Tahukah anda kualitas kayu jati memang bermanfaat

Kualitas kayu jati– Memang kayu ini banyak sekali manfaatnya, manfaat dari segi kualitas yang sudah mendunia. jadi kayu jati bukan digunakan di dalam negeri saja akan tetapi kayu jati sudah digunakan oleh masyarakat luar negeri.

Manfaat kayu jati bisa digunakan untuk berbagai hal, mungkin kalau yang belum tau penggunaan kayu jati hanya untuk sebuah kusen, dan furniture. namun ada hal yang lebih istimewa, yaitu kayu jati digunakan untuk lantai kayu atau lantai parket. sebuah kayu yang dipotong menjadi papan dengan ukuran yang telah ditentukan. dan dilapisi anti rayap serta warna yang membuat kayu menjadi mengkilap. kemudian lantai kayu jati bisa dipasang untuk sebuah lantai. kayu jati tidak hanya untuk lantai saja namun bisa digunakan untuk menutupi dinding, pagar halaman rumah atau tepi kolam renang (decking kayu jati)

Kayu jati memang banyak tumbuh di pulau jawa dan sulawesi, namun dari segi kualitas ada perbedaan. dari segi kekuatan sama saja, masih termasuk kayu kuat kelas II dan keawetan I-II dan sama-sama tahan terhadap rayap juga.

Kayu jati tadinya banyak tumbuh diwilayah burma, india, kamboja, thailand, myanmar, dan filipina, namun di indonesia juga sudah banyak pertumbuhannya. untuk kebutuhan dunia, kayu jati lebih banyak dikirim dari burma tidak dari indonesia. kayu jati di indonesia lebih banyak digunakan untuk produksi dalam negeri.

Pada tahun 1671 .keberadaan kayu jati di sulawesi ada sekitar 7.000 ha, yg tersebar di pulau muna dan 1000 ha dipedalaman pulau butung di teluk sampolawa. bahkan di rumbia, poleang sulawesi tenggara masih banyak juga pohon kayu jati.

 

Pada tahun 1960an 1970an, kayu jati mulai tumbuh di sulawesi selatan yaitu di daerah soppeng, bone, sidrap, billa, dan enrekang.

Kembali lagi ke soal kualitas kayu jati jawa dan sulawesi, ada yang berpendapat bahwa kualitas kayu jati dari jawa lebih bagus.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan