cara membersihkan lantai rumah

Begini Cara Mudah Untuk Membersihkan Lantai Rumah

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sebuah hunian itu tidak bisa lepas dari peranan lantai. Ya, terang saja demikian, sebab penggunaan lantai ini dapat memberikan kenyamanan pada pijakan kaki saat kita berjalan diatasnya.

Tak hanya dapat memberikan kenyamanan, keberadaan lantai juga tentunya dapat memperindah tampilan rumah kita.

Ada banyak sekali jenis material penutup lantai yang tersedia dipasaran, dimana masing-masingnya memiliki karakteristik berbeda, mulai dari bentuk, tingkat kekuatan, warna, motif, hingga cara perawatannya.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar cara membersihkan lantai rumah yang berdasarkan jenis materialnya.

Tips Membersihkan Lantai Rumah Sesuai Materialnya

1. Cara Membersihkan Lantai Kayu Parket

cara membersihkan lantai kayu

Lantai kayu atau parket merupakan salah satu jenis penutup lantai yang saat ini banyak diminati. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai kayu memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis material lantai lainnya.

Hal itu terbukti, yang mana lantai kayu dapat menyuguhkan nuansa lebih mewah, elegan, dan natural pada sebuah hunian. Meski terkenal dengan tingkat kekuatannya yang begitu baik, namun bukan berarti juga bahwa lantai kayu tidak membutuhkan perawatan.

Sekuat apapun material kayu, tetap saja ia tidak bisa lepas dari berbagai permasalahan, seperti terjadi pemuaian, penyusutan, berjamur, hingga korosi.

Menurut informasi yang didapat, produk lantai kayu pada umumnya membutuhkan perawatan khusus lho.

Untuk keterangan lebih lanjut lagi seputar cara perawatannya, silahkan klik -> Cara Mudah Merawat Lantai Kayu

2. Cara Membersihkan Lantai Granit

cara membersihkan lantai granit

Selain lantai kayu parket, granit juga merupakan salah satu jenis material penutup lantai yang tidak pernah sepi dari pembeli, berkat tampilan indah yang dimilikinya. Ciri khas dari lantai granit, yakni tampil dengan kilauan indah yang begitu serasi dengan motifnya.

Mengenai cara perawatannya, lantai granit ini tidak berbeda jauh dengan jenis lantai keramik. Ya, anda hanya perlu mengepel dan menyapunya secara rutin. Akan tetapi, cara mengepel pada lantai granit ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Dalam hal ini, pastikan lantai granit dalam keadaan kering setelah di pel dengan cara mengelapnya menggunakan kain yang berbahan micro fiber. Mengapa demikian?

Sebab, jika lantai granit dibiarkan basah dan mengering dengan sendirinya, maka air sisanya bisa menimbulkan noda yang akan sulit dihilangkan. Ketika noda tersebut sudah muncul, tentu saja harus memoles ulang kembali lantai granitnya.

3. Cara Membersihkan Lantai Marmer

cara membersihkan lantai marmer

Tak berbeda jauh dengan jenis lantai granit, yang mana lantai marmer juga membutuhkan perawatan yang tepat dalam membersihkannya. Saat hendak mengepelnya, pastikan bahwa anda mengunakan kain yang bertekstur lembut.

Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan goresan pada permukaan antai marmer. Disamping itu, anda juga disarankan untuk mengguakan cairan pembersih khusus lantai marmer agar hasilnya lebih maksimal.

Atau, anda bisa memanfaatkan baking soda untuk membersihkan bagian-bagian lantai marmer yang sulit dibersihkan.

Mengenai caranya, silahkan campurkan baking soda dengan air secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga membentuk seperti pasta. Lalu celupkan lap kain yang bertekstur kedalam pasta tersebut, kemudian pel permukaan lantai marmernya.

Jika sudah demikian, segera bilas dengan menggunakan lap kain lembut yang bersih. Dengan begitu, maka tampilan lantai marmer anda akan tampak seperti baru lagi lho.

4. Cara Membersihkan Lantai Vinyl

cara membersihkan lantai vinyl

Dilihat dari tampilannya, sekilas lantai vinyl ini tampak seperti lantai kayu solid. Padahal, lantai vinyl ini bukanlah bagian dari jenis lantai kayu solid, melainkan jenis lantai kayu sintetis.

