cara membuat ruma yang sehat

Begini Cara Membuat Rumah yang Sehat Untuk Keluarga

Memiliki sebuah hunian yang nyaman dan sehat tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Ya, terang saja demikian, sebab rumah merupakan tempat perlindungan terbaik bagi para penghuninya, entah itu dari factor penyakit, perubahan cuaca, hingga hal-hal yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk membuat sebuah hunian yang aman, nyaman, dan sehat. Lantas, bagaimanakah cara membuat rumah yang sehat dan nyaman?

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan tips & trik untuk membuat hunian yang sehat dan nyaman. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

Tips Menciptakan Rumah yang Sehat

1. Hindari Penggunaan Material yang Mengandung Bahan Kimia

cara membuat ruma yang sehat - hindari material yang berbahan kimia

Tips pertama yang bisa anda lakukan dalam menciptakan hunian yang sehat, yakni hindari penggunaan material yang mengandung bahan kimia. Terdapat beberapa jenis material yang dianggap berbahaya untuk kesehatan, seperti penggunaan asbes untuk atap.

Selain itu, penggunaan plafon yang berbahan PVC juga dinilai kurang bagus untuk kesehatan tubuh lho. Untuk mendapatkan hunian yang sehat, sebaiknya anda menggunakan plafon lambersering yang berbahan kayu.

Artikel Terkait : Harga Lumberceiling Plafon Kayu

Masih belum habis, usahakan untuk menghindari cat sintetik dan thinner. Pasalnya, cat sintetik dan thinner memiliki kandungan kimia yang cukup tinggi sehingga tidak bagus untuk kesehatan tubuh, terutama untuk saluran penafasan.

2. Perhatikan Pencahayaan Alami

cara membuat ruma yang sehat - perhatikan pencahayaan alami

Pencahayaan juga merupakan poin penting dalam menciptakan sebuah hunian yang sehat. Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa pencahayaan alami mampu mengurangi tingkat kelembapan berlebihan serta membunuh bakteri di dalam ruangan.

Selain itu, pencahayaan pun memiliki peran penting dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah. Untuk faktor pencahayaan buatan seperti lampu, disarankan bagi anda untuk memilih jenis lampu yang ramah mata.

Akan tetapi, kamar tidur yang terlalu banyak terpapar sinar matahari juga tentunya tidak bagus karena dapat mengganggu istirahat. Sedari itu, anda harus mengatur pencahayaan alami secukup yang sesuai dengan kebutuhan kamar.

3. Hadirkan Sirkulasi Udara dan Ventilasi Terbaik

cara membuat ruma yang sehat -hadirkan ventilasi

Saat anda bernafas, tentu tidak hanya oksigen saja yang akan terhirup, namun juga berbagai partikel kecil dan zat yang mungkin mengkontaminasi udara. Maka dari itu, keberadaan ventilasi merupakan pilihan paling tepat untuk menciptakan sirkulasi udara yang sehat di dalam rumah.

Dalam hal ini, anda harus merancang dengan jumlah bukaan dan ventilasi yang sesuai kebutuhan. Disamping itu, pastikan juga ventilasi di rumah harus bersifat cross ventilatian agar udara di dalam ruangan bisa ber-regenerasi dengan udara yang ada diluar.

Meski dirumah anda sudah terpasang air conditioner (AC), namun sirkulasi udara yang alami jauh lebih bagus untuk kesehatan tubuh. Agar terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung, anda bisa menggunakan tirai atau gorden pada setiap jendela.

4. Gunakan Material Lantai Berbahan Kayu

cara membuat ruma yang sehat - gunakan lantai kayu

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang meyebutkan bahwa lantai kayu memiliki kemampuan untuk mengeluarkan ion negatif dalam ruangan. Bukan hanya itu, lantai kayu juga memiliki kemampuan yang dapat menyerap energy panas, dan kemudian akan dialirkan ke dalam ruangan.

Sehingga, suhu di dalam ruangan akan tetap terasa hangat meski berada di tengah musim dingin. Tentu saja hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit rematik.

