnya : Lantai Vinyl Vs Lantai keramik

Selain diaplikasikan pada lantai, material keramik juga kerap diaplikasikan untuk dinding. Akan tetapi, sebenarnya material keramik ini dinilai kurang cocok untuk dijadikan decking kolam renang. Mengapa demikian? Pasalnya, permukaan keramik akan menjadi lebih licin saat terkena air.

Pastinya hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpeleset. Belum lagi dengan tekstur permukaan keramik yang cukup keras, sehingga dapat membahayakan keselamatan kita saat terjatuh.

  • Decking Exposed Concrete
Cara Memperindah Desain Kolam Renang - menggunakan decking exposed concrete

Jenis decking kolam renang terbaik berikutnya yang akan dibahas, yaitu bernama decking exposed concrete. Material decking yang satu ini merupakan gabungan antara beton polimer dengan batu alam.

Bukan hanya itu, decking exposed juga biasanya akan diberi sentuhan coating yang pas sehingga tampilan teksturnya terkesan lebih unik dan mewah. Adapun mengenai beragam motif dan warna decking exposed concrete yang tersedia, sehingga bisa kamu pilih sesuai selera.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara memperindah desain kolam renang, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

Scroll to Top