Artikel Terkait : Ayo Ketahui Jenis-jenis Lantai Vinyl Terpopuler

Hal itu pun terbukti, yang mana material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride). Sehingga tak heran, jika lantai vinyl memiliki tekstur yang lebih lentur dan elastis. Salah satu kekurangan dari lantai vinyl yang harus anda ketahui, yakni tidak terlalu tahan terhadap air.

Pasalnya, genangan air dapat membuat perekat lantai vinyl terganggu bahkan hingga mengelupas dari dasar lantainya. Adapun mengenai cara yang tepat dalam membersihkan lantai vinyl, yakni cukup dengan disapu atau menggunakan mesin penyedot debu (vacuum cleaner).

Guna melindunginya dari masalah goresan, sebaiknya anda memberikan perlindungan khusus pada ujung furniture yag menempati ruangan dengan lantai vinyl.

5. Cara Membersihkan Lantai Karpet

cara membersihkan lantai karpet

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan jenis material penutup lantai yang satu ini bukan? Ya, terang saja demikian, sebab karpet merupakan salah satu material penutup lantai yang paling populer di pasaran.

Disamping harganya yang relative murah, karpet juga menghadirkan banyak motif sehingga dapat kita pilih sesuai selera. Umumnya karpet sering diaplikasikan pada area ruang tamu dan ruang keluarga.

Baca Juga : Mengulas Perbandingan Lantai Kayu Dengan Karpet

Akan tetapi, lantai karpet rawan terhadap berbagai permasalahan yang mudah menyerap kotoran, noda, bulu hewan, dan lain sebagainya. Jika tidak dirawat dengan baik, maka jangan heran jika lantai karpet dirumah anda akan menjadi sarang kuman dan bakteri lho!

Adapun mengenai beberapa cara perawatan pada lantai karpet seperti berikut :

  • Sedot menggunakan vacuum cleaner beberapa kali dalam seminggu
  • Lindungi bagian karpet yang sering dilewati menggunakan pelapis lantai
  • Membersihkan karpet menggunakan sapu lidi untuk mengangkat kotoran disela-selanya
  • Segera bersihkan karpet dari tumpahan noda cairan
  • Bersihkan karpet dengan menggunakan mesin pembersih uap

6. Cara Membersihkan Lantai Keramik

cara membersihkan lantai keramik

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa keramik merupakan salah satu material lantai yang paling terkenal di Indonesia. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagian besar bangunan di Indonesia menggunakan keramik sebagai penutup lantainya.

Baca juga : Lantai Kayu Vs Lantai Keramik

Disamping harganya yang relatif terjangkau, lantai keramik pun tidak membutuhkan perawatan khusus. Bahkan, membersihkan lantai keramik bisa anda lakukan dengan acara alami lho.  Adapun mengenai beberapa caranya seperti berikut :

  • Membersihkan Lantai Keramik Menggunakan Lemon

Cara alami pertama yang bisa anda coba untuk membersihkan lantai keramik, yakni dengan menggunakan lemon. Pasalnya, buah lemon memilik kandungan zat antibakteri yang dapat membunuh kuman dalam sekejap serta mengusir bau tak sedap.

Siapkan beberap buah lemon, peras airnya lalu campurkan kedalam air hangat dengan perbandingan 1:3. Setelah itu masukkan kedalam botol spray, kemudian semprotkan pada permukaan lantai keramik, dan diamkan beberapa saat.

Kemudian pel menggunakan kain bersih, sehingga lantai keramik akan tampak lebih mengkilap.

  • Membersihkan Lantai Keramik Menggunakan Cuka

Selain lemon, anda juga bisa memanfaatkan cuka untuk membersihkan lantai keramik. Untuk cara kerjanya, anda bisa melihat pada cara lemon tadi.

  • Membersihkan Lantai Keramik Menggunakan Pasta Gigi

Tak hanya untuk gigi, ternyata pasta gigi pun dapat membersihkan dan memutihkan permukaan lantai keramik lho. Caranya sangat mudah, oleskan pasta gigi pada lantai keramik, diamkan beberapa saat, lalu sikat perlahan menggunakan sikat.

Demikianlah ulasan singkat seputar cara membersihkan lantai berdasarkan materialnya, sehingga bisa kita jadikan sebagai penambah wawasan.

Scroll to Top