Namun, produk lantai kayu ini akan dibedakan lagi berdasarkan materialnya, yakni lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis. Lantas, apa perbedaanya?

Lantai kayu solid terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan apapun. Sedangkan lantai kayu sintetis terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan berbagai bahan kimia lainnya. Dinilai dari tingkat kesehatan, tentu saja lantai kayu solid ini sangat direkomendasikan karena bahannya yang terbuat dari kayu asli.

Tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, penggunaan lantai kayu solid juga tentunya dapat menciptakan nuansa mewah, elegan, dan natural pada sebuah hunian. Ada banyak sekali jenis lantai kayu yang tersedia dipasaran, sehingga bisa anda pilih sesuai selera dan budget.

Untuk informasi harga lantai kayu, silahkan klik : Daftar Harga Lantai Kayu

5. Perhatikan Pengaturan Limbah Dalam Rumah

cara membuat ruma yang sehat - perhatikan pengaturan limbah

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa limbah sampah merupakan salah satu sumber yang bisa menciptakan berbagai penyakit. Maka dari itu, pastikan rumah anda mempunyai pengolahan sampah dan limbah yang baik.

Sebaiknya anda menggunakan septic tank yang sesuai standar dan kebutuhan, sehingga tidak akan mencemari tanah maupun air yang terkandung di dalamnya.  Selain itu, pastikan juga anda mempunyai pemisah antara sampah organik dan sampah anorganik yang dihasilkan dari rumah.

Bahkan, tempat sampah harus selalu dalam keadaan tertutup dan dikosongkan secara berkala. Untuk urusan sampah organik, anda dapat mengolahnya kembali untuk dijadikan pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sebuah barang seperti kerajinan tangan.

6. Harus Ada Sistem Air Bersih

cara membuat ruma yang sehat - harus ada sistem air bersih

Pada dasarnya, kebanyakan air ledeng sudah mengandung krolin. Tapi anda tidak perlu takut, karena kandungan klorin ini sebenarnya bertugas untuk membunuh jamur dan parasite lainnya di dalam air. Namun, penggunaan klorin yang berlebihan bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Maka dari itu, usahakan setiap saluran air bersih di rumah sudah dilengkapi dengan sistem penyaringan yang baik. Adapun mengenai saluran air bersih untuk dikonsumsi, sebaiknya anda menambahkan penyaring air dengan karbon aktif untuk membunuh semua zat-zat yang bersifat racun.

7. Perhatikan Area Taman

cara membuat ruma yang sehat - perhatikan area taman

Penting bagi anda untuk mengoptimalkan rumah sehat dengan memeperhatikan area taman. Ya, salah satunya dengan menempatkan berbagai jenis tanaman hias. Pasalnya, kehadiran tanaman hias tersebut dapat membantu dalam mengontrol sirkulasi udara, temperatur, hingga tingkat kelembapan udara.

Tak hanya secara fisik, bahkan tanaman hias ini dapat memberikan efek relaksasi sehingga akan menghilangkan rasa jenuh. Tentu saja hal tersebut akan berdampak bagus untuk kesehatan mental dan psikologis anda.

Menurut para pakar tanaman, yang menyebutkan bahwa ada beberapa jenis tanaman hias yang bagus untuk kesehatan tubuh. Seperti tanaman lavender yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk, serta dapat memberikan nuansa kesegaran.

Selain bunga lavender, tanaman sanseviera atau lidah mertua juga memiliki kemampuan yang dapat menyerap radiasi dari perangkat eletronik lho. Atau, anda bisa menggunakn tanaman bambu yang berfungsi untuk menyerap karbon dioksida 4 x lebih banyak ketimbang tanaman umumnya.

Bukan hanya bagus untuk kesehatan, keberadaan tanaman hias juga tentunya dapat mempercantik area taman rumah. Nah, agar tampilan taman anda semakin sedap dipandang, maka penggunaan decking merupakan pilihan yang paling tepat.

Artikel terkait : Harga Lantai Kayu Outdoor (Decking) Untuk Halaman

Nah, seperti itulah beberapa tips & trik yang bisa anda lakukan untuk menciptakan rumah yang sehat.

Scroll to Top