Lantai kayu

Lantai kayu adalah jenis penutup lantai yang saat ini menjadi jenis penutup lantai paling disukai, soalnya jenis penutup lantai ini sangat alami dan ramah lingkungan. bahan lantai kayu parket adalah kayu-kayu berkualitas pilihan yang memiliki kualitas sangat tinggi, bukan sembarangan kayu yang kami produksi karena kalau menggunakan kayu yang kualitasnya rendah, maka setelah dipasang lantai kayu akan mudah cepat rusak.

Bahan kayu yang sangat kuat dan padat, maka lantai kayu yang dipasang akan sangat awet. misalnya seperti kayu jati, kayu merbau, kayu bengkirai, kayu ulin, kayu momala, dan sebagainya. ini adalah kayu yang bagus jika digunakan untuk parket kayu dan akan sangat bertahan lama setelah dipasang untuk menutupi lantai sebuah rumah.

 

Kelebihan dan kekurangan lantai kayu

 

Karena ubin kayu menggunakan bahan yang alami, maka lantai kayu memberikan manfaat yang sangat banyak. tidak heran jika lantai kayu sangat baik buat kesehatan keluarga anda. lantai kayu memiliki estetika yang sangat tinggi yang mampu menjadikan rumah lebih elegan dan mewah, sehingga akan membuat rumah semakin nyaman untuk ditempati.

 

Lantai kayu adalah jenis penutup lantai yang berbeda dengan jenis penutup lantai yang lain, maka banyak masyarakat yang bahagia setelah menggunakan lantai kayu, dan kini lantai kayu menjadi booming karena penggunaannya telah menyebar ke kota besar dan kota kecil di seluruh indonesia. meskipun lantai kayu memiliki bahan yang baik akan tetapi namanya sebuah produk pasti memiliki sebuah kekurangan.

 

Kelebihan lantai kayu

  • Dapat meningkatkan harga jual rumah, jika anda adalah seorang yang gemar dalam dunia jual beli rumah
  • Jenis lantai kayu sangat banyak, sehingga anda bisa memilih lantai kayu yang anda sukai
  • Bahan kayu yang beraneka ragam, yang pastinya kayu ini memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi.
  • Penggunaan lantai kayu berbeda dengan jenis lantai yang lain, sehingga akan sangat awet jika anda menggunakan lantai kayu, bahkan bisa awet tanpa pecah belah (kalau anda serius merawatnya)
  • Tampilan rumah menjadi lebih menarik dan elegan
  • Udara di dalam rumah menjadi sejuk ketika musim panas, dan udara menjadi hangat ketika musim hujan
  • Bahan yang digunakan sangat baik, karena menggunakan bahan yang alami, yaitu kayu
  • Warna kayu bisa diperbaharui lagi ketika anda sudah bosan melihat warna yang sudah kusam

 

Kekurangan lantai kayu

 

  • Harga jual lantai kayu yang sedikit mahal jika dibandingkan dengan lantai keramik
  • Cara perawatan harus sungguh-sungguh, dan minimal 3 tahun sekali harus di cat ulang agar warna selalu seperti baru lagi
  • Mudah tergores, jika anda memindahkan barang tanpa di angkat
  • Harus menggunakan cairan pel yang khusus alias tidak boleh menggunakan cairan pel biasa

 

Lantai kayu jati

Lantai Kayu
Lantai Kayu Parket terpasang

Lantai kayu jati adalah jenis lantai kayu yang paling laris, karena lantai kayu jati memiliki warna dan corak yang sangat cantik. sehingga banyak orang yang meminatinya. soal harga ya jelas lantai kayu sedikit berbeda dengan lantai kayu lainnya.

 

Ukuran lantai kayu jati beragam, bahkan dari kayu jati sendiri memiliki tingkat yang berbeda-beda. seperti lantai kayu jati grade A, grade B, dan grade C. untuk kualitas masih sama karena masih satu pohon, yang membedakannya hanya dari corak kayu tersebut.

 

Cara pemasangan lantai kayu

 

Cara pemasangan lantai kayu ini berlaku untuk lantai kayu bagian indoor seperti, lantai kayu parket, dan flooring kayu. sebetulnya pemasangan lantai kayu lebih baik dipasang oleh orang-orang yang sudah berpengalaman, agar hasilnya sangat bagus. namun tidak ada salahnya jika anda ingin menambah pengetahuan tentang cara pemasangan lantai kayu.

Pemasangan lantai kayu bisa dilakukan di atas plesteran yang sudah di aci halus atau bila perlu di tutupi dengan multiplek minimal ukuran 15 mm. selanjutnya permukaan lantai yang hendak dipasang parket dilumuri oleh lem kayu secukupya. kenudian di pasanglah parket kayu dengan hati-hati. stelah selesai tahap berikutnya adalah pengamplasan dengan menggunakan mesin khusus untuk meratakan permukaan parket. kemudian berikutnya yaitu finishing yang pengerjaannya bisa dilakukan dengan spray atau roll khusus.

 

Perbandingan harga lantai kayu dan keramik

 

Harga lantai kayu memang sedikit agak mahal jika dibandingkan dengan harga lantai keramik, karena bahan dasar kayu sangat bagus dan manfaat lantai kayu lebih banyak. bahkan hasil dekorasi oleh lantai kayu jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan penutup lantai lainnya. sedangkan untuk lantai keramik hanya memiliki keindahan saja, tanpa ada manfaat yang banyak seperti lantai kayu.

Contohnya harga parquet jati grade A ukuran 1,2 x 5 x 20cm/pcs itu dipatok sekitar 222.000/m2, harga tersebut belum sama biaya pasang dan ongkos kirim jika memang anda membelinya secara online.

 

Untuk penggunaan lantai kayu akan lebih bagus untuk rumah model minimalis, akan tetapi bukan berarti rumah non minimalis tidak boleh pakai. semua jenis rumah bisa menggunakan lantai kayu parket.

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan